6 Kunci Pengembangan Bisnis untuk Tetap Pada Jalurnya

kunci pengembangan bisnis
kunci pengembangan bisnis

Ada beberapa kunci pengembangan bisnis yang harus kamu ketahui. Untuk itu, simak ulasan berikut ini mengenai enam kunci pengembangan bisnis ala Ajaib.

Penerapan prinsip-prinsip bisnis tertentu dapat memicu dan memandu pertumbuhan perusahaan dan memperkuat pengembangan. Bisnis yang baik adalah bisnis yang berjalan sesuai dengan prinsip bisnis yang berlaku di seluruh dunia. Sebuah bisnis seharusnya memiliki prinsip yang sama dengan bisnis lainnya.

Walaupun begitu semua bisnis memiliki cara yang berbeda, pemilik usaha kecil dapat menggunakan langkah-langkah spesifik ini untuk perusahaan yang lebih kuat dan lebih sehat.

Terapkan kunci-kunci ini di sepanjang kehidupan bisnis dan bangun bisnis yang akan bertahan lama atau memiliki umur bisnis yang jangka panjang. Berikut 6 kunci pengembangan bisnis yang sukses:

Lokasi Baru

Ketika bisnis yang terbukti mencapai penghalang pertumbuhan, pemilik harus mempertimbangkan untuk membuka lokasi kedua. Beroperasi dari dua lokasi akan menawarkan pelanggan kenyamanan yang lebih besar dan memberikan pemilik bisnis peluang untuk memperluas basis pelanggan mereka.

Bahkan dengan skala target lokasi yang lebih kecil, lokasi tersebut lebih dapat bermanfaat dalam mengembangkan bisnis yang menguntungkan dan lebih tepat sasaran.

Jika bisnis kamu ditujukkan untuk kalangan remaja, maka harusnya kamu menargetkan membuka bisnismu di area startegis seperti lokasi yang dekat dengan sekolah, dan jika bisnismu ditargetkan untuk kalangan yang lebih luas yaitu milenials, maka kamu harusnya membuka lokasi di tempat yang sering didatangi oleh-oleh anak muda.

Tetap Kompetitif

Salah satu alasan perusahaan berhenti tumbuh adalah kegagalan untuk tetap kompetitif. Menawarkan teknologi terbaru dan produk yang ditingkatkan akan memberikan keunggulan kompetitif bagi usaha kecil.

Kembangkan perusahaan kamu dengan memperluas layanan dan melayani tren pasar. Ini dapat dicapai dengan tetap mengikuti berita industri terkini dan mengawasi pesaing lokal yang sedang tumbuh.

Jangan terpaku pada satu produk dan satu titik yang tidak mengembangkan bisnismu. Ikuti selera pasar yang sedang diminati, dan segeralah menyesuaikan diri lalu mengambil untung dari hal tersebut.

Ingatlah, walaupun tren biasanya tidak berjalan lama, namun jika kamu pintar mengatur waktu dan bisnis, maka hal tersebut akan menguntungkan bisnismu dalam jangka waktu yang panjang.

Gandakan Penghasilan

Selain ekspansi, melipatgandakan pendapatan bisnis dapat dicapai melalui peningkatan lini produk saat ini dengan aksesori dan layanan khusus. Mengambil peran “ahli” di bidang bisnis kamu dengan menawarkan kelas, lokakarya, dan magang yang dapat dikreditkan. Tunjukkan bakat in-house oleh para pemimpin pemasaran untuk ceramah di seminar dan konferensi.

Manfaatkan peluang untuk memperkenalkan bisnis kamu ke lingkaran baru yang belum pernah kamu sentuh sebelumnya. Inovasi bisnismu dengan membuka peluang bagi karyawan untuk berekspresi lebih luas dan memperkenalkan bisnismu melalui seminar khusus tentang bisnis yang sedang kamu jalani.

Memperkenalkan bisnismu akan meningkatkan awarness dari orang-orang yang belum pernah tahu model bisnismu. Hal ini membantu untuk mendapatkan penghasilan tambahan untuk bisnismu.

Tingkatkan Teknologi

Tingkatkan teknologi bisnis saat ini dengan membeli peralatan baru untuk mengelola inventaris atau untuk produk kemasan. Jika perusahaan kamu memiliki situs web, pertimbangkan untuk menambahkan fitur baru. Raih nama domain baru dan rutekan ulang lalu lintas ke alamat web utama kamu.

Beli peralatan baru seperti telepon cepat, laptop atau peralatan kantor. Strategi pengembangan yang baik harus mencakup memotivasi karyawan dengan alat yang tepat untuk bisnis.

Saat ini, bisnis-bisnis baru memiliki kemudahan dalam aksesbilitas untuk dilihat dan digunakan oleh orang banyak. Sebagai contoh dalam bisnis minuman atau makanan, pembayaran yang diterima tidak melulu harus dengan uang tunai, namun dengan uang non-tunai.

Ambil contoh pengguna Go-Jek yang dapat menggunakan fitur Go-Pay untuk membayar, hal ini dapat menarik pelanggan lainnya untuk mampir ke bisnis tersebut karena mereka merasa ‘diterima’.

Tentu saja hal ini tidak boleh terhenti pada satu metode pembayaran, namun kamu harus merangkul sebanyak-banyaknya platform untuk menarik lebih banyak lagi konsumen dan calon konsumen.

Tingkatkan Pasarmu

Sangat menggoda untuk tetap menggunakan produk yang andal, tetapi kadang-kadang kamu perlu memperluas jalur untuk mengumpulkan pelanggan baru. Tinjau lini produk kamu saat ini dan kemudian bandingkan dengan perusahaan sejenis.

Tindak lanjuti ulasan dengan menambahkan produk atau layanan yang hilang. Kamu juga dapat mengumpulkan umpan balik pelanggan melalui survei atau wawancara grup. Tanyakan langsung kepada konsumen apa yang ingin dilihatnya dari bisnis kamu saat ini.

Raih sebanyak mungkin celah yang dapat kamu ambil untuk mendapatkan calon konsumen yang lebih banyak dalam rangka unutk mengembangkan bisnis kamu. Bisnis yang memiliki umur jangka panjang adalah bisnis yang mengerti citra bisnisnya, selera pasar, dan cela pasar yang dapat diraih.

Bangun Aliansi

Aliansi yang cerdas dapat membuat bisnis lebih kuat. Bisnis yang mapan dapat menemukan audiens yang lebih besar dengan bermitra dengan perusahaan yang menawarkan layanan pelengkap. Hubungan aliansi akan membawa bisnis ke pasar baru dan membuka pintu bagi kemungkinan produk baru.

Aliansi beberapa bisnis dapat menyudutkan pasar lokal dan menawarkan pelanggan pusat solusi satu atap. Membangun aliansi menguntungkan, tetapi harus menjadi proses yang bijaksana dan hati-hati.

Kebanyakan aliansi yang ditawarkan akan merugikan bisnismu, jadi berhati-hatilah dalam memilih aliansi yang akan kamu pilih. Cobalah melihat riwayat dari perusahaan yang akan mengajakmu beraliansi, dan lihatlah apakah saat ini mereka ada di citra yang baik atau buruk bagi pebisnis yang lainnya. Jika kamu yakin perusahaan tersebut membawa pengaruh positif, maka tidak ada salahnya untuk dicoba.

Bacaan menarik lainnya:

Coulter, M. (2002). Strategic Management in Action.SecondEdition. New Jersey :Prentice-Hall


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.  

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait