7 Cara Menjaga Catatan Keuangan Bisnis Dengan Tepat

catatan keuangan bisnis
catatan keuangan bisnis

Catatan keuangan bisnis menjadi begitu penting untuk aktivitas finansial perusahan. Oleh karena itu, redaksi Ajaib akan memberikan cara untuk menjaga catatan keuangan bisnis dengan tepat sebagai berikut ini.

Jika kamu menjalankan bisnis kamu sendiri, penting bagi kamu untuk menyimpan catatan keuangan bisnis yang akurat. Pembukuan tidak harus menghabiskan waktu, dan harus tetap up to date agar dapat menghemat uang. Membuat bisnis kamu lebih efisien dan membantu pertumbuhannya. Inilah cara membuatnya lebih mudah untuk mengelola catatan keuangan bisnis kamu.

Dapatkan Sistem Pembukuan yang Tepat untuk Bisnis Kamu

Penting bahwa setiap bisnis baru membuat sistem sesegera mungkin. kamu harus dapat menyimpan catatan pengeluaran, pendapatan, dan pajak dari awal.

Pastikan sistem yang kamu pilih mudah digunakan dan cocok dengan kegiatan sehari-hari kamu. Ada berbagai opsi yang tersedia mulai dari menyimpan catatan kertas hingga menggunakan perangkat lunak akuntansi.

Sistem online dapat lebih mudah digunakan, karena mereka mengotomatiskan perhitungan, memungkinkan kamu untuk menjalankan laporan dan memberi kamu akses ke data yang kamu butuhkan.

John Leonard, Mitra Praktek Umum di BNL Chartered Accountants dan anggota Sage Accountants ‘Network mengatakan bahwa sebagian besar kliennya telah beralih ke catatan elektronik.

Saat ini, banyak orang lebih memilih untuk menggunakan perangkat lunak atau aplikasi untuk mencatat keuangan bisnis mereka. Peralihan dari buku biasa ke perangkat lunak untuk mencatat keuangan banyak diminati.

Sebuah perangkat lunak atau aplikasi catatan keuangan pasti membuat segalanya lebih mudah. Perangkat lunak cloud juga merupakan cara terbaik. Hal itu membuat perbedaan besar karena kamu dapat mengakses catatan klien untuk membantu mereka atau menemukan masalah lebih awal.

Memiliki Jadwal

Sebaiknya sisihkan waktu secara teratur untuk mengelola buku kamu – ini bisa kamu lakukan di pagi hari saat mulai bekerja atau di akhir sesi saat bekerja.

Penting untuk tetap di atas segalanya – sedikit dan sering, merupakan pendekatan yang baik dan membuatnya lebih mudah untuk tetap up to date dalam pencatatan keuangan bisnis.

Membiarkan hal-hal menumpuk dapat menimbulkan tantangan bagi klien dan bisnis kamu sendiri. Tanpa memiliki jadwal, kamu akan  sering mendapat informasi tentang menunggak, terkadang hanya pada akhir tahun.

Catatan keuangan terbaru dapat sangat berguna untuk perencanaan pajak akhir tahun, karena memungkinkan kamu melihat peluang untuk bisnis. Jika kamu terlambat untuk mencatat, kamu bisa ketinggalan.

Penting juga bahwa kamu tidak ketinggalan tenggat waktu penting seperti PPN, pajak perusahaan, dan pembayaran Asuransi. Jika kamu terlambat melakukan pembayaran ini, hukuman dapat diterapkan dan mereka dengan cepat bertambah dan merugikan bisnis kamu.

Memutakhirkan catatan keuangan kamu memungkinkan kamu untuk melihat utang bisnismu dan membuatnya lebih mudah untuk melacak kewajiban kamu dan menyelesaikannya segera.

Dapatkan Saran yang Tepat

Pembukuan yang dilengkapi dengan seperangkat aturan sendiri yang mungkin membuatmu pusing, jadi penting untuk meminta dukungan dari orang lain.

Dapatkan saran tentang hal-hal yang tidak kamu mengerti sesegera mungkin. Seorang akuntan dapat membantumu dengan hal ini – untuk itulah banyak akuntan yang dapat kamu pekerjakan dalam sepekan atau freelance. Jangan biarkan catatan keuanganmu rancu sampai akhir tahun keuangan, karena pada saat itu mungkin sulit untuk mengoreksi informasi historis.

Rekonsiliasi Laporan Bank Kamu

Menyesuaikan informasi di rekening bisnis kamu dengan transaksi di rekening bank kamu adalah bagian penting dari pembukuan. Ini memastikan semua pendapatan dan pengeluaran dicatat dengan baik sebagai cek untuk memastikan semua saldo tidak tertumpuk dengan hal-hal lainnya.

Perangkat lunak dapat membantu mempermudah ini dengan mengotomatiskan proses. Misalnya, perangkat lunak akuntansi dapat memungkinkan kamu mengimpor laporan bank dan perangkat lunak itu akan secara otomatis mencocokkan transaksi dengan informasi di rekening kamu. Kamu dapat melihat dengan tepat apa yang telah ditambahkan dan memperbaiki kesalahan dengan cepat jika perlu.

Awasi Faktur Kamu

Pembayaran yang terlambat dapat membebani bisnis, memengaruhi arus kas dan meluangkan waktu untuk mengejar.

Jadi penting kamu menindaklanjuti sesegera mungkin, mengeluarkan faktur kedua dan menelepon untuk mencari tahu apakah ada masalah.

Jika memilih, kamu dapat menerapkan biaya tambahan untuk keterlambatan pembayaran. Pemerintah mengatakan bahwa biaya keterlambatan ini dapat diterapkan jika pembayaran tidak diterima dalam waktu 30 hari (atau dalam skala waktu yang dinyatakan dalam kontrak apa pun, jika itu lebih lama). kamu juga bisa mendapatkan saran tentang jumlah biaya dan biaya pemulihan utang yang dapat diterapkan.

Manfaatkan Pelatihan Apa Pun

Pelatihan adalah salah satu elemen terpenting untuk mengelola rekening kamu.

Waktu yang kamu habiskan akan benar-benar layak untuk diinvestasikan dalam pelatihan, karena ini membantu kamu memaksimalkan perangkat lunak dan informasi dari rekening kamu. Ada persepsi bahwa perangkat lunak dapat melakukan segalanya tetapi meskipun pasti membantu, kamu juga membutuhkan pengetahuan tentang cara kerja akuntansi.

Segeralah mendapatkan pelatihan dari penyedia perangkat lunak kamu atau dari seorang akuntan atau ahlinya yang memiliki keterampilan yang diperlukan.

Gunakan Data di Catatanmu untuk Memahami Bisnis Kamu

Jika kamu menghabiskan waktu untuk menatap dan mengawasi saldo rekeningmu tetapi tidak menggunakan data untuk memberi kamu wawasan tentang bisnis kamu, maka kamu mungkin kehilangan kesempatan.

Satu kesalahpahaman adalah bahwa mengisi dan mengawasi saldo  rekening hanya untuk menentukan bisnis kamu jalan atau tidak. Tetapi mereka harus menjadi alat yang kamu gunakan untuk memantau kinerja bisnis yang sesungguhnya.

Banyak waktu, orang fokus pada waktu yang diperlukan untuk menjaga rekening mereka, daripada mendapatkan manfaat wawasan yang lebih luas dari sebuah catatan keuanganmu.

Keuntungan sebenarnya adalah bahwa catatan keuangan kamu dapat memberi tahu kamu jika kamu mendapat untung dan di mana bisnis itu menghabiskan terlalu banyak pengeluaran. Jika digunakan dengan benar, hal itu benar-benar dapat memberi tahu kamu ke mana arah bisnis kamu akan berkembang. 

Bacaan menarik lainnya:

Mace, Janice. (2007). Trip of a lifetime Money Management.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.  

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait