5 Jenis Tabungan yang Wajib Kamu Miliki Sejak Usia Muda

7 Jenis Tabungan yang Wajib Kamu Miliki Sejak Usia Muda
7 Jenis Tabungan yang Wajib Kamu Miliki Sejak Usia Muda

Dalam menjalani kehidupan, tabungan bisa dikatakan menjadi hal yang krusial untuk kamu miliki sejak usia muda. Sebab, dengan memiliki tabungan kamu bisa memenuhi kebutuhan-kebutuhan dan bisa menghadapi masa depan dengan tenang. Namun, sampai saat ini masih banyak yang bingung dalam menentukan jumlah uang yang harus ditabung setiap bulannya. Ada yang menyatakan harus menyisihkan 10 atau 20 persen penghasilanmu tiap bulan. 

Sebenarnya, sejauh ini belum ada perhitungan tertentu terkait berapa nominal yang harus ditabung. Yang paling penting ialah lebih baik menabung walau sedikit daripada tidak menabung sama sekali. Apalagi saat ini sudah banyak jenis tabungan yang bisa memenuhi kebutuhanmu baik di masa sekarang ataupun di masa depan. Berikut ini beberapa jenis tabungan yang harus sudah dimiliki sejak usia muda.

Tabungan Dana Darurat

Tabungan dana darurat sangat perlu kamu anggarkan. Sebab, tabungan tersebut bisa memenuhi kebutuhanmu yang mendadak, medesak, dan di luar rencana. Contohnya, saat kamu jatuh sakit kamu bisa menggunakan dana daruratmu untuk berobat ke rumah sakit. 

Untuk besaran tabungan ini, sangat bergantung dengan tanggungan yang saat ini kamu miliki. Jika kamu masih lajang, paling aman kamu menyiapkan 4 kali lipat dari pengeluaran bulanan untuk tabungan dana daruratmu. 

Tabungan Khusus Liburan

Setelah kamu menjalani rutinitas sudah pasti akan merasa lelah dan penat. Untuk mengusir kelelahan dan kepenatan itu, bisa dilakukan dengan melakukan liburan atau rekreasi agar badan dan pikiran jadi rileks. Dengan begitu kamu siap untuk menjalani rutinitas lagi dengan semangat baru. 

Dalam menjalani liburan atau rekreasi tersebut, sudah pasti butuh dana. Agar kamu tidak makin stres ada baiknya kamu menyiapkan jauh-jauh hari dan membuat tabungan khusus liburan. Kamu bisa mulai mengatur setidaknya setahun sebelumnya dan menyisihkan 5 sampai 15 persen dari penghasilanmu untuk biaya rencana liburan.

Tabungan Pensiun

Saat usia sudah tidak produktif, mungkin kamu akan kesusahan memiliki penghasilan tetap untuk biayai kehidupanmu. Kunci sukses ketenanganmu di masa tua adalah menabung sejak masih usia muda atau masa produktif, kamu harus menyiapkan tabungan dana pensiun. Dengan tabungan tersebut, masa pensiunmu nanti akan tenang dan bisa menikmatinya dengan baik.

Tabungan Jangka Pendek

Tabungan jangka pendek ini biasanya dibutuhkan untuk memenuhi keinginanmu membeli sesuatu di masa yang akan datang. Contohnya saat ingin membeli mobil, kamu harus menyiapkan uang untuk DP dan mulai menabung dua atau empat tahun ke depan. Untuk memenuhi tabungan tersebut, kamu harus membuat rekening tabungan tersendiri. Dengan begitu, kamu bisa tahu jumlah tabunganmu akan tepat waktu atau tidak.

Tabungan Kewajiban

Sebenarnya, jenis ini bisa dikatakan bukan sebagai tabungan karena itu memang sudah menjadi kewajiban yang harus dipenuhi. Biasanya, tabungan ini digunakan untuk membayar cicilan-cicilan yang sedang kamu jalankan. Untuk mengumpulkan tabungan ini, kamu harus buka rekening tersendiri saat mendapatkan uang tambahan seperti bonus. Hal itu dilakukan agar kamu bisa mengantisipasi situasi keuangan yang seret.

Itulah jenis tabungan yang harus kamu punya sejak usia muda. Dengan memiliki tabungan tersebut, kamu bisa menjalani hidup dengan tenang. Selain itu, kamu bisa terbebas dari utang. Jadi, ayo kita mulai menabung sekarang!


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait