Bisnis & Kerja Sampingan

Jenis dan Contoh Surat Niaga yang Paling Banyak Digunakan

contoh surat niaga

Ajaib.co.id – Surat niaga adalah surat yang dibuat untuk kepentingan bisnis atau perniagaan barang dan jasa. Surat niaga merupakan surat resmi dan bersifat formal, yang dikeluarkan oleh perusahaan, badan usaha atau individu berkaitan dengan perdagangan dan keberlangsungan bisnis. Bagi kamu yang sedang ingin berusaha atau membuat surat formal, mungkin kamu bisa menyimak contoh surat niaga di bawah ini.

Contoh-Contoh surat  niaga

Ada bermacam-macam jenis surat niaga yang dapat dibedakan berdasarkan tujuan pembuatannya. Berikut ini adalah contoh-contoh surat  niaga yang paling umum digunakan, yaitu: surat perjanjian jual beli, surat penawaran, surat permintaan penawaran dan surat pesanan.

Surat Perjanjian Jual – Beli

Surat perjanjian jual beli adalah surat yang berisi tentang kesepakatan transaksi antara penjual barang atau jasa dengan pembeli.

SURAT PERJANJIAN JUAL BELI BARANG

Yang bertanda tangan di bawah ini:  
Nama                    :               Effendi Rusli
Umur                    :               58 Tahun
Pekerjaan           :               Wirausaha
Alamat                  :               Jl. Jenderal Sudirman No. 55 Kota Bandung
Nomor KTP         :               6451050101480003
Dalam hal ini tersebut, selanjutnya disebut PIHAK PERTAMA.  

Nama                    :               Fatih Andriansyah
Umur                    :               45 Tahun
Pekerjaan           :               PNS
Alamat                  :               Jl. Setiabudi No. 91 Kota Bandung
Nomor KTP         :               64511050806610001
Dalam hal ini selanjutnya disebut PIHAK KEDUA.  

Bahwa pada hari ini, Minggu, 15 Agustus 2006, PIHAK PERTAMA selaku pemilik sah setuju untuk menjual kepada PIHAK KEDUA berupa: Sebidang tanah perkebunan yang terletak di (Jl. Lemban KM 29, Bandung) dengan luas tanah 5000 meter persegi dengan harga tunai Rp. 1.500.000.000 (satu miliar lima ratus juta rupiah). Pembayaran dilakukan di hadapan saksi-saksi secara tunai.

Maka sejak tanggal 15 Agustus 2006, tanah tersebut di atas telah menjadi hak milik PIHAK KEDUA.

Demikian surat perjanjian jual beli ini dibuat dengan sesungguhnya dan dalam keadaan sehat rohani maupun jasmani serta tidak ada unsur paksaan dari pihak manapun.    

Pihak Pertama                                                               Pihak Kedua
Effendi Rusli                                             Fatih Andriansyah    

Saksi-saksi:
1. H. Oman Somana
2. Atikah Surya  

Surat Penawaraan

Surat penawaran adalah surat yang dikeluarkan secara formal oleh perusahaan kepada para calon konsumen untuk memperkenalkan produknya. Surat penawaran berisi penjelasan detail mengenai barang atau jasa yang ditawarkan. Berikut adalah contoh surat  niaga berupa surat penawaran

SURAT PENAWARAN  
Jakarta, 12 Maret 2020  
No        : 75/ SPPB/ 1 /2020
Hal       : Penawaran jasa
Lamp   :      

Kepada
Yth. Bapak CEO / Dirut PT. Angkasa Raya Merdeka
Di Tempat  

Dengan Hormat,
Perkenalkan kami dari PT. Advemedia Digital, yaitu sebuah perusahaan bergerak di bidang digital marketing dan telah berpengalaman lebih dari 10 tahun. Dengan ini bermaksud memberikan penawaran jasa dan layanan kami untuk membantu memperluas jangkauan pemasaran perusahaan Bapak melalui iklan dan promosi online.

Beberapa jasa yang kami tawarkan diantaranya adalah:
Paket Facebook Ad, Instagram Ad, Twitter Ad dan Youtube Ad
Content Writing SEO dan SEM
Pembuatan dan penayangan iklan melalui berbagai media web.
Jasa digital marketing lainnya sesuai kebutuhan perusahaan.

Demikian penawaran ini kami sampaikan. Besar harapan kami Bapak dapat mempertimbangkan penawaran yang kami berikan. Jika membutuhkan presentasi lebih lanjut, termasuk portfolio hasil kerja sebelumnya, kami siap memenuhi apabila perusahaan Bapak membutuhkannya.

Kami nantikan keputusan Bapak yang dapat disampaikan dengan menghubungi kami melalui email [email protected] atau HP. 08112345678  
Atas perhatiannya, kami ucapkan terima kasih.    

Hormat Kami,  
PT. Advemedia Digital  
Yudistira Tarigan, S. Ikom  

Surat Permintaan Penawaraan

Surat permintaan penawaran adalah surat yang dikeluarkan oleh perusahaan yang memiliki minat untuk membeli atau menggunakan jasa perusahaan lain. Surat permintaan penawaran bisa merupakan balasan atau tanggapan dari surat penawaran sebelumnya.

Surat permintaan penawaran biasanya mengharapkan keterangan lebih detail mengenai produk dan harga yang ditawarkan. Di bawah ini adalah contoh surat  niaga untuk permintaan penawaran suatu barang.

SURAT PERMINTAAN PENAWARAN  

PT. ANGKASA RAYA MERDEKA
Jl. Penerbangan No. 789
Jakarta  

Jakarta, 03 Agustus 2019
Nomor: 111/2345/08/2019
Perihal: Permintaan Penawaran dan Daftar Harga  

Kepada, Yth. PT. ADVEMEDIA DIGITAL
Jln. Jatiwangi No. 54
Jakarta  

Dengan hormat,

Sehubungan dengan surat penawaran yang Anda kirimkan sebelumnya, kami tertarik untuk mengetahui lebih jauh mengetahui produk jasa yang Anda tawarkan. Kami berminat untuk menggunakan jasa instagram Ad dan youtube Ad.

Berkaitan dengan hal tersebut, kami mohon Anda dapat mengirimkan beberapa informasi yang kami butuhkan sebagai berikut:
– Detail pilihan paket instagram Ad dan Youtube Ad
– Daftar biaya atau harga

Setelah menerima dan mempelajari kembali informasi di atas, selanjutnya mungkin kita dapat merencanakan pertemuan dari kedua belah pihak perusahaan. Semoga hal ini dapat menjadi awal kerjasama yang baik antara perusahaan kita.

Atas perhatian dan kerjasamanya, kami ucapkan terima kasih.  

Hormat Kami,
Alpian Pasaribu

Surat Pemesanan

Surat pemesanan adalah jenis surat yang dikeluarkan perusahaan untuk memesan produk dari penyedia barang atau jasa. Contoh surat  niaga untuk pemesanan produk adalah seperti di bawah ini.

SURAT PEMESANAN  
PT. ANGKASA RAYA MERDEKA
Jl. Penerbangan No. 789
Jakarta  

Jakarta, 10 September 2019
Nomor: 109/2345/09/2019
Perihal: Pemesanan barang  

Dengan Hormat,

Berdasarkan informasi dari surat penawaran yang saudara ajukan, kami bermaksud untuk memesan beberapa barang peralatan kantor sebagai berikut:
– 4 Unit mesin printer all in one EPSON
– 3 dus ballpoint hitam
– 5 dus ballpoint hitam
– 10 lusin spidol papan tulis biru
– 25 Rim kertas ukuran A4

Untuk pemesanan tersebut, pembayaran akan kami lakukan secara kredit sesuai ketentuan dari perusahaan Anda. Pembayaran pertama akan kami lakukan maksimal 10 hari sejak barang telah diterima dalam keadaan baik.  

Demikian surat pesanan ini kami sampaikan. Kami harap pengiriman barang dapat dilakukan dengan segera. Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,
 
M. Ford Ferrari
Purchasing Manager  

Itulah berbagai jeniscontoh surat niaga yang paling umum digunakan. Selain jenis surat niaga tersebut, masih banyak surat niaga lainnya, yang dapat dikeluarkan sesuai kebutuhan. Misalnya seperti: surat perjanjian sewa menyewa, surat tagihan, surat klaim atau pengaduan serta lain sebagainya.

Membuat surat perjanjian tidak sesulit yang kamu bayangkan, bukan? Tetap jeli dalam membuat dan membaca surat niaga agar kamu bisa menjalin kerjasama yang sehat dan meraih keuntungan dengan baik. Setelah mendapat keuntungan, jangan lupa sisihkan uangmu untuk berinvestasi. Gunakan Ajaib untuk investasi reksadana dan saham, dijamin mudah dan aman karena telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Indonesia Stock Exchange (IDX). Ayo gabung sekarang!

Artikel Terkait