Banking

Jenis Alat Pembayaran Internasional yang Dapat Digunakan

Ajaib.co.id – Peran internet kini semakin memudahkan setiap bidang termasuk saat ingin berbelanja barang-barang dari luar negeri.

Jika dulu kamu harus repot-repot mengunjungi suatu negara untuk jalan-jalan sekalian membeli suatu barang yang hanya ada di sana, kini kamu cukup duduk manis di depan layar smartphone atau laptop hingga barang yang kamu pesan melalui situs resminya sampai di rumah.

Dari segi kemudahan dalam mencari barang dan melakukan pesanan, mungkin yang jadi kendala adalah saat proses pembayaran tersebut.

Mengingat mata uang setiap negara berbeda-beda, maka dibutuhkan alat pembayaran internasional yang dapat membantu proses transaksi tersebut.

Nah, bagi kamu yang belum pernah membeli barang dari luar negeri dan ingin membelinya, ternyata ada banyak pilihan alat pembayaran internasional yang dapat digunakan.

Daripada kamu merasa bingung menggunakan alat pembayaran seperti apa, yuk simak penjelasan berikut yang bisa kamu jadikan solusi.

Kartu Kredit

Selain kamu dapat berbelanja apapun di situs jual beli online atau beberapa toko di mal secara dicicil dengan menggunakan kartu kredit, ternyata kamu juga bisa menjadikan kartu kredit sebagai alat pembayaran internasional.

Kamu bisa menggunakan kartu kredit untuk membayar setiap transaksi internasional yang dilakukan secara online melalui situs luar negeri.

Sama halnya saat pembayaran di situs jual beli online pada umumnya, di mana kamu akan mencantumkan nomor kartu kredit saat proses pembayaran tagihan.

Nantinya, akan ada keterangan yang akan dikirimkan melalui email atau nomor telepon mengenai transaksi yang berhasil.

Tentunya, kartu kredit menjadi alat pembayaran internasional yang paling banyak digunakan karena kemudahannya.

Valuta Asing

Valas atau valuta asing merupakan salah satu alat pembayaran internasional yang menggunakan pertukaran kurs mata uang antar negara.

Pertukaran ini biasanya ditentukan dengan penggunaan satu mata uang yang biasanya berupa dolar Amerika Serikat.

Walaupun menggunakan mata uang valas, namun nilainya akan disamakan untuk kemudahan saat proses pembayaran menggunakan valas.

Wesel

Istilah wesel di Indonesia bukanlah hal yang asing di telinga. Pasalnya, sebelum kemudahan akses perbankan seperti saat ini yang memungkinkan kamu untuk mengirim uang secara online, wesel menjadi media yang dipilih untuk melakukan pengiriman uang.

Nah, ternyata jangkauan pengiriman uang dengan menggunakan wesel bisa sampai ke luar negeri.

Untuk menggunakan wesel sebagai alat pembayaran internasional, kamu bisa mengunjungi beberapa tempat penyedia jasa wesel seperti Pos Indonesia, BNI Wesel PIN, dan masih banyak lainnya.

Biasanya kamu akan diminta untuk mengisi formulir pengiriman dan memasukkan rekening penerima dana tersebut.

Wesel juga tidak membutuhkan akun atau rekening, cukup dengan konfirmasi kirim dan terima menggunakan PIN.

Emas

Alat pembayaran internasional berikutnya yang dapat digunakan untuk sistem pembayaran adalah emas.

Setiap transaksi dengan menggunakan emas akan disesuaikan harga atau nilai barang dengan berat suatu emas yang digunakan.

Pembayaran menggunakan emas juga mampu melindungi nilai barang yang bisa rusak karena adanya inflasi.

Cek

Cek juga dapat dijadikan sebagai alat pembayaran internasional. Di mana cek merupakan surat perintah tidak bersyarat oleh nasabah suatu bank untuk memindahkan atau membayarkan sejumlah dana dengan nominal yang tertera kepada di pembawa.

Pemindahan dana yang dicairkan akan mengacu pada validasi pemberi kuasa berupa cap resmi beserta tanda tangan.

Transaksi perdagangan internasional menggunakan cek biasanya ada pada importir yang akan mengirimkan cek ke pihak eksportir melalui bank di negara eksportir yang menjadi penerima dana.

Telegraphic Transfer atau T.T Bank

Alat pembayaran internasional yang dapat digunakan berikutnya adalah Telegraphic Transfer.

Telegraphic Transfer merupakan alat pembayaran berupa lembar cek yang berisi perintah dari pemilik dana awal untuk memindahkan dananya ke rekening lain termasuk ke luar negeri dengan menggunakan sistem telegram otomatis oleh bank.

Penerima dana tidak memerlukan bukti lembar cek yang harus dimiliki.

Proses pembayaran menggunakan transfer telegrafik dilakukan dengan kesepakatan dan rasa percaya yang tinggi antara kedua belah pihak.

Letter of Credit

Alat pembayaran internasional yang satu ini memiliki persamaan dengan wesel, hanya saja proses pembayaran bisa dilakukan secara kredit atau dicicil.

Ketika proses pembayaran ini terganggu, maka pihak bank dapat melunasi pembayaran langsung ke pihak penerima. Kemudian dana yang dibayarkan oleh bank akan menjadi utang bagi pihak pengirim kepada bank.

Letter of Credit biasa digunakan pada transaksi jual beli yang dilakukan oleh pihak tidak saling kenal sehingga keamanannya sudah bisa dipastikan.

Oleh karena itu, kamu dapat menggunakan letter of credit sebagai alat pembayaran internasional atau antar negara.

Escrow Account

Alat pembayaran internasional yang satu ini mungkin hampir mirip dengan istilah rekening bersama.

Di mana, escrow account merupakan rekening yang dibuka khusus untuk dua pihak sekaligus sehingga akses penggunaannya dapat dipakai secara bersama.

Oleh karena itu, antara pembeli dan penjual atau pengirim dan penerima dapat sewaktu-waktu mengambil dana yang sudah dimasukkan.

Hal ini berarti dibutuhkan rasa saling percaya antara pengirim dan penerima terkait dana yang dimasukkan ke dalam escrow account.

E-Wallet

Alat pembayaran internasional yang cukup baru dan kini dapat digunakan adalah e-wallet. Di Indonesia sendiri, sudah banyak perusahaan yang bergerak di bidang e-wallet seperti PayPal, Gopay, OVO, DANA, Jenius, dan masih banyak lainnya.

Di mana, e-wallet ini memungkinkan kamu untuk menggunakannya sebagai alat pembayaran internasional.

Apalagi kemudahan dalam mengakses e-wallet. Cukup dengan instal aplikasinya di smartphone yang kamu miliki. Transaksi bisa dilakukan dalam hitungan menit.

Beberapa alat pembayaran internasional yang bisa digunakan untuk pembayaran saat bertransaksi dengan pihak asing akan memudahkan kamu untuk mendapatkan barang yang diinginkan.

Akan tetapi, pilihlah jenis alat pembayaran internasional yang dapat memberikan keamanan secara baik sehingga dana yang dibayarkan bisa sampai ke tangan penerima atau penjual.

Memilih alat pembayaran internasional sama halnya dengan memilih instrumen investasi. Kamu harus memperhatikan setiap hal yang menyangkut keuntungan dan risiko yang dihasilkan dari berinvestasi.

Mengingat, ada banyak pilihan investasi yang dapat kamu gunakan, salah satunya adalah investasi reksa dana.

Investasi reksa dana merupakan jenis investasi yang menawarkan keuntungan cukup besar, namun tingkat risiko yang rendah.

Kini, kamu bisa berinvestasi di instrumen reksa dana melalui smartphone dengan menggunakan aplikasi Ajaib.

Ajaib merupakan media investasi online yang dapat membantu kamu berinvestasi di instrumen reksa dana.

Dengan menggunakan aplikasi Ajaib, kamu bisa mengatur perencanaan keuangan untuk kebutuhan di masa mendatang.

Oleh karena itu, coba investasi reksa dana melalui aplikasi Ajaib yang dapat kamu instal langsung di smartphone sekarang.

Artikel Terkait