Investasi

Valuta Asing Adalah Pertukaran Mata Uang, Fungsinya?

valuta asing

Ajaib.co.id – Valuta asing adalah pertukaran ataupun perdagangan mata uang dari satu negara dengan mata uang negara lainnya. Lalu,apa fungsi dari pasar valuta asing ini? Yuk simak ulasan berikut ini untuk memahaminya.

Hidup di era globalisasi membuat kamu harus lebih memahami bagaimana segala sesuatu terjadi secara global, salah satunya adalah lingkungan keuangan global. Salah satu upaya untuk memahami lingkungan keuangan global adalah mengetahui bagaimana pasar modal bekerja.

Namun hal yang lebih dahulu harus dipahami adalah bagaimana mata uang dan kurs asing bekerja. Setiap perusahaan yang beroperasi secara global harus berurusan dengan mata uang asing.

Pembayaran pemasok dari negara lain menggunakan mata uang dari negara asalnya. Karena adanya perbedaan mata uang, maka perusahaan ini mungkin akan mendapatkan keuntungan dari mata uang yang didapatkannya. Jadi, sebenarnya apa itu valuta asing?

Valuta Asing

Valuta asing adalah mata uang yang diterima, digunakan, dan diakui untuk dijadikan alat pembayaran yang sah dalam perdagangan yang berlangsung secara Internasional. Valuta asing yang biasa disingkat valas ini merupakan pertukaran atau konversi mata uang sebuah negara terhadap mata uang negara lain.

Mata uang ini memiliki tarif dasar tersendiri misalnya 1 Dolar AS sama dengan Rp14.800. Hal ini menjadikan konversi berlaku bila seseorang yang menukarkan Dolar AS dengan Rupiah. Begitupun halnya dengan perusahaan yang beroperasi secara global.

Dapat diartikan juga valuta asing adalah perdagangan dari satu mata uang terhadap mata uang lainnya di pasar valuta asing. Hal ini sering disebut sebagai “forex”. Keberadaan valuta asing sangat penting untuk perdagangan internasional, dalam hal ini untuk menyelesaikan pertukaran yang melibatkan mata uang yang berbeda.

Kurs Mata Uang

Valuta asing erat kaitannya dengan kurs mata uang suatu negara. Pengertian kurs mata uang pada dasarnya adalah nilai tukar, yaitu nilai mata uang suatu negara dalam mata uang negara lain.

Dalam kurs mata uang ada yang dikenal dengan apresiasi dan depresiasi. Apresiasi berarti nilai mata uang negara tersebut mengalami peningkatan dibandingkan dengan mata uang negara lainnya, hal ini akan mengakibatkan meningkatnya harga ekspor serta harga impor menjadi lebih murah.

Sedangkan depresiasi adalah sebaliknya, di mana mata uang negara tersebut mengalami penurunan dibandingkan mata uang lainnya. Hal ini berpengaruh pada harga ekspor yang lebih murah dan impor menjadi lebih mahal.

Nilai tukar mata uang suatu negara menyebabkan adanya perubahan valuasi mata uang, dan valuasi mata uang adalah penyebab adanya pergerakan dalam Pasar valuta asing. Maka dari itu seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, hubungan antara kurs mata uang dengan pasar valuta asing adalah hubungan yang saling mempengaruhi.

Fungsi valuta asing

valuta asing atau biasa disebut valas memiliki peran penting dalam perekonomian global, khususnya bagi hubungan perdagangan antar negara. Fungsi-fungsi valuta asing adalah sebagai berikut ini:

Alat Tukar dan Alat Pembayaran Internasional

Valas memiliki fungsi sebagai alat untuk menukar barang dan jasa dari suatu negara terhadap negara lainnya. Misalnya ketika suatu negara membeli barang atau jasa dari negara lain, alat tukar yang digunakan bukan dalam mata uang salah satu negara, melainkan menggunakan valuta asing.

Selain sebagai alat tukar, Valas juga berfungsi sebagai alat pembayaran atas utang suatu negara kepada negara lain baik berupa cicilan ataupun bunga.

Alat Pengendali Kurs

Valuta asing juga merupakan pengendali kurs mata uang suatu negara terhadap negara lainnya dengan membandingkan nilai mata uang suatu negara terhadap negara lain. Hal tersebut menjadi bukti bahwa kurs mata uang suatu negara dapat berubah sesuai kondisi yang terjadi negara tersebut.

Alat untuk Memperlancar Perdagangan Internasional

Valas mempermudah terjadinya perdagangan internasional. Apabila tidak ada Valas maka perdagangan internasional dapat mengalami gangguan bahkan tidak dapat bertransaksi. Adanya Valas ditambah dengan kemajuan teknologi dapat semakin mempermudah jual-beli yang terjadi antar negara.

Sistem Valuta Asing di Indonesia

Pemerintah menetapkan beberapa jenis cara dalam menentukan nilai tukar Rupiah terhadap mata uang asing. Sistem tersebut dibagi menjadi 3, yaitu:

Fix Exchange Rate (Sistem Kurs Tetap)

Sistem ini merupakan sebuah kondisi di mana nilai mata uang domestik ditentukan oleh pemerintah, sehingga pemerintah mengambil berbagai kebijakan sebagai langkah untuk mengatur nilai mata uang pada tingkat tertentu. Dalam sistem ini, pemerintah dapat mengintervensi apabila terjadi fluktuasi pergerakan harga.

Sistem Kurs Tetap juga berarti kurs valuta asing ditetapkan oleh bank sentral yang selalu terlibat secara aktif dalam transaksi. Namun, bank sentral tidak dapat merubah kurs sendiri karena tetap ada intervensi dari pemerintah.

Sistem Kurs Bebas

Sistem ini ada berdasarkan permintaan dan penawaran dari mata uang asing. Dalam Sistem Kurs Bebas pemerintah tidak bisa melakukan intervensi dalam menentukan kurs mata uang yang akan ditukar. Secara singkat sistem ini menyerahkan besarnya nilai tukar pada mekanisme pasar berdasarkan permintaan dan penawaran mata uang itu sendiri.

Floating Exchange Rate (Sistem Kurs Terkendali atau Terkontrol)

Dalam sistem ini, pemerintah dan pasar sama-sama memiliki kebebasan dalam menentukan nilai tukar mata uang. Hal ini menyebabkan nilai tukar mata uang dapat bergerak bebas naik atau turun. Peran pemerintah dalam sistem ini adalah untuk menghindari fluktuasi yang tajam.

Dalam sistem ini terdapat 2 jenis cara yang dilakukan pemerintah. Yang pertama adalah Dirty Floating yaitu kondisi intervensi langsung yang dilakukan pemerintah dengan cara menjual atau membeli valuta asing.

Yang kedua adalah Clean Floating yaitu pemerintah melakukan intervensi tidak langsung dengan mengeluarkan kebijakan tertentu seperti mengatur suku bunga.

Itulah serba-serbi tentang valuta asing yang perlu kamu ketahui sebagai individu yang hidup di era global. Selain valuta asing, kamu juga harus mengenal produk-produk ekonomi untuk menunjang masa depanmu. Salah satunya adalah nabung saham yang dapat dengan mudah kamu lakukan di Ajaib.

Ajaib adalah sebuah platform investasi online yang ramah bagi calon investor pemula. Selain itu Ajaib memiliki kategori-kategori saham sehingga memudahkan kamu untuk menentukan jenis investasi apa yang cocok dengan tujuan dan kondisi keuanganmu. Ayo mulai nabung saham mulai dari sekarang!

Artikel Terkait