Inilah Daftar Orang Terkaya di Dunia, Ada Siapa Saja?

daftar orang terkaya
daftar orang terkaya

Daftar orang terkaya di dunia senantiasa mengundang rasa penasaran. Tidak saja kagum dengan jumlah harta kekayaan yang berhasil dikumpulkan, sepak terjang mereka untuk mencapai kesuksesan juga patut diacungi jempol.

Beberapa nama mungkin tidak asing lagi. Pasalnya mereka adalah penghuni abadi dari daftar orang terkaya. Tentunya karena jumlah kekayaannya yang terus bertambah dan beranak pinak sehingga mereka bisa bertahan hingga puluhan tahun.

Top 1% Dalam Daftar Orang Terkaya di Dunia

Oxfam dan Credit Suisse sempat mengeluarkan klaim bahwa 1% orang terkaya di dunia menguasai setengah dari total kekayaan dunia. Benar-benar mengagumkan!

1% orang terkaya di dunia ini disebut juga sebagai Top 1%. Mereka yang masuk daftar Top 1% adalah mereka yang memiliki jumlah kekayaan minimal US$760.000 atau lebih dari Rp11 Miliar.

Tapi saat ini, dunia sudah memiliki orang-orang terkaya dengan kekayaan menembus US$100 Miliar atau sekitar Rp1.300–1.400 Triliun. Kalau kamu tidak bisa membayangkan uang sebanyak itu, maka APBN Indonesia bisa jadi perbandingannya.

Di tahun 2020 ini, APBN Indonesia, yang merupakan anggaran untuk operasional dan pembangunan negara hingga satu tahun ke depan, adalah Rp2.540 Triliun. Wah, dua orang terkaya di dunia saja, sudah sanggup memenuhi APBN negara Indonesia yang begitu besar. Tentu kamu bisa bayangkan betapa kayanya mereka!

Dua Versi Daftar Orang Terkaya di Dunia

Ada dua versi daftar orang terkaya di dunia yang paling populer, yaitu versi Forbes dan versi Bloomberg.

Daftar Orang Terkaya Versi Forbes

Forbes merupakan sebuah media internasional yang khususnya berfokus pada dunia bisnis dan investasi. Media ini didirikan oleh F. C Forbes di Amerika Serikat. Setiap tahun Forbes merilis daftar perusahaan dan orang terkaya di dunia sejak tahun 1982.

Daftar orang terkaya ini dibagi menjadi beberapa kategori. Mulai dari orang terkaya dunia berdasarkan kategori usia, profesi, regional dan secara global.

Lantas bagaimana Forbes menghitung kekayaan seseorang? Kerry A. Dolan, salah satu editor Forbes mengenai daftar terkaya, sempat memberikan bocoran tentang hal itu.

Forbes akan menghitung seluruh aset yang dimiliki orang tersebut dikurangi liabilitas (utang atau kewajiban pada pihak lain) yang dimilikinya. Para reporter di Forbes akan melakukan valuasi yang dimiliki para orang terkaya.

Termasuk diantaranya wawancara terhadap orang-orang dalam daftar terkaya, para pekerja, rekan, bahkan saingan mereka. Para ahli Forbes menghitung aset-aset berupa perusahaan publik dan pribadi, real estate, kendaraan dan barang mewah, investasi berupa emas, saham, tabungan, bahkan karya seni, uang tunai beserta utang dan piutang.

Forbes juga terus mengikuti perkembangan setiap orang (pengusaha) terkaya dengan melihat aktivitas finansialnya. Termasuk kegiatan amal serta perpindahan investasi dan finansial termasuk antar anggota keluarga atau relatif.

Daftar Orang Terkaya Versi Bloomberg

Sama halnya dengan Forbes, Bloomberg juga merupakan sebuah media multinasional yang berfokus pada bisnis, pasar dan investasi. Bloomberg didirikan oleh Michael Bloomberg dan rekan-rekannya pada tahun 1981 di New York, Amerika Serika.

Pada websitenya, Bloomberg memungkinkan setiap orang untuk mengamati siapa saja daftar orang terkaya di dunia saat ini. Data tersebut terus di-update setiap hari secara real time di https://www.bloomberg.com/billionaires/

Bloomberg mengklaim bahwa mereka menyediakan data kalkulasi paling transparan. Pergerakan kekayaan para taipan tersebut terus diikuti baik saat beraktivitas di pasar saham, aktivitas ekonominya, serta pelaporan para reporter Bloomberg.

Daftar 3 Orang Terkaya di Dunia Dengan Kekayaan Menembus US$100 Milyar

Baik versi Forbes atau versi Bloomberg pada dasarnya memasukkan nama-nama yang hampir sama dalam daftar orang terkaya di dunia versi mereka. Tapi yang mengagumkan, saat ini sudah ada tiga orang yang berhasil mengumpulkan kekayaan hingga US$100 Milyar (Rp1.300 -1.400 Trilliun).

Bill Gates

Nama Bill Gates sudah disebut sebagai salah satu orang terkaya dunia sejak tahun 1987. Bill Gates lalu meraih posisi puncak sebagai orang terkaya di dunia pada tahun 1995 dengan total kekayaan US$12,9 Milyar. Kekayaan Bill Gates mulai berkumpul kala dia berhasil mengembangkan sistem operasional komputer yang kita kenal dengan nama Microsoft Windows. Penemuannya tersebut berhasil membawanya menjadi orang terkaya di dunia, hingga hari ini.

Hingga Januari 2020, Bill Gates berhasil membukukan kekayaan sebesar US$116 Miliar berdasarkan data Bloomberg. Lain halnya dengan Forbes yang menempatkan Bill Gates di urutan ketiga dengan jumlah kekayaan US$110,4 Miliar.

Walaupun demikian, jumlah kekayaan Bill Gates tersebut belum termasuk dengan uang yang dia sumbangkan sebesar lebih dari US$36 Milyar atau lebih dari 500 Triliun Rupiah. Bill Gates memang terkenal sebagai dermawan yang sering menyumbangkan kekayaannya dalam jumlah fantastis. Jika uang tersebut dimasukkan, Bill Gates tetap memegang tampuk tertinggi sebagai orang terkaya di dunia baik versi Forbes maupun Bloomberg.

Jeff Bezos

Jeffrey Preston Bezos merupakan seorang pemilik perusahaan teknologi terbesar di dunia, Amazon. Bersaing ketat dengan Bill Gates, saat ini Forbes menengarai kekayaan Jeff Bezos sebesar US$117 Milyar atau hampir mencapai Rp1.600 Trilliun.

Jeff Bezos mengawali kesuksesannya dengan keluar dari perusahaan saham tempat dia bekerja dan membuka toko buku online secara mandiri. Hingga akhirnya dia berhasil mengembangkan Amazon, sebagai e-commerce marketplace terbesar hingga saat ini.

Pertama kali Jeff Bezos masuk dalam daftar orang terkaya di dunia versi Forbes tahun 1997 dengan total kekayaan US$10 Milyar. Jeff Bezos lalu berhasil menduduki posisi puncak sebagai orang terkaya di dunia, dengan menyisihkan Bill Gates pada 27 Juli tahun 2017. Total kekayaannya saat itu adalah lebih dari US$90 Milyar.

Bernard Arnault

Jika Bill Gates dan Jeff Bezos mengandalkan teknologi untuk mengantarkan mereka ke puncak, lain halnya dengan orang terkaya pemilik berikut ini. Mengandalkan kekuatan fashion, Arnault yang berasal dari Perancis berhasil masuk ke dalam 3 besar orang terkaya di dunia, serta mampu mengumpulkan pundi-pundi kekayaan lebih dari US$100 Milyar.

Bernard Arnault merupakan seorang miliarder yang menjalankan bisnis perusahaan barang-barang mewah terbesar di dunia, Louise Vuitton Moet Hennessy (LVMH). Ada lebih dari 70 merk mewah di dunia yang dibawahinya, termasuk diantaranya LV dan Sephora. Bahkan, Sebelum menutup tahun 2019, Arnault sempat membeli Tiffany, salah satu perusahaan perhiasan paling bergengsi di dunia.

Saat ini Forbes memperkirakan kekayaan Arnault dan keluarga sekitar US$112, 9 Milyar, dan menempatkannya sebagai orang kedua terkaya di dunia setelah Jeff Bezos. Sementara Bloomberg mengeluarkan data kekayaan Arnault sebesar US$105 Milyar, atau posisi ketiga dunia, di bawah Jeff Bezos dan Bill Gates dalam daftar orang terkaya di dunia.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait