Banking

Ini Kelebihan dan Kekurangan Bekerja di Bank

kekurangan bekerja di bank

Sebelum memulai, tentunya kamu harus tahu kelebihan dan kekurangan bekerja di bank. Oleh karenanya, redaksi Ajaib akan mengulas mengenai kelebihan dan kekurangan bekerja di bank sebagai berikut.

Menjadi seorang pegawai Bank bisa dikatakan sangat sempurna. Hal itu dikarenakan pegawai bank memiliki penampilan yang menarik, bersih, dan gaji yang lumayan serta sudah jadi rahasia umum jika pegawai bank memiliki kehidupan sejahtera dalam hal ekonomi. Meski begitu, kamu harus memahami bahwa pasti ada kekurangan saat kamu bekerja di bank.

Kekurangan bekerja di bank itu beragam. Namun selain kerugian, kamu juga pasti akan mendapatkan beberapa keuntungan saat memutuskan untuk bekerja di bank. Sudah tentu risiko pekerjaan akan berbanding lurus dengan keuntungan yang akan diterima. Sebelum masuk ke keuntungan, kamu harus mengetahui terlebih dahulu kekurangan dari bekerja di bank.

Berikut kekurangan dan risiko bekerja di bank atau menjadi pegawai bank yang perlu diketahui.

Risiko dan Kekurangan Bekerja di Bank

  • Persaingan yang ketat. Menjadi seorang pegawai bank tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. kamu harus memiliki pribadi yang baik serta pemikiran yang cerdas. Apalagi dengan banyaknya peminat yang ingin jadi pegawai bank menjadi salah satu penyebab persaingan yang ketat. Belum lagi adanya persaingan dalam kepandaian, komunikasi, keahlian dan lainnya.
  • Stress kerja yang tinggi. Siapa yang menyangka jika bekerja di bank selain enak juga memiliki tekanan atau tingkat stress yang tinggi? Tuntutan pekerjaan yang menuntut kamu untuk bekerja cepat, belum lagi tuntutan dari atasan untuk pelayanan yang prima dan terbaik serta belum lagi menghadapi konsumen yang kita bagaimanapun tingkahnya kita harus menghadapi dengan sopan dan sabar.
  • Risiko tombok atau mengganti jika terjadi salah hitung atau terjadi kekurangan jumlah uang. Ya, merupakan sebuah risiko yang besar bila kita bekerja, kemudian kita salah dan harus mengganti uang yang karena oleh kesalahan kita sendiri. Hal ini disebabkan karena setiap hari kamu berkecimpung dengan masalah keuangan, kondisi tubuh yang kurang fit sangat berpeluang dalam terjadinya human error. Kesalahan jumlah angka 0 dalam perhitungan uang, kelebihan 0 satu saja akan berakibat fatal bagi kamu.
  • Tuntutan kerja yang tinggi. Ya, benar sekali bahwa bekerja di bank seakan kamu bekerja disebuah aquarium yang setiap gerak kamu akan diawasi. Tidak senyum beberapa menit saja bisa membuat kamu terkena sanksi dari atasan kamu. kamu juga harus dituntut untuk teliti dan tidak ceroboh, sebab sekali kamu ceroboh maka penjara siap menanti kamu.

Dari penjelasan di atas memang risiko dan kekurangan bekerja di bank bisa dikatakan mengerikan. Namun sebenarnya beberapa risiko dan kekurangan di atas bisa dihindari selama kamu teliti, memiliki mental yang kuat, dan disiplin.

Meski begitu kamu tidak perlu khawatir. Sebab, menjadi pegawai bank juga ada kelebihannya loh. Berikut ini kelebihan saat kamu bekerja di bank.

Kelebihan Bekerja di Bank

  • Lowongan kerja di bank terbuka untuk berbagai jurusan. Salah satu jenis pekerjaan yang pelaku kerjanya bukan hanya dari lulusan yang fokus pada pekerjaan itu adalah menjadi pegawai bank. Ternyata banyak pegawai bank yang bukan dari lulusan akuntansi atau keuangan saja. Banyak juga dari lulusan yang lainnya seperi lulusan kesehatan (perawat, bidan, dokter, dll), guru, manajemen, perhotelan, komunikasi, dan bahkan lulusan SMA / SMK pun banyak yang diterima bekerja di Bank.
  • Gaji yang tinggi. Ya, benar. bekerja di bank merupakan tempat yang tepat untuk memperoleh gaji yang tinggi, hal ini dikarenakan pekerjaan yang dihadapi juga penuh risiko serta tuntutan yang tinggi pula dari atasan..
  • Kenaikan gaji yang cepat. Dibandingkan dengan pekerjaan yang lain, bekerja di bank memiliki kesempatan untuk kenaikan gaji yang cepat, menurut seorang karyawan salah satu bank swasta di Indonesia, gaji mereka akan naik setiap tahunnya dan kenaikannya begitu besar. Belum lagi dengan bonus – bonus yang diberikan.
  • Lifestyle dan pandangan di masyarakat. Bekerja di bank adalah salah satu lifestyle yang menarik. Orang – orang atau masyarakat akan memandang kamu lebih apabila kamu menjadi seorang pegawai bank. Sudah merupakan suatu kebiasaan di masyarakat khususnya masyarakat desa bahwa mereka akan menghormasi orang yang sukses seperti orang yang kerja di bank, walaupun kamu lebih muda.
  • Mudah memperoleh jodoh. Jodoh merupakan kuasa Tuhan yang hingga kini masih menjadi rahasia, namun tahukah kamu bahwa pekerjaan yang baik, pendidikan yang tinggi dan kemapanan juga merupakan salah satu syarat untuk memperoleh pendamping hidup? Dengan begitu, seorang pegawai bank memiliki kesempatan untuk memperoleh jodoh dengan mudah. Terlebih dengan beberapa keuntungan yang sudah disebutkan di atas. Hampir setiap orang mau dilamar oleh seorang pegawai bank, dan memang kenyataanya begitu.
  • Jenjang karir cepat. Ya, bila kamu pingin jenjang karir yang cepat bekerja di bank adalah salah satu tempat kerja yang tepat. Dari SMA / SMK kamu bisa bekerja di Bank, kemudian kamu melanjutkan kuliah Sarjana, maka posisi kamu akan naik, dan begitu seterusnya.
  • Hari kerja yang teratur. Ya, benar bekerja di bank memiliki jumlah kerja yang teratur. Hampir semua bank menerapkan hari kerja mereka senin – jumat dan jam kerjapun teratur mulai dari jam 08.00 s/d 16.00 WIB, sehingga kamu bisa menikmati week end day setiap minggunya.

Itulah beberapa keuntungan dan kerugian bekerja di bank yang perlu diketahui. Dengan memahami keuntungan dan kerugian bekerja di bank, kamu bisa memutuskan untuk menjadi pegawai bank atau tidak. Semoga artikel ini dapat menambah wawasanmu.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait