Dunia Kerja

Lowongan Kerja Bank Indonesia (BI) Menjanjikan Gaji Besar?

lowongan kerja bank indonesia
Human’s hand writing We’re hiring on blackboard.

Apakah kamu tertantang untuk melamar di lowongan kerja Bank Indonesia? Jika iya, kamu perlu mempersiapkan dokumen dan persyaratan lamaran kerja seperti yang akan diulas oleh redaksi Ajaib beirkut ini.

Memiliki kesempatan untuk bisa bergabung dengan salah satu perusahaan keuangan terbesar di Indonesia yang telah mendunia merupakan harapan dari para fresh graduate yang baru akan terjun di dalam dunia kerja.

Bukan hanya bagi para lulusan dari jenjang pendidikan terkait keuangannya saja melainkan segala jurusan pendidikan boleh ikut melamar pekerjaan di salah satu perusahaan keuangan terbesar di Indonesia ini.

Tentu kamu pasti mengenal dan mengetahui Bank Indonesia (BI) sebagai bank sentral Republik Indonesia. Di mana, Bank Indonesia atau BI merupakan salah satu perusahaan keuangan terbesar milik pemerintah yang menawarkan kesempatan berkarir kepada para fresh graduate dengan jenjang karir yang sangat jelas.

Jenjang karir yang jelas merupakan salah satu poin penting untuk para lulusan baru yang ingin memulai karir profesionalnya di sebuah perusahaan. Mengapa? Karena ada anggapan bahwa perusahaan pertamamu di mana kamu bekerja bisa menjadi penentu karirmu kedepannya sehingga berkarir di Bank Indonesia (BI) yang sudah memiliki struktur organisasi yang jelas bisa membuat karir kamu kedepannya semakin tambah kinclong saja.

Proses Seleksi Lowongan Kerja Bank Indonesia Itu Berat

Walaupun memiliki jenjang karir yang jelas, untuk menjadi seorang karyawan Bank Indonesia (BI) bukanlah suatu hal yang mudah untuk kamu dapatkan. Sebab, kamu setidaknya akan bersaing dengan ribuan lulusan terbaik perguruan tinggi yang berasal dari dalam negeri ataupun luar negeri sekalipun.

Untuk mengisi posisi lowongan kerja Bank Indonesia (BI), kamu bisa mengikuti dan melamar melalui jalur Pendidikan Calon Pegawai Muda (PCPM) untuk jenjang pendidikan dari S1 hingga S2. Yang mana, seleksi kerja melalui jalur PCPM dilakukan dalam dua jenis seleksi yakni online dan offline.

Jika jalur seleksi PCPM kamu lolos hingga tahap akhir, setidaknya kamu perlu mengikuti dan melalui berbagai tes kerja hingga 14 proses tahapan seleksi. Dimulai dari Online Application hingga Pengumuman Hasil Akhir, di mana proses seleksi kerja melalui jalur PCPM bisa memakan waktu hingga 3 bulan.

Namun kamu jangan khawatir terkait hasil seleksi kerja yang sudah dilakukan. Mengapa? Karena semua hasil seleksi kerja dari tahapan seleksi jalur PCPM akan selalu diberitahukan dan dikirimkan melalui email.

Jalur seleksi PCPM ini diperuntuhkan bagi kamu lulusan untuk jenjang pendidikan S1 hingga S2, jika kamu lolos dan berkesempatan untuk berkarir di Bank Indonesia (BI). Kamu akan diproyeksi untuk menjadi pemimpin di Bank Indonesia di masa depan atau setingkat asisten manajer.

Hal ini sama seperti program management trainee, yang biasanya kamu temukan di perusahaan-perusahaan besar di mana jika kamu dirasa cukup kompeten dan lolos dari program ini, kamu bisa langsung mengisi posisi setidaknya manajer.

Persyaratan dan Dokumen yang Perlu Kamu Siapkan untuk Lowongan Kerja BI

Lowongan BI melalui jalur seleksi PCPM umumnya dibuka hanya satu tahun sekali saja, oleh karena itu, kamu perlu benar-benar menyiapkan persyaratan dan dokumen apa saja yang dibutuhkan.

Syarat dan dokumen saat mengirimkan berkas lamaran kerja untuk lowongan BI di antaranya:

  • KTP
  • Ijazah atau Surat Keterangan Lulus (SKL)
  • Transkrip Nilai
  • SKCK
  • Sertifikat pendukung lainnya (Bahasa Inggris dan sebagainya).

Berkas-berkas lamaran atau dokumen penting di atas bisa kamu kirimkan melalui website https://www.bi.go.id/id/tentang-bi/bi-dan-publik/karir/Default.aspx atau email [email protected]

Itulah beberapa dokumen penting yang perlu kamu persiapkan saat melamar pekerjaan di Bank Indonesia (BI).

Cara Lolos Proses Lowongan Kerja di Bank Indonesia

Harapan untuk menjadi karyawan BI, tentu saja sangat diharapkan oleh seluruh pelamar namun seperti diketahui, sama halnya dengan tahapan seleksi di perusahaan lainnya di mana kamu harus bisa menerima pahit atau manisnya hasil dari seleksi kerja yang telah dilakukan tersebut. Berikut tips lolos tes pegawai Bank Indonesia:

Mental dan Fisik Harus Dipersiapkan

Untuk mengikuti tahapan pertama seperti tes pengetahuan akademik, tes minat dan bakat, dan tes IQ. Kamu perlu mempersiapkan fisik, mental, dan kesehatanmu secara baik-baik. Karena, hal ini lebih baik dibanding kamu hanya fokus kepada belajar dan belajar tanpa memetingkan kondisi mental dan fisikmu saat mengerjakan tes seleksi karyawan BI. Sebab, saat kondisi mental dan fisikmu tidak baik kamu akan kesulitan untuk berkonsentrasi secara penuh.

Gunakan Bahasa Inggris

Saat tahapan seleksi wawancara, kamu lebih disarankan menggunakan bahasa Inggris untuk menjawab sebuah pertanyaan. Kamu bisa menyampaikan pandangan terkait hasil analisa secara terstruktur dan tentunya mudah untuk dipahami oleh interviewer dengan menggunakan bahasa Inggris.

Memperdalam Isu-isu Ekonomi

Pada tahapan akhir saat seleksi melalui jalur PCPM akan ada wawancara, di mana untuk mempersiapkannya kamu bisa mempelajari isu-isu ekonomi seperti bagaimana cara menjaga kestabilan nilai rupiah, menjaga kelancaran sistem pembayaran, dan sebagainya. Intinya, pelajari fungsi dari Bank Indonesia (BI) dan isu-isu ekonomi yang berkembang saat ini.

Ketiga tips di atas bisa coba kamu lakukan saat mengikuti proses seleksi melalui jalur PCPM Bank Indonesia (BI). Pada dasarnya, proses rekrutmen di Bank Indonesia (BI) itu murni dan tidak ada permainan sama sekali sehingga kamu butuh belajar ekstra keras untuk mewujudkan mimpi untuk bisa menyandang status sebagai karyawan Bank Indonesia (BI).

#Bank Indonesia Menawarkan Karir yang Sangat Jelas

Bank Indonesia (BI) memang merupakan salah satu perusahaan terbaik bagi para lulusan baru yang ingin memulai karir profesionalnya. Selain itu, kamu juga akan diberikan gaji, fasilitas hingga tunjangan yang mumpuni jika kamu bekerja sebagai karyawan Bank Indonesia.

Belum lagi kesempatan yang diberikan dari segi jenjang karir, jika kamu lolos dari seleksi jalur PCPM, kamu akan menduduki level jabatan setingkat asisten manajer.

Dalam satu bulan bekerja di Bank Indonesia (BI), kamu bisa mendapatkan gaji hingga lebih dari Rp 16 juta per bulan, jika kamu mengisi posisi setingkat asisten manajer.

Demikianlah informasi yang bisa Ajaib sampaikan terkait apakah benar lowongan kerja di Bank Indonesia menjanjikan gaji besar bagi para fresh graduate? Ternyata, setelah membaca artikel Ajaib ini, jika kamu menjabat sebagai asisten manajer melalui jalur PCPM di Bank Indonesia (BI), kamu bisa memperoleh gaji hingga lebih dari Rp 16 juta per bulan.

Apakah kamu tertarik untuk melamar lowongan di kerja Bank Indonesia (BI)?

Bacaan menarik lainnya:

Wallach, E.J. (1983), “Individuals and Organizations: The Cultural Match”, Training and development journal, February, 29-36.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait