Perencanaan Keuangan

Ini Dia Tips Sebelum Kredit Laptop Secara Online

Ajaib.co.id – Barang elektronik menjadi makin penting sekarang ini, terutama saat mulai berjalannya kebiasaan Barang elektronik menjadi semakin penting sekarang ini, terutama saat mulai berjalannya kebiasaan adaptasi baru.

Makin banyaknya orang yang bekerja atau beraktivitas di rumah memerlukan gadget yang menunjang kegiatan mereka. Salah satu barang elektronik yang makin terasa penting keberadaannya saat ini adalah laptop atau kamera jinjing. Bila kamu merasa ‘berat’ membeli laptop, kini cukup banyak layanan yang menawarkan untuk membelinya secara kredit.

Dengan adanya layanan kredit tersebut, harapan kamu untuk mempunyai laptop idaman makin mudah terwujud. Namun, sebelum kamu membeli laptop secara kredit, ada beberapa tips yang patut diperhatikan, seperti di bawah ini.

Pilihlah yang sesuai kebutuhan

Tidak semua laptop digunakan untuk menunjang setiap kebutuhan. Kebutuhan editing video, misalnya, tidak akan bisa dipenuhi dengan laptop yang spesifikasinya untuk sekadar browsing, mengetik, atau pengoperasian dasar lainnya. Maka, penting untuk menentukan laptop sesuai kebutuhan kamu.

Yang jelas, semakin canggih spesifikasi laptop, maka akan semakin mahal harganya. Jadi, jangan terlalu bernafsu membeli laptop yang spesifikasinya terlalu ‘wah’ dan jauh melampaui kebutuhan kamu. Hindari pula menjanjikan untuk membeli laptop dalam kondisi keuangan kamu yang belum mendukung.

Cari info penyedia layanan kredit

Sekarang, sudah banyak penyedia layanan pembelian laptop secara kredit. Meski sudah terbilang banyak, kamu mesti selektif. Carilah info mengenai penyedia layanan pembelian laptop dari berbagai sumber, seperti komunitas, forum online, atau testimoni dari para pembeli sebelumnya. 

Bandingkan harga

Satu laptop dengan laptop lainnya bisa memiliki harga berbeda, meskipun mereknya sama. Perbedaan itu bisa bersumber dari berbagai faktor, seperti jenis garansi. Garansi distributor atau toko biasanya memiliki harga lebih rendah dibandingkan garansi dari produsen laptop tersebut.

Penyedia layanan kredit pun tentu sangat mungkin menginginkan margin keuntungan yang beragam. Jadi, ada baiknya kamu membandingkan harga di lebih dari satu penyedia layanan laptop secara kredit. 

Pelajari bunga pinjaman

Setiap penyedia layanan pembelian laptop secara kredit memiliki kebijakan masing-masing terkait bunga pinjaman. Maka, pelajarilah bunga pinjaman dari beberapa penyedia layanan pembelian laptop.

Survei beberapa penyedia layanan pembelian laptop secara kredit dapat memberi kamu kepada penawaran terbaik. Jika penyedia layanan pembelian laptop tersebut menawarkan 0% cicilan, merupakan keuntungan tersendiri karena kamu tidak terbebani dengan bunga yang diberikan. Tapi, kamu juga perlu mencermati syarat dan ketentuan lainnya ya.

Mintalah simulasi cicilan

Jika kamu mengalami kesulitan untuk menghitung cicilan tiap bulannya, jangan sungkan untuk meminta simulasi cicilan kepada penyedia layanan pembelian laptop. Bila dirasa masih terlalu tinggi atau memberatkan, kamu bisa mengajukan jangka waktu kredit yang lebih lama. Alhasil, jumlah cicilannya bisa lebih ringan.

Tanyakan syarat dan ketentuan

Setiap kredit pasti mengandung syarat dan ketentuan yang mengikat. Kadangkala, syarat dan ketentuan ini kurang jelas atau ambigu maknanya. Oleh sebab itu, jangan ragu untuk menanyakan syarat dan ketentuan yang belum jelas kepada penyedia layanan pembelian laptop secara kredit.

Jangan sampai nantinya kamu terkejut dengan adanya syarat dan ketentuan yang belum kamu pahami secara mendalam. Dengan memahami syarat dan ketentuan, kamu telah berupaya membeli dengan cermat dan teliti.

Memeriksa sistem pembayaran

Setiap penyedia layanan pembelian laptop secara kredit memiliki sistem pembayaran yang belum tentu sama antara satu dan lainnya. Maka, memeriksa dengan teliti sistem pembayaran dari penyedia layanan pembelian laptop adalah hal penting.

Beberapa sistem pembayaran pada penyedia layanan pembelian laptop secara kredit antara lain transfer langsung kemudian melakukan konfirmasi, memanfaatkan payment gateway, kartu kredit atau bahkan cash on delivery (COD).

Layanan lainnya

Cari tahu pula tentang layanan-layanan lainnya dari penyedia layanan pembelian laptop secara kredit, misalnya customer service. Customer service yang responsif dan solutif sangat membantu kamu. Bila ada hal-hal yang kamu ingin tanyakan, customer service dapat menerangkannya secara lugas dan sekaligus informatif, misalnya cara pengembalian barang atau komplain terhadap barang yang akan dibeli nantinya.

Minimal, penyedia layanan pembelian laptop secara kredit tersebut memiliki kontak yang dapat dihubungi. Hindari penyedia layanan pembelian laptop yang tidak jelas kontaknya ataupun informasi lainnya.

Teliti saat menerima 

Setelah memesan laptop di sebuah penyedia layanan pembelian laptop secara kredit bukan berarti selesai ‘tugas’ kamu. Kamu harus memeriksa barang yang dikirimkan. Pengecekan dapat dilakukan dengan cara memeriksa secara langsung nomor pengiriman dari jasa pengiriman, kondisi barang setelah diterima hingga kesesuaian barang yang dipesan.

Lebih aman lagi, rekamlah saat kamu membuka paket kiriman (unboxing) sebagai bukti bila ingin mengajukan keluhan atau lainnya. Jika terbukti mendapatkan barang yang tidak sesuai atau cacat, kamu dapat langsung mengonfirmasinya ke penyedia layanan pembelian laptop secara kredit tersebut.

Review

Setelah memeriksa kondisi laptop, termasuk saat dalam keadaan hidup (on), kamu dapat memberikan review. Review ini bisa kamu sampaikan melalui media sosial, forum online, platform marketplace dan lain-lain. Review tersebut bisa mengenai banyak hal, seperti pengiriman, respon dan sebagainya. Tak kalah penting, berikan review yang sesuai dengan keadaan dan secara jujur.

Review yang jujur dapat membantu pembeli lainnya untuk mendapatkan informasi dan memutuskan untuk membeli di penyedia layanan pembelian laptop secara kredit tersebut. Tidak hanya berguna untuk konsumen lainnya, namun review juga dapat berguna bagi penyedia layanan pembelian laptop tersebut guna menarik pelanggan lainnya dan meningkatkan kepercayaan dari pelanggan.

Sumber: Tips Cerdas Manfaatkan Kredit Laptop dan Tips Lengkap Bila Anda Ingin Kredit Laptop Murah Online, dengan perubahan seperlunya.

Artikel Terkait