Uncategorized

Ini Cara untuk Menikmati Uang dengan Bersyukur

Ajaib.co.id – Seringkali kita tidak mengetahui bagaimana cara untuk menikmati uang dengan rasa bersyukur, di mana setiap kali kita selalu menganggap bahwa gaji bulanan yang selalu diterima setiap bulannya masih dianggap kurang saja. Hal ini bisa disebabkan oleh diri kamu yang belum bersyukur dengan apa yang sudah kamu miliki saat ini.

Perasaan yang selalu tidak puas dengan apa yang sudah kamu miliki bisa berasal dari dirimu sendiri. Sebab, kamu terlalu menempatkan posisimu berada di level yang tidak semestinya atau tidak sesuai dengan kemampuan finasialmu saat ini.

Misalnya dari sisi pergaulan di mana dengan penghasilan yang terbilang tidak besar setiap bulannya, kamu mengikuti gaya hidup teman-temanmu yang memang berasal dari keluarga kaya.

Tentunya hal ini pasti ada perbedaan dari segi kemampuan finansial antara kamu dan teman-temanmu. Mungkin mereka mampu untuk setiap harinya untuk berbelanja di mal, namun bagaimana dengan kondisi keuanganmu?

Gengsi seringkali menjadi alasan bagi generasi milenial untuk tidak mensyukuri uang yang mereka miliki saat ini dengan membelanjakannya untuk hal-hal yang tidak semestinya. Karena pada dasarnya, setiap manusia tidak akan yang pernah puas dengan apa yang mereka miliki saat ini, namun taraf kepuasaan bisa dicapai bila kamu telah bersyukur dengan apa yang kamu dapatkan saat ini.

Cara untuk Menikmati Uang dengan Rasa Bersyukur

Kebiasaan boros yang seringkali diterapkan oleh milenial sedikit demi sedikit perlu dikurangi yang menjadi alasan terbesar mengapa gaji bulananmu selalu kurang saja setiap bulannya. Kamu bisa memperbaiki kebiasaanmu tersebut dengan menerapkan cara-cara berikut ini:

1.    Membantu Orang Tua

Ingatkah kamu? Betapa kerja kerasnya orang tua kamu saat banting tulang untuk menyekolahkanmu hingga ke jenjang perguruan tinggi. Apakah pernah kamu membayangkan berapa biaya pendidikan yang kamu habiskan selama menempuh pendidikan dari kelompok bermain hingga perguruan tinggi?

Hal-hal ini bisa menjadi pengingat bagi generasi milenial untuk setidaknya menyisihkan sebagian penghasilanmu untuk orangtuamu. Baik itu besar atau kecilnya nominal uung yang kamu berikan kepada orangtuamu pasti mereka sangat senang hati untuk menerimanya. Mengapa?

Karena walaupun kamu sibuk bekerja, kamu tetap menyempatkan waktu untuk berbagi kesenanganmu dengan orang tua. Bukan saja bermanfaat guna menjalin hubungan yang semakin erat saja antara anak dan orang tua, melainkan juga bisa berdampak langsung kepada produktifitasmu saat bekerja.

Sebab, hasil kerja kerasmu selama ini bisa berdampak besar kepada orang lain di sekitarmu. Jadi, beban kerja yang selama ini kamu emban tidak sia-sia karena bisa membantu meningkatkan taraf hidup keluargamu.

Ini adalah satu dari sekian banyak cara untuk menikmati uang yang kamu miliki dengan cara bersyukur.

2.    Menabung

Ketika kamu memiliki seseorang yang ingin dibahagiakan contohnya adalah orangtuamu, tentunya kamu akan berpikir dua kali untuk menggunakan uang hasil kerja kerasmu selama ini untuk hal-hal yang tidak semestinya. Bahkan, Rp1.000 bagi banyak orang yang dianggap sudah tidak berharga lagi akan tetap bernilai di matamu.

Karena ketika kamu sudah bisa berpikir secara cerdas dan bijak, mungkin nominal sebesar Rp1.000 tersebut tidak akan bisa membahagiakan, namun bagaimana jadinya jika uang tersebut kamu akumulasikan setiap harinya.

Dalam satu tahun terdapat 365 hari, bila kamu menabung sebesar Rp1.000 rupiah setiap harinnya, berapa jumlah uang di tabunganmu? 365 hari x Rp1.000 = Rp365.000. Lumayan besar, bukan?

Ini baru cara menabung dengan nominal terkecil terlebih dahulu, bagaimana bila kamu mampu menabung uang sebesar Rp10.000 setiap harinya, jumlah tabunganmu selama 1 tahun akan mencapai Rp3.650.000. Dengan nominal sebesar ini, kamu bisa membahagiakan orangtuamu dengan mengajak mereka liburan di suatu tempat.

Bila kamu tidak puas dengan hanya menabung, kamu bisa menumbuhkan jumlah tabunganmu tersebut dengan berinvestasi di reksa dana dan saham lewat aplikasi Ajaib.

Kamu bisa mulai investasi reksa dana mulai dari Rp10.000 dengan tingkat pengembalian per tahunnnya lebih dari 7%, sedangkan untuk saham menawarkan tingkat pengembalian hingga 20-30% per tahunnya.

3.    Beramal

Bagi kamu yang ingin beramal dengan memberikan kurban pada saat hari raya kurban, namun terkendala dengan mahalnya harga seekor kambing dan sapi yang biasanya mengalami kenaikan saat hari H tiba. Kamu bisa membelinya dari jauh-jauh hari dengan sistem patungan dengan teman-temanmu.

Misalnya harga kisaran seekor kambing seharga Rp2,5 juta, kamu bisa membagi rata nilai patungan bersama teman-temanmu. Bila kamu terdiri dari 10 orang berarti masing-masing sebesar Rp250.000.

Tentunya hal ini sangat meringankan sekali bebanmu bila kamu memang benar-benar tetap ingin beramal walaupun terkendala masalah biaya.

4.    Membelanjakan Uang dengan Semestinya

Bila kamu sudah menujukkan rasa bersyukur atas apa yang diterima saat ini, cara untuk menikmati uang yang kamu dapatkan tersebut adalah menggunakan uangmu tersebut sebaik mungkin. Di mana, kamu bisa menghindari penggunaan uang untuk hal-hal yang tidak semestinya.

Agar biaya pengeluaranmu bisa dikontrol secara baik, kamu bisa membuat daftar belanja apa saja setiap bulannya yang perlu dibeli berdasarkan tingkat urgensi yang paling tinggi dan mendesak.

Bila kamu menemukan masih ada pos-pos keuangan yang masih bisa ditekan pengeluarannya, umumnya hal ini ditemukan di pos keuangan kebutuhan tersier yang bisa kamu evaluasi secara cermat untuk merencanakan keuangan di bulan berikutnya.

Demikianlah beberapa cara untuk menikmati uang dengan rasa bersyukur, kamu bisa menunjukkan rasa bersyukurmu atas penghasilan yang kamu dapatkan setiap bulannya dengan cara-cara yang sudah redaksi Ajaib jelaskan di atas.

Apakah kamu sudah menerapkannya saat ini, bila sudah kebahagiaan itu enggak mahal kan harganya?

Artikel Terkait