Uncategorized

Penting, Ini Strategi Belanja Bulanan Agar Lebih Hemat

Strategi belanja
Strategi belanja

Ajaib.co.id – Belanja bulanan untuk rumah tangga maupun anak kos memerlukan strategi tersendiri untuk menghemat uang.. Apalagi buat kamu yang cenderung boros dan mudah tergoda untuk membeli sesuatu yang tidak dibutuhkan. Bisa-bisa, uang belanja jadi lebih tinggi dari seharusnya.

Belanja bulanan online maupun datang langsung ke supermarket memiliki beberapa keunggulan dibandingkan belanja secara eceran sewaktu-waktu. Dengan belanja sekaligus untuk kebutuhan satu bulan, kamu bisa lebih hemat waktu dan terhindar dari kehabisan barang yang kamu butuhkan di saat yang mendesak. Contohnya ketika kamu ingin mandi tapi sabunnya habis. Tentu cukup merepotkan jika harus pergi ke toko dulu untuk membeli sabun.

Belanja bulanan rumah tangga maupun anak kos bisa jauh lebih hemat jika pandai menyiasatinya. Kamu akan memperoleh harga yang cenderung lebih murah jika membeli dalam jumlah lebih banyak. Selain itu, banyak program promosi yang bisa kamu manfaatkan.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk melakukan penghematan. Salah satunya adalah dengan menerapkan strategi belanja bulanan yang tepat. Simak penjelasan berikut ini tentang tips belanja bulanan.

 1.    Ketahui Kebutuhanmu dan Tuliskan

Setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda-beda setiap bulannya. Apalagi sebuah rumah tangga yang terdiri dari beberapa orang, tentu setiap anggota keluarga memiliki produk favorit masing-masing.

Sebelum melakukan belanja bulanan, sebaiknya kamu mengetahui apa saja produk yang dibutuhkan kamu dan keluargamu. Usahakan untuk mengetahuinya secara detail, misalnya untuk sabun mandi pakai yang padat atau cair, apa merknya, yang mana variannya, dan berapa volume yang dibutuhkan untuk pemakaian selama satu bulan.

Mungkin setiap anggota keluarga akan menginginkan produk sendiri yang berbeda dengan anggota keluarga lain. Jika kondisi keuanganmu memungkinkan, kamu dapat mengabulkan keinginan tersebut. Namun, tidak ada salahnya untuk memberi pengertian agar sebisa mungkin seluruh anggota keluarga menggunakan satu produk bersama-sama. Ini untuk produk yang memang bisa digunakan bersama, ya.

Setelah kamu mengetahui produk-produk yang dibutuhkan selama satu bulan, buatlah daftar barang belanjaan. Bagi sebagian orang hal ini terasa merepotkan. Namun, menuliskan daftar barang belanjaan berguna untuk membantumu mengingat barang apa saja yang harus dibeli. Sangat tidak menyenangkan jika ada barang yang lupa dibeli, bukan?

2.    Patuhi Daftar Belanja

Selain untuk mengingatkanmu tentang barang apa saja yang harus dibeli, daftar belanja juga menjadi patokan anggaran belanja. Sebaiknya kamu mematuhi daftar belanja yang telah kamu buat dengan cermat tersebut.

Sering kali yang terjadi adalah orang membeli banyak barang hanya karena iming-iming sedang diskon. Jika kamu tergoda dengan diskon dan program promosi menarik yang ditawarkan produk tertentu, sebaiknya kamu jangan buru-buru membelinya. Cermati kembali daftar belanja. Jika barang tersebut tidak ada dalam daftar belanja, bukan berarti kamu tidak boleh membelinya. Namun, pikirkan kembali apakah kamu benar-benar membutuhkan barang tersebut.

Para penjual juga mengetahui tentang strategi berbelanja ini. Sehingga mereka membuat waktu promosi yang terbatas, bahkan hanya beberapa menit. Hal ini bertujuan agar calon pembeli buru-buru dan tidak sempat berpikir panjang untuk membuat keputusan pembelian.

3.    Cek Keterangan Produk

Memeriksa keterangan produk saat belanja sangat penting untuk memastikan kamu memperoleh produk yang berkualitas. Selain cek harga, jangan lupa untuk cek masa kadaluarsa. Cek kadaluarsa bukan hanya untuk produk makanan dan minuman, namun juga untuk produk lainnya seperti body care dan skincare.

Cerdas dalam belanja bulanan diperlukan agar kamu tidak terhindar dari membeli produk yang tidak kamu butuhkan. Oleh sebab itu sangat penting untuk membaca keterangan produk. Misalnya ketika membeli makanan bayi, kamu perlu cek makanan tersebut diperuntukkan untuk bayi usia berapa. Demikian juga ketika kamu membeli produk-produk yang kemasannya mirip, seperti sambal botol aneka rasa maupun shampoo & conditioner. Kamu perlu memeriksa dengan teliti varian dan keterangan pada label di produk yang ingin dibeli.

4.    Teliti Syarat dan Ketentuan Promosi

Kamu akan melihat banyak diskon dan penawaran promosi ketika belanja bulanan online maupun ke supermarket. Siapa sih yang tidak suka diskon? Dengan memanfaatkan diskon, cashback, hadiah langsung, maupun program promosi lainnya, kamu bisa melakukan penghematan. Lumayan, kan?

Tidak semua diskon dan program promosi benar-benar akan memberikan keuntungan. Ada juga program promosi yang hanya akal-akalan penjual agar produknya laris diserbu pembeli. Misalnya harga produk telah dinaikkan kemudian diturunkan seolah-olah sedang diskon.

Ada juga program promosi yang dapat memberikan keuntungan, namun syarat dan ketentuannya ribet. Kamu perlu mengetahui syarat dan ketentuan tersebut dengan detail agar bisa mendapatkan promosi yang dijanjikan. Jangan sampai, kamu sudah membeli banyak produk dengan harapan memperoleh diskon, ternyata diskon hanya berlaku untuk produk tertentu.

5.    Bandingkan Harga

Tips belanja bulanan selanjutnya adalah bandingkan harga. Bandingkan harga bukan saja antara produk yang satu dengan produk lainnya. Namun, antara toko yang satu dengan toko lainnya, untuk produk yang sama.

Kamu bisa dengan mudah membandingkan harga ini secara online. Jika kamu belanja bulanan online, kamu bisa cek harga suatu produk di toko online satu dan membandingkannya dengan toko online yang lain.

Itu dia strategi belanja bulanan yang penting untuk diterapkan. Dengan pintar berbelanja, kamu akan terhindar dari pemborosan karena membeli barang yang akhirnya terbuang tidak terpakai. Pastikan barang belanjaan yang kamu beli sudah diseleksi dan memang sesuai kebutuhan.

 Jika kamu memilih untuk datang langsung ke supermarket untuk belanja, jangan lupa untuk selalu mematuhi protokol kesehatan yang tetapkan. Jaga kebersihan dan kesehatan dengan menerapkan pola hidup sehat.

Artikel Terkait