Begini Cara Menabung Saham yang Mudah Bagi Pemula

cara menabung saham
cara menabung saham

Jika kamu membutuhkan panduan dan cara menabung saham, kamu membaca artikel yang tepat. Karena, redaksi Ajaib akan mengulas bagaimana cara menabung saham yang baik untuk pemula.

Menabung saham menjadi salah satu pilihan investasi generasi millennial. Pasalnya, saham merupakan salah satu instrumen investasi menjanjikan dalam jangka panjang, selain emas. Sebagai informasi buat kamu, saham adalah surat berharga yang menunjukkan bagian kepemilikan atas suatu perusahaan.

Memberi saham artinya kamu punya hak atas sebuah perusahaan. Kamu juga bisa mendapatkan keuntungan perusahaan dalam bentuk deviden di akhir tahun. Sebagai contohnya, kami, redaksi Ajaib bakal memberikan contohnya agar kamu lebih paham.

Andai kamu membeli satu lembar saham BCA (BBCA) di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2005 dan kamu simpan hingga tahun 2020. Maka kamu bakal dapat keuntungan perusahaan setiap tahunnya. Kamu juga mendapat keuntungan sebesar Rp13.125 – Rp1.475 = Rp11.650. Keuntungan total yang kita dapatkan adalah 10x Deviden + Rp11.650.

Dewasa ini, menabung saham sudah bisa dilakukan oleh semua kalangan. Kamu tidak perlu kaya raya untuk menjadi investor saham di perusahaan top. Sayangnya, masih banyak generasi millennial yang tidak tahu cara menabung saham. Berikut ini kami akan memberikan cara menabung saham sebelum kamu menjadi pemilik saham mayoritas dalam sebuah perusahaan.

Membuka Rekening

Membuka rekening saham sama seperti yang kamu lakukan di bank-bank umum. Kamu wajib mempunyai rekening saham agar bisa melakukan transaksi di Bursa Efek Indonesia. Bedanya dengan bank-bank konvensional, untuk membuka rekening saham, kamu harus melalui perusahaan-perusahaan sekuritas atau broker.

Di zaman modern seperti ini, kamu bisa menemukan perusahaan sekuritas dengan mudah. Biasanya bank-bank ternama juga memiliki anak perusahaan sekuritas, misalnya seperti BNI Sekuritas, Mandiri Sekuritas dan perusahaan sekuritas lainnya seperti Mirae Asset Sekuritas, Indo Premier Sekuritas dan masih banyak lagi.

Tapi perlu diingat kembali, pastikan kamu memilih perusahaan sekuritas yang terpercaya dan terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Kamu tidak perlu repot-repot datang ke kantor mereka, karena pembukaan rekening sudah bisa dilakukan secara online. Jangan lupa mempersiapkan dokumen-dokumen penting yang dibutuhkan.

  • KTP atau paspor
  • Kartu NPWP
  • Fotokopi buku tabungan
  • Fotokopi kartu keluarga
  • Materai 6 ribu

Top up Dana melalui Aplikasi

Kamu tidak cukupdengan membuka rekening untuk melakukan aktivitas jual beli saham. Kamu harus melakukan top up dana ke rekening yang sudah dibuat. Tujuannya adalah memberikan dukungan berupa proses pembelian saham. Dana yang diisi ke rekening nanti dipergunakan gun membeli saham di Bursa Efek Indonesia.

Selanjutnya, kamu akan diberikan ID sebagai akses ke aplikasi jual beli saham melalui telepon pintar yang ada di tangan kamu.

Unduh Aplikasi Pembelian Saham

Setelah mendapatkan akses, tinggal kamu unduh aplikasi yang dimiliki oleh perusahaan sekuritas tempatmu membuka rekening. Biasanya aplikasi bisa digunakan di ponsel pintar atau komputer, tergantung selera kamu mau melakukan transaksi lewat mana. Ponsel pintar bakal membuat kamu lebih praktis karena pergerakan saham bisa dipantau kapanpun dan di manapun.

Cara Membeli Saham

Cara membelinya juga tidak terlalu sulit. Terlebih dahulu, kamu harus memastikan saham yang harus dibeli lebih dulu. Selanjutnya, kamu harus klik buy, dan masukkan jumlah pembeliaannya yang minimal 1 lot atau 100 lembar. Transaksi jual beli ini ternyata juga ada waktunya lho, kamu gak bisa sembarangan beli.

Layaknya pasar, mereka juga memiliki jam buka dan jam tutup. Untuk hari kerja seperti Senin hingga Jumat, bursa saham bakal dimulai pukul 09.00 WIB sampai 12.00 WIB. Selanjutnya, sesi kedua bakal dibuka pada 13.30 WIB sampai 16.15 WIB.

Bacaan menarik lainnya:

Darmadji, T., & Fakhruddin, H. M. (2011). Pasar Modal Di Indonesia (Edisi 3 ed.). Jakarta: Salemba Empat.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait