Ingin Melancong Asyik Ke Malaysia? Cek Dulu Kurs BII

kurs bii
kurs bii

Ajaib.co.id – Melancong sudah menjadi kebutuhan primer buat generasi Z dan milenial. Salah satu destinasi favorit adalah Malaysia. Karena dekat dengan Indonesia dan soal mata uang bisa memanfaatkan kurs BII.

Negeri Jiran merupakan destinasi melancong yang asyik dan seru. Pasalnya, negara ini memiliki transportasi yang memadai dan terintegrasi, biaya melancong (penginapan, makanan, dan transportasi) terjangkau, plus tak perlu ribet menukarkan uang.

Sebelum melancong ke Malaysia, kamu tak perlu menukarkan Rupiah ke Ringgit. Karena kamu bisa mengambil langsung di ATM setibanya di Malaysia melalui Bank Maybank atau dulu bernama Bank International Indonesia (BII). Hal yang lebih asyik lagi adalah kurs BII memiliki rate kompetitif dari money changer. Bahkan sering kali lebih rendah dibanding kios penukaran uang tersebut.

Kurs BII

Kurs BII mengacu pada kurs Bank Indonesia (BI) sebagai bank sentral. Saat ini kurs BII atau nilai tukar Rupiah ke Ringgit adalah Rp3,403,07, Rabu (04/03/2020). Sementara itu, nilai tukar Rupiah terhadap USD senilai Rp14,241,86.

Menurut Myrdal Gunarto, Ekonom Maybank Indonesia, kondisi Rupiah yang melemah terhadap Dolar Amerika Serikat karena terdapat kasus virus corona (covid-19) di Indonesia, CNBCIndonesia.com (27/02/2020). Menurutnya, virus tersebut membuat cadangan devisa terganggu, tetapi pasar SUN masih menawarkan yield menjanjikan. Sedangkan pasar obligasi dan saham sedang berada pada aksi ambil untung.

Mengani kurs BII, pihak bank selalu memperbarui infonya, baik website maupun bank. Dengan demikian nasabah dapat memantau nilai tukar Rupiah terhadap mata uang negara lain. Informasi nilai tukar mata uang menampilkan data Rupiah terhadap Dolar AS, Dolar Singapura, Ringgit Malaysia, Dolar Australia, Yen Jepang, Euro, Poundsterling, dan lainnya.

Tips Melancong Asyik ke Malaysia

Kembali lagi soal melancong ke Malaysia. Negeri Jiran satu ini menawarkan berbagai destinasi. Mulai dari destinasi bernuansa budaya, kota tua, alam, hingga kuliner Melayu dan peranakan.

Tak dipungkiri, keanekaragaman Malaysia yang dihuni oleh warga keturunan Melayu, Tiongkok, India, dan Eropa mampu merebut hati pelancong. Ditambah lagi, infrastruktur di negara tersebut sudah maju, segala macam makanan pun ada, dan kebudayaannya pun hampir mirip seperti Indonesia. Bahkan tak sedikit sudut kota yang didesain mengikuti zaman atau istilah saat ini lokasi yang Instagramable. Sehingga banyak tempat ikonik di Malaysia.

Alhasil tempat ikonik diserbu oleh pelancong. Terkadang kamu yang ingin berlibur dan menikmati keindahan sekeliling jadi terganggu karena kondisi yang ramai. Supaya kamu bisa mengecap liburan asyik nan rileks, coba tip di bawah ini.

Hindari Hari Sibuk

Hari sibuk berlaku untuk hari libur nasional (seperti Idul Fitri, Chinese New Year, Deepavali, dan lainnya) dan hari libur sekolah. Jika salah satu atau keduanya sedang berlangsung, dipastikan tempat ikonik akan ramai pelancong. Di sisi lain, nilai tukar Rupiah terhadap Ringgit pun mengalami kenaikan. Ada baiknya sebelum membeli tiket pesawat, cek kalender libur Malaysia.

Transportasi Publik

Transportasi publik di Malaysia itu nyaman, aman, terjangkau, dan terintegrasi. Sebut saja LRT, MRT, dan bus. Hal itu terlihat di stasiun KL Sentral. Pilihan lain, kamu bisa menggunakan jasa transportasi daring.

Misalnya setiba di KLIA atau KLIA2, kamu ingin ke pusat kota di Kuala Lumpur (KL). Pilihan transportasinya adalah KLIA Express (55 MYR), bus menuju KL Sentral (10 MYR), atau taksi daring.

Setelah satu atau dua hari berjalan-jalan di KL, kamu bisa melanjutkan perjalanan ke Malaka dengan bus (10-18 MYR). Meski menggunakan transportasi publik, kamu tetap bisa menikmati perjalanan, kok. Seperti melihat pemandangan sekitar hingga berinteraksi dengan warga lokal.

Memilih Penginapan

Agar liburan tetap asyik, pilih penginapan yang berada di lokasi asyik pula. Hal ini sangat subjektif, karena tergantung destinasimu. Hotel di pusat kota atau dekat pusat belanja dan transportasi publik adalah salah satunya.

Buat kamu yang ingin hemat, pilih hostel di area Chinatown atau Bukit Bintang. Namun kamu juga bisa memanfaatkan jaringan temanmu di platforms Couchsurfing untuk mendapatkan penginapan gratis.

Malaysia Tak hanya KL

Malaysia tak hanya KL. Banyak destinasi lain yang asyik, seperti Pulau Langkawi dengan suasana pantai Cenang dan pantai lainnya yang menenangkan, kota Taiping di Perak nan asri, Kuching yang terkenal dengan tepi laut menyenangkan, atau menyambangi Sandakan rainforest dekat Sepilok Orang Utan Sanctuary di Sabah.

Waktu Terbaik

Waktu terbaik mengunjungi Malaysia, tentu tergantung preferensi masing-masing pelancong. Secara umum, jika ingin bersantai di pantai di Malaysia Barat, waktu terbaiknya adalah November-Agustus.

Waktu terbaik snorkeling dan diving di Malaysia Timur antara April-September. Sedangkan untuk di pantai bagian timur adalah Maret-September. Karena kondisi udara bulan tersebut lebih kering dan cerah dibanding bulan setelahnya yang memasuki musim hujan.

Apabila berencana bulan madu, pilih Pulau Sipadan, Layang-layang, Mabul, atau Lankayang di bagian timur. Pilih keberangkatan Maret-Mei atau September. Karena cuaca cerah, tak begitu ramai, serta harga resor per malam lebih rendah.

Mempersiapkan Dana

Hal terpenting sebelum melancong adalah mempersiapkan dana. Dana berlibur bisa menggunakan uang tabungan atau pos liburan yang sudah dipersiapkan per bulan. Namun jika pos liburan hanya disimpan di tabungan reguler, hasilnya tidak signifikan.

Ada baiknya menyimpan pos berlibur di instrumen investasi. Pilih investasi yang bersifat likuid dan prosesnya mudah, salah satunya reksa dana. Di sini, kamu bisa memilih portofolio reksa dana pasar uang, pendapatan tetap, saham, dan campuran. Masing-masing memiliki risiko, imbal hasil, serta jangka waktu berbeda. Ikuti perkembangan reksa dana hanya di Ajaib.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait