Persyaratan dan Keterampilan yang Harus Dikuasai Frontliner

frontliner
frontliner

Ajaib.co.id – Jangan remehkan pekerjaan sebagai frontliner. Pasalnya seseorang yang bekerja sebagai frontliner merupakan garda terdepan di sebuah perusahaan. Sehingga ia harus menguasai beberapa keterampilan dan persyaratan khusus.

Apakah kamu sedang merintis karier sebagai frontliner di dunia perbankan? Atau kamu sedang mengikuti proses seleksi sebagai frontliner? Jika ya, ada beberapa poin yang harus diperhatikan.

Frontliner

Frontliner merupakan istilah untuk menggambarkan orang-orang yang bekerja di garis depan operasi bisnis. Dalam hal ini, mereka berperan memberikan pelayanan kepada pelanggan. Mereka adalah wakil atau representatif perusahaan, karena berinteraksi langsung dengan pelanggan. Kehadirannya diharapkan dapat membantu pelanggan yang mengalami kendala sekaligus meningkatkan pelayanan perusahaan.

Industri yang memiliki tim frontliner adalah perbankan. Kini, hampir semua bank memiliki frontliner. Kecuali kantor cabang pembantu (KCU). Setidaknya ada dua jenis posisi frontliner. Mereka adalah customer service dan teller. Kamu mendaftar posisi apa? Untuk jelasnya, cek posisi mana yang kamu inginkan tersebut.

Customer Service

Customer service adalah sebuah layanan pelanggan yang diberikan perusahaan untuk pelanggan atau nasabahnya. Yang menangani layanan tersebut disebut customer service representative.

Mereka akan melakukan kegiatan yang menunjang kegiatan perusahaan. Customer service pada perusahaan perbankan akan memberikan informasi yang dibutuhkan, membantu menyelesaikan masalah perbankan, dan/atau menerima keluhan nasabah. Dalam menghadapi nasabah, mereka harus menjaga sikap positif serta memberikan senyum dan sapa kepada nasabah. Meski nasabah sedang marah atau berbicara dengan intonasi tinggi.

Berikut ini syarat menjadi customer service representative:

  • Memiliki pengetahuan mengenai produk perbankan yang dimiliki perusahaan. Sehingga nasabah dapat memahami produk ketika customer service menyampaikan informasi tersebut.
  • Sigap dan cepat tanggap. Hal ini demi memberikan pelayanan dan solusi kepada nasabah. Seperti menangani keluhan, melayani pembukaan atau penutupan rekening, melayani penggantian kartu, memahami kebutuhan nasabah, dan masih banyak lagi.
  • Mengerjakan tugas yang diperintahkan oleh manajer atau atasan.
  • Sabar. Customer service harus memiliki emosi stabil, agar tidak mudah terpancing amarah.
  • Komunikatif. Mampu berkomunikasi dengan baik dan pandai bersosialisasi.
  • Dapat bekerjasama dengan tim lain.
  • Mampu beradaptasi jika dipindahkan ke tempat lain.
  • Berpenampilan menarik. Pada umumnya, perusahaan mensyaratkan bahwa frontliner harus memiliki tinggi (minimal 155-160 centimeter) dan berat badan proporsional.

Teller

Selain customer service, ada posisi teller. Teller merupakan karyawan bank yang bertugas menangani transaksi perbankan, seperti mencatat penyetoran dan penarikan uang. Setiap kantor perbankan pasti memiliki teller. Karena ia adalah orang pertama yang menjalankan proses transaksi di bank, sebelum transaksi dicek manajer dan atasan lain.

Setiap pekerjaan pasti memiliki risiko. Tak terkecuali teller. Untuk menjadi teller baik, ia harus memenuhi persyaratan berikut ini:

  • Detail dalam memeriksa arus kas serta teliti mencatat atau menghitung transaksi tunai maupun non tunai.
  • Bertanggung jawab terhadap perhitungan kas pada sistem.
  • Menguasai sistem komputer perusahaan.
  • Mengerjakan tugas yang diperintahkan oleh manajer atau atasan.
  • Emosi stabil atau tidak mudah terpancing emosi.
  • Komunikatif.
  • Sigap dan cepat tanggap.
  • Beradaptasi dengan cepat.
  • Berpenampilan rapi sesuai standar perusahaan.

Keterampilan yang Harus Dikuasai

Pada dasarnya, tugas customer service representative dan teller sama. Tugas mereka berorientasi pada nasabah dan perusahaan dalam waktu bersamaan. Hanya saja customer service lebih menekankan pada layanan yang bersifat administratif. Sedangkan teller melayani hal-hal berkaitan dengan transaksi perbankan.

Untuk menjadi customer service maupun teller andal, mereka harus menguasai keterampilan yang mendukung pekerjaan serta merintis karier ke jenjang lebih tinggi.

  • Melek teknologi. Di era serba digital ini, frontliner dituntut untuk melek teknologi khususnya teknologi yang digunakan oleh perusahaan. Pasalnya, saat ini tak sedikit bank yang menawarkan layanan digital kepada nasabahnya. Jika frontliner tak menguasai teknologi, bagaimana menyelesaikan masalah perbankan nasabah?
  • Mengetahui isu terkini. Selain menguasai product knowledge, frontliner harus mengetahui isu terkini yang menyangkut kebijakan pemerintah terhadap perbankan, isu keuangan, instrumen investasi, kejahatan siber, dan masih banyak lagi. Hal ini wajib dikuasai mengingat kebutuhan nasabah tak hanya menabung atau mentransfer uang saja.
  • Memiliki etika kerja. Bekerja di industri mana pun, kamu harus memiliki etika. Etika kerja ini menyangkut kemampuan menjaga kerahasiaan data perusahaan dan nasabah; menghargai semua rekan kerja, atasan, serta nasabah; jujur; disiplin; dan santun.
  • Profesionalisme. Selain menerapkan etika kerja, frontliner wajib menjunjung tinggi profesionalisme. Hal tersebut ditunjukkan dengan menjalankan SOP perusahaan, bekerja terbaik untuk kemajuan diri sendiri sekaligus perusahaan, bertanggung jawab terhadap tugas-tugas, cepat beradaptasi dalam perubahan bisnis, kompeten, serta berkomitmen memenuhi KPI kerja.
  • Profesionalisme harus ditunjukkan, meski saat itu kamu sedang dalam kondisi tidak bagus. Misalnya, saat bad mood atau sedih, kamu harus memberikan senyum dan sapa kepada nasabah. Bahkan ketika nasabah adalah temanmu yang menjengkelkan, bersikaplah profesional. Jangan libatkan perasaanmu di dalam pekerjaan.
  • Multitasking. Memang, setiap posisi memiliki tugas pekerjaan masing-masing. Namun tak ada salahnya melakukan dua hal yang hampir bersamaan atau multitasking. Seorang karyawan multitasking memiliki nilai plus di mata perusahaan. Hal tersebut berguna untuk memperoleh reward atau promosi jabatan. Misalnya, kamu adalah seorang teller yang menguasai akuntansi dan statistik, serta public speaking. Ketika perusahaan ulang tahun, panitia membutuhkan host (MC). tak ada salahnya kamu untuk menjadi MC.
  • Menyenangi dunia perbankan. Memahami isu terkini perbankan saja tidak cukup. Kamu yang tertarik menjadi frontliner wajib menyenangi dunia perbankan dengan segala ritme kerjanya.

Bekerja di bank tak sekadar memenuhi kualifikasi maupun agar dicap keren. Bekerja di industri perbankan yang dinamis membuat karyawan untuk melakukan pekerjaan dengan cepat dan akurat. Dan tak lupa, kamu harus mau menerima konsekuensi jika ada hal-hal tidak berjalan lancar.

Bacaan menarik lainnya:

Schein, E.H. (2010). Organizational Culture and Leadership. 4th Edition, San Francisco: John Wiley & Sons.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait