Saham

Ibu Kota Pindah, Saham WSBP Diprediksi Cerah

Ajaib.co.id – Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo telah mengumumkan pemindahan ibu kota negara, dari Jakarta ke Kalimantan Timur lebih tepatnya di wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara. Pernyataan Jokowi ini menjadi kabar baik buat sejumlah perusahaan properti, seperti PT Waskita Beton Precast dengan saham WSBP yang mereka miliki.

Emiten dengan kode WSBP ini langsung memulai membangun Plant Penajam yang berada di Penajam Paser Utara. Hingga saat ini, proses pembangunan sudah 70 persen dan ditargetkan selesai pada awal tahun 2020.

Lokasi Plant Penajam ini berjarak sekitar 15 km ke Pusat Pemerintahan Kabupaten Penajam dan sekitar 120 km ke Kabupaten Kutai Kartanegara.

“Melalui plant ini, perseroan ingin menyerap potensi pasar ke depan di wilayah tengah dan timur Indonesia, bahkan pasar regional di Asia Tenggara,” kata Direktur Utama Waskita Beton Precast Jarot Subana di Jakarta.

Plant seluas 11,6 hektare (ha) yang akan memiliki kapasitas produksi sebesar 250 ribu ton per tahun ini direncanakan memproduksi produk Box Girder, PCI Girder, dan Post-tension. Nantinya, dengan fasilitas penunjang yang sudah ada berupa area produksi, area workshop dan area pengolah limbah, perusahaan berencana untuk melakukan ekspansi dengan memiliki dermaga sendiri.

Strategi ini dilakukan untuk mempermudah akses pengiriman produk-produk precast langsung dari plant ke pulau-pulau lainnya, karena memiliki lokasi yang strategis dekat dengan Teluk Balikpapan.

Sementara itu, tahun ini, Waskita Precast mengalokasikan belanja modal (capital expenditure/capex) sebesar Rp900 miliar. Perseroan juga membutuhkan modal kerja yang diproyeksikan sekitar Rp6-7 triliun sepanjang 2019. Alokasi tersebut demi mengejar target pendapatan tahun ini yang mencapai Rp 10triliun.

Prospek Saham Cerah

Dengan adanya pemindahan ibu kota negara, analis Binaartha Nafan Aji menyebut harga saham WSBP diprediksi cerah, meski saham mereka pada 29 Agustus berada di angka Rp338 per lembarnya.

“Ibu Kota baru sendiri butuh banyak pembangunan. Kota-kota di sekitarnya juga berpotensi memiliki infrastruktur yang lebih progresif, semisal Samarinda, yang diharapkan memberikan sentimen positif bagi Waskita Beton Precast,” katanya.

Secara teknikal, dia memproyeksikan harga saham WSBP menuju Rp498, lalu menuju Rp560 dalam jangka panjang. “WSBP berpotensi kembali ke level tersebut, tinggal tunggu arah trennya. Pembentukan tren menunggu timing yang tepat,” paparnya.

Selain itu, kinerja perseroan tak hanya terpengaruh oleh pemindahan Ibu Kota, tapi juga berbagai strategi yang mampu menunjang kinerja perusahaan. Terlebih, perseroan berencana menggalang dana sebesar Rp2,2 triliun pada kuartal keempat di tahun 2019.

Dana tersebut akan bersumber dari penerbitan obligasi Rp1,5 triliun melalui penawaran umum berkelanjutan (PUB) I tahap II dan pelepasan saham simpanan (treasury stock) minimal senilai Rp700 miliar.

Saham WSBP Bagikan Deviden di 2020

Berdasarkan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan, PT Waskita Beton Precast Tbk (saham WSBP) mendapat restu untuk membagikan dividen tunai kepada seluruh pemegang sahamnya. Di mana, total dividen yang akan dibagikan mencapai 25% dari pendapatan usaha atau laba bersih di tahun 2019 atau setara Rp201,52 miliar. Di mana, selama tahun 2019, perusahaan ini berhasil mengantongi laba bersih hingga Rp 806,15 miliar. 

Berdasarkan data yang dikutip dari Kontan.co.id, selain dialokasikan untuk pembagian dividen, 5% lainnya atau senilai Rp 40,31 miliar akan digunakan sebagai laba yang sudah ditentukan penggunaannya. Sementara 70% sisanya atau sebesar Rp 564,32 miliar sebagai laba ditahan.

Berdasar pengumuman Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI), saham ini akan membagikan dividen tunai dengan jadwal pelaksanaan berikut ini: 

a. Tanggal Cum Dividen di Pasar Reguler & Pasar Negosiasi : 20 Mei 2020

b. Tanggal Ex Dividen di Pasar Regular & Pasar Negosiasi : 26 Mei 2020

c. Tanggal Cum Dividen di Pasar Tunai : 27 Mei 2020

d. Tanggal Ex Dividen di Pasar Tunai : 28 Mei 2020

e. Tanggal Pencatatan (Recording Date) : 27 Mei 2020

f. Tanggal Pembayaran Dividen Tunai : 12 Juni 2020

g. Tanggal Penyerahan bukti rekam SKD/DGT : 2 Juni 2020

Apakah kamu termasuk salah satu pemegang saham PT Waskita Beton Precast? Jika iya, pasti ini menjadi salah satu kabar baik buat kamu. Nah, ini jugalah yang menjadi salah satu keuntungan berinvestasi saham.

Namun, perlu diketahui, bermain saham perlu pengetahuan yang luas, mulai dari analisis hingga mengetahui kinerja perusahaan. Jika kamu termasuk orang yang kurang memahami masalah ini, kamu bisa memilih jenis investasi lain seperti reksa dana.

Dengan reksa dana, kamu tidak perlu mengetahui dan mempelajari analisis kinerja perusahaan secara mendalam. Kamu hanya perlu memilih manajer investasi yang kamu percaya, kemudian simpan uang atau dana kamu didalamnya. Setelah itu, manajer investasilah yang akan membantu kamu mengelola dana tersebut ke beberapa instrumen investasi sesuai dengan kebutuhan dan tujuan keuangan kamu.

Ajaib merupakan salah satu platform reksa dana online yang dapat membantu kamu memulai investasi kapan dan di mana saja secara online. Ajaib juga telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan, sehingga kamu tidak perlu khawatir mengenai masalah keamanan dana investasi.

Artikel Terkait