Saham

Perhatikan Hal Ini Sebelum Tahu Jadwal Pembagian Dividen

Jadwal Pembagian Dividen

Ajaib.co.id – Salah satu keuntungan dari berinvestasi saham adalah pembagian dividen yang diterima oleh setiap investor. Dividen sendiri akan dibagikan oleh perusahaan penerbit saham sesuai dengan jadwal pembagian dividen yang telah ditetapkan.

Nah, bagi kamu yang ingin mencoba atau sudah mulai berinvestasi, istilah dividen merupakan hal yang penting untuk dipahami.

Hal ini karena dividen merupakan salah satu keuntungan yang dihasilkan oleh investasi saham selain capital gain. Selain itu, pembagian dividen juga dapat mengacu semangat kamu sebagai investor untuk menerapkan strategi-strategi jitu dalam berinvestasi saham pastinya.

Nah, sebelum masuk ke pembahasan kapan jadwal pembagian dividen berlangsung, ada baiknya kamu perhatikan beberapa hal mengenai pembagian dividen yang dilakukan perusahaan penerbit saham.

Pengertian Dividen

Dividen merupakan pembagian dari laba suatu perusahaan kepada setiap pemegang saham dengan besaran atau jumlah sesuai saham yang dimiliki.

Walaupun pembagian dividen kepada para investor dapat mengurangi laba dari keseluruhan kas perusahaan, namun pembagian laba kepada setiap investor atau pemegang saham adalah bagian dari suatu bisnis yaitu investasi saham.

Hal ini berarti sudah ada dalam setiap agenda perusahaan yang menerbitkan saham melalui Bursa Efek Indonesia. Akan tetapi, pembagian dividen ini tergantung dari perusahaan itu sendiri. Biasanya diputuskan melalui Rapat Umum Pemegang Saham atau RUPS.

Mengingat, beberapa perusahaan masih membutuhkan banyak modal untuk keberlangsungan bisnis. Jadi, pembagian dividen bisa saja ditiadakan dalam satu tahun.

Jenis-Jenis Dividen

Kamu mungkin bertanya-tanya dengan bentuk pemberian laba atau dividen yang dibagikan kepada para investor oleh perusahaan penerbit. Hal ini masuk ke dalam jenis-jenis dividen yang dibagi berdasarkan bentuk pemberiannya.

Berikut penjelasan mengenai jenis-jenis dividen:

Dividen Tunai

Dividen Tunai merupakan jenis dividen yang paling umum dibagikan oleh perusahaan penerbit saham. Seperti namanya, dividen tunai berbentuk uang yang akan ditransfer melalui RDN.

Setiap dividen tunai yang dibagikan ke para investor akan dikenakan pajak sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Dividen Saham

Jenis dividen yang satu ini merupakan dividen yang berbentuk saham tambahan. Dividen saham yang akan diberikan, jumlahnya disesuaikan dengan proporsi saham yang dimiliki oleh setiap investor.

Misalnya saja, seorang investor memiliki 100 lot saham, lalu dividen dalam bentuk saham yang dibagikan jumlahnya sebesar 5 lot saham dan akan ditambahkan jumlahnya dengan saham yang sudah dimiliki.

Akan tetapi, proses penambahan saham ini biasanya nilainya akan dikurangi dengan saham yang sudah dimiliki untuk menghindari kapitalisasi pasar saham perusahaan dengan kepemilikan saham si pemegang saham.

Dividen Properti

Jenis dividen ini cukup jarang dilakukan oleh perusahaan karena pembagian dividen dalam bentuk aset. Perhitungan pembagian dividen aset juga cukup rumit sehingga jarang sekali untuk diterapkan. Biasanya pada perusahaan yang kas tunainya sudah ditanamkan ke dalam bentuk aset.

Dividen Skrip

Dividen ini merupakan jenis pembagian dividen dalam bentuk surat utang. Jika perusahaan tidak dapat membayarkan dividen, maka dividen skrip bisa menjadi solusi. Di mana, saat jatuh tempo yang ditentukan oleh perusahaan penerbit saham, pembayaran harus dilakukan.

Dividen skrip yang bersifat surat utang, biasanya akan disertai bunga. Ketika perusahaan akan membayarkan dividen, maka pembayaran akan ditambahkan dengan bunga.

Dividen Likuidasi

Jenis dividen ini merupakan pembagian dividen ketika menjelang likuidasi atau perusahaan penerbit saham akan mengalami kebangkrutan.

Akan tetapi, pembagian ini dilakukan apabila perusahaan penerbit saham masih memiliki sisa aset atau harta yang masih dapat dibagikan.

Kapan Jadwal Pembagian Dividen Dilakukan oleh Perusahaan?

Nah, setelah kamu memahami pengertian dividen dan jenis dividen yang dibagikan oleh perusahaan penerbit saham, selanjutnya kamu bisa mengetahui kapan waktu atau jadwal pembagian dividen dilakukan oleh suatu perusahaan penerbit saham.

Pembagian ini biasanya dilakukan oleh perusahaan setiap satu tahun sekali bahkan lebih, tergantung kebijakan masing-masing perusahaan.

Ketika perusahaan penerbit saham akan menentukan jadwal pembagian dividen, biasanya perusahaan akan mengumumkannya secara jelas dengan beberapa hal seperti:

·        Tanggal pengumuman atau declaration date yang merupakan tanggal diumumkannya pembagian dividen secara resmi oleh emiten terkait meliputi tanggal pencatatan, pembayaran, dan jumlah atau besaran dividen yang akan dibagikan.

·        Tanggal pencatatan atau date of record yang merupakan tanggal pencatatan pemegang saham yang akan menerima pembagian dividen.

·        Tanggal cum-dividend merupakan tanggal terakhir aktivitas jual beli saham dilakukan.

·        Tanggal ex-dividend merupakan tanggal setelah hak perhitungan pada pembagian dividen dilakukan.

·        Tanggal pembayaran atau payment date yang merupakan tanggal pembayaran dividen bagi para investor.

Prosedur Jadwal Pembagian Dividen

Di samping pengumuman yang akan disampaikan oleh perusahaan saat jadwal pembagian dividen tiba, tentunya akan ada prosedur yang ditetapkan dalam pembagian dividen tersebut. Prosedur yang dimaksud adalah sebagai berikut:

·        Menentukan beberapa pemegang saham yang akan menerima pembagian dividen.

·        Menentukan media untuk distribusi dividen meliputi KSEI dan broker tempat investor berinvestasi.

·        Menentukan waktu atau jadwal pembagian dividen ke rekening-rekening para investor.

Menghitung Jumlah Pembagian Dividen yang Diterima

Pada dasarnya, setiap pemegang saham akan mendapatkan dividen dengan besaran tertentu melalui Rapat Umum Pemegang Saham tahunan. Hal ini berarti kamu sebagai investor hanya menerima laporan pembagian dividen secara keseluruhan alias tinggal tahu beres saja.

Akan tetapi, jika kamu ingin tahu berapa besaran yang akan diterima, kamu bisa menghitungnya sendiri.

Penghitungan secara mandiri ini bisa dilakukan dengan mengacu pada beberapa hal yaitu laporan dari keuntungan bersih perusahaan, rasio pada pembayaran dividen dan jumlah saham perusahaan yang ada di pasar modal.

Caranya cukup mudah dengan menggunakan rumus berikut ini:

·        Jumlah total dividen yang akan dibagikan = laba bersih x % rasio pembayaran dividen

·        Besaran atau jumlah dividen per saham = total nominal dividen : jumlah saham perusahaan yang ada di pasar modal

Dengan begitu, kamu akan mengetahui berapa total dividen yang akan dibagikan sebelum jadwal pembagian dividen sebenarnya diumumkan.

Pembagian dividen yang dilakukan oleh perusahaan sesuai dengan jadwal pembagian dividen merupakan salah satu keuntungan dalam investasi saham di pasar modal. Oleh karena itu, kamu juga bisa mendapatkan keuntungan ini saat berinvestasi saham.

Tentunya dengan memilih saham perusahaan yang memiliki bisnis dengan prospek baik di masa sekarang dan masa mendatang.

Hal ini juga didukung akan kemudahan dalam berinvestasi saham yaitu dengan menggunakan aplikasi Ajaib. Ajaib merupakan media investasi online yang dapat kamu akses melalui smartphone untuk memudahkan proses investasi saham.

Melalui fitur Ajaib Saham, kamu dapat menemukan informasi secara lengkap yang berhubungan dengan investasi saham.

Mulai dari pembuatan rekening saham yang dapat dibuat secara online melalui aplikasi Ajaib, melihat pergerakan saham-saham perusahaan, dan masih banyak lainnya.

Oleh karena itu, kamu bisa mulai berinvestasi saham dengan menggunakan bantuan aplikasi Ajaib di mana saja dan kapan saja. Dengan berinvestasi saham, kamu bisa mengelola perencanaan keuangan untuk kebutuhan di masa mendatang secara tepat.

Kamu bisa memilih saham-saham perusahaan yang memiliki portofolio bagus pada pergerakan harga sahamnya untuk mendapatkan keuntungan. Jadi tunggu apalagi, segera download aplikasi Ajaib di smartphone kamu dan temukan kemudahan dalam berinvestasi sekarang.

Artikel Terkait