Dunia Kerja

Harus Tahu, 5 Kriteria Pemimpin yang Baik dan Layak Dipilih

kriteria pemimpin

Ajaib.co.id – Sistem demokarasi yang banyak dianut di banyak sektor kini memungkinkan kita memilih sendiri pemimpin yang diinginkan. Masalahnya, kerapkali kita dibuat bingung menentukan kriteria pemimpin yang baik dan layak dipilih. Bukan hanya sekedar mampu kerja keras namun ada banyak hal yang bisa jadi syarat sikap seorang pemimpin berkualitas.

Dalam sebuah kerja tim, partisipasi semua orang sama pentingnya untuk menentukan kesuksesan. Namun, gaya kepemimpinan yang ada di kelompok tersebut juga merupakan faktor yang sangat penting. Pasalnya, pemimpin dengan tanggung jawabnya yang kemudian memberikan arah yang tepat serta memiliki kemampuan untuk membangun komunikasi yang baik antar tim.

Untuk menjadi pemimpin yang baik memang tidak mudah. Bukan hanya sekedar soal kemampuan teknis namun juga pemimpin harus memiliki ketegasan untuk mengambil keputusan. Khususnya ketika hadir konflik dan tantangan yang menuntut pemimpin memberikan solusi terbaik untuk timnya.

Karena itu, ketika kamu diharuskan memilih pemimpin maka wajib benar-benar meneliti kualitas diri orang yang kamu calonkan. Sebaliknya, ketika kamu mendapatkan kesempatan menjadi leader maka jadilah pemimpin yang terbaik. Namun bagaimana caranya? Mungkin 5 kriteria berikut ini bisa menjadi jawabannya.

5 Kriteria yang Dimiliki Pemimpin yang Baik, Kamu Punya Salah Satunya?

Tidak semua orang ingin menjadi pemimpin meskipun akan selalu akan ada waktunya saat itu tiba. Sebaliknya, ada pula orang yang senang menjadi pemimpin meskipun faktanya tidak memiliki kemampuan yang baik. Menjadi pemimpin memang membutuhkan sejumlah sifat dan sikap yang dimiliki.

Namun demikian tidak semua orang memiliki kriteria sebagai pemimpin yang layak. Nah, jika kamu memiliki kesempatan untuk memilih seorang pemimpin maka kamu perlu mengetahui beberapa kriteria pemimpin dengan kemampuan leadership yang baik.

Seorang pemimpin yang baik, tak hanya berorientasi pada hasil kerja saja, namun juga memiliki rasa empati dan mampu memperlakukan karyawan atau bawahannya dengan baik pula. Seorang pemimpin akan tahu pentingnya memiliki hubungan yang baik dengan semua pekerjanya, dari sektor apapun.

Pemimpin juga wajib mampu mendengarkan kritik dan saran dari orang lain dan mengambil tindakan yang tepat. Dengan menjadi seorang ketua tim yang baik secara tidak langsung akan terbangun motivasi kerja yang sebanding dengan pencapaian hasil yang maksimal.

Lalu, bagaimana menentukan kriteria pemimpin yang baik? Simak beberapa kriteria yang menunjukkan cara memilih pemimpin, antara lain :

1. Self Managing

Self managing atau mampu mengatur diri sendiri adalah hal paling penting sebagai kriteria pemimpin yang baik. Jika seseorang mampu untuk mengatur diri sendiri, maka bukan tidak mungkin ia juga mampu untuk mengatur orang lain.

Dalam self managing, hal yang perlu diperhatikan adalah cara mengelola diri sendiri dengan efektif dalam memprioritaskan tujuan-tujuan yang ingin di capai serta bertanggung jawab untuk mencapai tujuan tersebut.

Seorang pemimpin yang berkualita dan efektif dalam perusahaan, harus mampu mengatur waktu, perhatian (fokus) dan emosi. Selain itu, pemimpin juga harus menyadari kelemahan, kekuatan dan potensi yang dimiliki.

Seorang leader yang baik juga harus terampil dalam menangani stres dan juga menyeimbangkan kehidupan pribadi dan profesional. Selain itu, perilaku disiplin dan dikap fleksibel sangat dibutuhkan oleh seorang pemimpin.

2. Acting Strategically

Bertindak strategis adalah salah satu hal yang harus dimiliki oleh pemimpin yang baik. Dengan pikiran maju dan terbuka seorang pemimpin harus mamiliki pemikiran yang srategis dalam memutuskan sesuatu.

Para pemimpin harus siap dalam menyesuaikan strategi menangkap peluang yang ada untuk mengatasi tantangan yang tidak terduga. Dengan berpikir strategis, maka akan muncul bentuk pendekatan dan ide-ide baru untuk masa depan perusahaan.

3. Effective Communicator

Pemimpin yang baik harus bisa menjadi komunikator yang baik pula. Pemimpin yang sikapnya terbukti harus tahu kapan harus berbicara dan kapan harus mendengarkan. Seorang komunikator yang baik harus mampu menjelaskan dengan ringkas kepada anggotanya mengenai segala hal termasuk tujuan perusahaan hingga tugas penting.

Jika seseorang atau anggota tidak mengerti apa yang sudah dijelaskan, maka artinya seorang pemimpin gagal menjadi seorang komunikator yang efektif. Seorang pemimpin juga harus mempu berkomunikasi dengan semua tingkatan termasul staff, mitra kerja dan pemilik perusahaan.

4. Accountable and Responsible

Pemimpin yang baik juga harus bersikap ankuntabel dan bertanggung jawab dimana ia akan mengetahui bagaimana cara untuk menggunakan kekuasaan dan wewenang secara tepat. Pemimpin yang baik akan bertanggung jawab atas kesalahan sendiri sekaligus menunjukkan kepada anggotanya untuk melakukan hal yang sama.

Selain itu, sikap mampu mengerjakan pekerjaan berdasarkan SOP (Standar Operating Procedure) adalah salah satu ciri pemimpin yang baik dan produktif. Dimana pemimpin akan menghargai pentingnya mendukung dan mendorong potensi tiap individu untuk mengikuti aturan dan kebijakan yang berlaku.

5. Setting Clear Goals

Menentukan arah tujuan perusahaan secara jelas juga termasuk ciri pemimpin yang baik. Dengan menentukan target yang ingin dicapai kepada anggota dan konsisten dalam mencapai target akan memudahkan perusahaan untuk sampai ke tujuan akhir dengan sempurna.

Bahkan, seorang pemimpin bisa dikatakan sukses jika ia mempu mengatasi masalah kebimbangan dan keraguan dengan keyakinan diri yang tidak tergoyahkan ketika mengalami kemerosotan produktivitas kerja atau masalah perusahaan.

5 Pemimpin Bisnis Terbaik di Dunia, Unggul dan Kompetitif

Menjadi pemimpin yang baik bukan hal yang gampang. Apalagi dalam dunai bisnis dengan berbagai tantangannya. Namun ada sejumlah orang yang sudah berhasil membuktikan kemampuannya leadershipnya. Bukan hanya sukses mendatangkan keuntungan bagi perusahaannya namun juga dicintai oleh timnya.

Berikut ini adalah 5 CEO di perusahaan terkemuka dunia yang terbukti sudah memiliki leadership berkualitas sekaligus pebisnis ulung. Siapa saja? Simak daftarnya yang dilansir dari pemberitaan Forbes pada 2019 lalu.

  1. Ben van Beurden (Royal Dutch Shell)
  2. Carsten Spohr (Deutsche)
  3. Chris Nasseta (Hilton Worldwide)
  4. David Holl (Mary Kay)
  5. Emmanuel Faber (Danone)

Penyusunan ranking ini dilakukan oleh The Reputation Institute (RI) yang merupakan perusahaan penyedia jasa pengukuran dan manajemen reputasi CEO. Dua tahun berturut-turut, yakni 2018 dan 2019, RI menerbitkan Global CEO RepTrak. Ini merupakan penerbitan studi tentang reputasi CEO dunia.

Ranking ini didapatkan dengan meningkatkan dua poin rata-rata dalam reputasi CEO dunia. Penilaian tersebut dilakukan berdasarkan tanggung jawab sosial, karyawan, dan lingkungan. Paling tidak berkisar 32 persen dari bobot reputasi CEO mana pun.

Untuk menetapkan daftar peringkat ini, RI menyurvei lebih dari 230.000 orang di 14 negara. Survei berlangsung selama Januari hingga Februari 2019. Sebanyak 140 CEO, dianggap sebagai perusahaan pemimpin yang akrab. Setidaknya, 50 persen dari populasi umum.

Hasilnya, sejumlah CEO tersebut memiliki berbagai kriteria pemimpin yang unggul sehingga layak diganjar penghargaan tersebut. Kamu juga bisa lho menjadi pemimpin berkualitas dengan meneladani sejumlah nama besar ini. Yuk jangan sampai kalah.

Artikel Terkait