Ajaib.co.id – Mungkin kamu juga sudah tahu, Indonesia diprediksi akan menjadi pasar e-commerce terbesar di Asia. Pendapatan dari bisnis online akan mencapai USD14,47 miliar pada tahun 2021, artinya setara dengan 20% pendapatan negara. Maka wajar jika bisnis online dianggap menjadi ladang subur untuk memanen uang yang paling strategis untuk dijajaki.
Tahukah kamu, dari sekian banyak skema berbisnis online, dropship adalah salah satu yang cukup potensial? Hal itu dikarenakan skema bisnis dropshipping tergolong minim risiko dan juga minim modal.
Siapa pun bisa memulai bisnis dropship dan menjadi Dropshipper, selama kamu familiar dengan e-commerce, peka terhadap tren minat pasar, dan giat mempromosikan bisnis.
Bagaimana, tertarik bisnis dropship? Jika ya, yuk ikuti artikel ini karena Ajaib akan mengungkap rahasia sukses para dropshipper, mengulas cara menjadi dropshipper tanpa modal, dan serba-serbi strategi membangun bisnis dropship yang sukses.
Rahasia Sukses Para Dropshipper
Dropship adalah sebuah model bisnis di mana seseorang menjual produk hasil buatan pihak lain tanpa perlu menyetok ataupun mengirimkannya secara manual, karena produsen yang membuat produk nanti akan mengirimkan produknya ke konsumen.
Ini adalah sebuah bisnis yang lebih berfokus pada untuk mempromosikan atau marketing dan ordering, dibanding produksi. Orang yang menjalankan bisnis dropship inilah yang lalu disebut Dropshipper.
Sebagai seorang Dropshipper, pastinya kamu bertugas mengembangkan bisnis dropship milikmu. Jika kamu sudah merasa memahami cara kerja dropship seperti keuntungan, tantangan dalam menjalankannya, serta jenis produk apa saja yang bisa dropship, lalu serius bertekad untuk menjadi sukses, kamu perlu mengenal 7 strategi kunci yang menjadi rahasia sukses para dropshipper.
7 rahasia sukses para Dropshipper tersebut sebenarnya cenderung berfokus pada marketing dan customer service. Keduanya tak jadi masalah, dan malah bisa jadi sangat menyenangkan, jika kamu tipe karakter yang kreatif dan senang berinteraksi dengan orang lain.
Tapi akan lebih baik jika kreativitas itu kemudian dipadukan dalam eksekusi yang lebih terarah, berbasiskan data dan kinerja yang efektif, efisien, serta profitable. Berikut ini adalah 7 rahasia sukses para Dropshipper:
1. Pilih jenis produk yang tepat
Penentuan memilih produk yang tepat akan mengundang minat konsumen yang besar dari berbagai lapisan bagi bisnis kamu. Sedikit panduan yang akan membantu kamu menentukan pilihan produk untuk bisnis dropship, adalah:
● Pilih yang punya satu niche (ceruk). Terlampau banyak jenis produk dengan niche beragam malah akan membuat bisnis dropship kamu tidakfokus, sehingga reputasi toko kamu juga takkan sepopuler toko dropship yang punya 1 niche.
● Pilih yang tahan lama (durable) dan ringan karena bisa mengurangi risiko kerugian akibat rusak selama proses pengiriman barang. Hindari produk yang berat, besar, gampang rusak atau pecah karena sulit dikirim, mahal, dan berisiko gagal karena rusak.
● Utamakan untuk produk yang dijual memiliki permintaan tertinggi dalam jangka waktu yang lama.
● Prioritaskan menjual produk yang sedang tren di market guna menarik customer baru. Namun, harus tetap diseimbangkan dengan kategori lainnya supaya terhindar dari risiko kerugian.
● Hindari produk yang menjadi andalan kompetitor besar dan punya basis pelanggan setia.
2. Gandeng supplier produk yang satu visi
Ini bagaikan batu pijakan pertama agar bisnis dropship kamu lancar. Namun, memang sangatlah sulit untuk menentukan dan memilih supplier yang tepat. Karena, tak ada ukuran pasti dalam bisnis dan lebih sering mengandalkan keputusan pada insting, serta kekuatan chemistry dengan partner bisnis.
Jangan sepelekan hubungan kamu dengan supplier, buatlah hubungan yang dekat dan personal.
Supplier sama pentingnya dengan konsumen. Tanpa supplier, bisnis dropship tentu saja takkan dapat berjalan karena tak akan ada produk yang sampai ke konsumen.
Membangun hubungan baik dengan supplier di masa awal perjalanan bisnis merupakan strategi yang dalam buku Delivering Happiness disebutkan mengantarkan Zappos menjadi e-commerce sepatu pertama yang punya koleksi terlengkap dengan harga kompetitif, dan ketika diperkuat dengan customer service yang handal, Zappos akhirnya bergabung dengan Amazon. Keren ya!
Pertimbangkan sistem komisi bagi supplier kamu, karena dengan begitu, supplier merasa punya peran dalam kesuksesan bisnis, dan terpacu agar terus meningkatkan kualitas produk dan pelayanan dalam hal informasi stok barang dan respon cepat, terutama dalam proses retur atau pengembalian barang.
Jika selalu saja mengandalkan keuntungan yang diambil dari selisih harga produk dari supplier dan harga jual dropshipper, maka kamu akan mati-matian bersaing banting harga di pasaran, sehingga tak akan menghasilkan banyak keuntungan.
3. Tambahkan nilai jual yang unik
Percayalah bahwa membanting harga tak selamanya membuat bisnis kamu sukses. Prinsip lama jual dengan harga termurah untuk mendapatkan banyak pelanggan datang memang terlanjur terpatri di ingatan pebisnis dan konsumen, sehingga harga dipercaya menjadi aspek pertama yang dilihat konsumen.
Calon konsumen dianggap selalu mencari harga terendah, hingga akhirnya mengakibatkan pebisnis bersaing banting harga. Strategi bisnis ini hanya akan menyulitkan perkembangan bisnis.
4. Perhatikan branding bisnis
Branding tak bisa dilepaskan dari bisnis. Karena branding menjadikan sebuah bisnis diingat oleh banyak orang, menarik pelanggan dan menjadikan dirinya menonjol dari kompetitornya.
Kamu bisa mengukur kekuatan branding dalam 3 kategori:
● Top of Mind ━ brand langsung dikenal di kategorinya.
● Unaided Awareness ━ brand dikenal setelah dipancing dengan sebutan brand kompetitornya.
● Aided Awareness ━ brand harus diperkenalkan oleh orang kepada konsumen.
5. Website
Apakah berlebihan kalau bisnis dropship punya website? Website adalah kunci sukses bisnis online.
Di website toko dropship, semua informasi penting soal bisnis, detil produk, konten promosi, dan foto produk bisa terlihat lengkap, sehingga bisa memaksimalkan brand awareness bisnis. Tapi syaratnya, tampilan visual dan gaya tutur pesan pada website harus relevan, unik, dan tidak boleh generik.
6. Otomatisasi penawaran produk
Semua orang mau berbelanja dengan cepat dan mudah. Karenanya, kamu perlu menerapkan sistem otomatis dalam berbelanja. Apa pun yang bisa diotomatisasi, langsung diotomatisasi.
Seperti perhitungan harga, ongkos kirim, notifikasi email atau newsletter, detail pembelian barang, hingga pengingat untuk melakukan pembayaran. Kamu tinggal install plugin untuk toko online, maka hal-hal penting berjalan lebih mudah.
7. Strategi Limited Edition untuk mendorong penjualannya
Guna mengundang orang untuk berbelanja, promosi adalah cara tersakti. Pengunjung bisa saja memborong produk ketika melihat promosi menarik, meskipun tidak membutuhkannya.
Tanpa promosi, 81% orang hanya akan window shopping pada website kamu, tanpa adanya promosi.
Jangan takut sukses ya, jika sudah mempraktikkan tujuh rahasia sukses para Dropshipper ini. Kembangkan terus bisnis dropship kamu, sekaligus portofolio investasi demi kebebasan finansial masa depan, dengan investasi yang berintegritas, fleksibel dan menguntungkan seperti reksa dana di Ajaib.
Aplikasi Ajaib merupakan aplikasi investasi yang mudah, terdapat menu pilihan paket investasi variatif, minimum modal hanya Rp10.000 dan menyandang status kelulusan dari program pembinaan inkubator startup terkemuka Y Combinator di Silicon Valley, serta diawasi penuh oleh Otorita Jasa Keuangan.