Analisa Saham

Fundamental Baik & PBV Rendah, Saham WOWS Layak Koleksi?

Ajaib.co.id – PT Ginting Jaya Energi Tbk didirikan pada Tanggal 7 Maret 2011. Perusahaan ini bergerak pada sektor pertambangan dengan kegiatan utama meliputi jasa penunjang pada kegiatan operasional kerja ulang sumur serta perawatan sumur minyak dan gas.

PT Ginting Jaya Energi Tbk merupakan spesialis pengerjaan sumur migas dengan cara WO atau Work Over dan WS atau Work Service. Dengan sistem kerja ini, pendapatan perusahaan tidak terpengaruh oleh fluktuasi harga minyak dan gas dunia.

Hal ini dikarenakan perusahaan mendapatkan keuntungan dari kontrak kerja sama dengan mitra. Perusahaan ini menargetkan kontrak baru dari PT Pertamina dan memenangkan beberapa blok migas besar yang akan habis masa kontraknya.

PT Ginting Jaya Energi Tbk mulai melantai di bursa saham sejak tanggal 8 November 2019 dengan kode emiten WOWS. Harga saham WOWS saat IPO adalah sebesar 460 rupiah dan terus menurun sampai menyentuh angka Rp50 selama akhir Maret 2020 sampai pertengahan Juli 2020. Saat ini harga saham WOWS di kisaran Rp50 sampai Rp60 per lembarnya.

Ginting Jaya Energi (WOWS) Incar Proyek di Blok Rokan

Dikutip dari Bisnis.com, PT Ginting Jaya Energi Tbk (WOWS) optimistis dapat mempertahankan kinerja pada tahun 2021. Perusahaan ini mengincar tender kontrak baru dalam perawatan sumur tua di Blok Rokan. Potensi pemeliharaan dan perawatan di Blok Rokan ini sangat tinggi karena terdapat ribuan sumur tua di blok ini.

Selama ini, WOWS merupakan mitra PT Pertamina EP dalam pemeliharaan sumur dengan sistem work over dan well services atau disebut operasi Wows. Diharapkan ekspansi ke Blok Rokan dapat membantu mempertahankan kinerja perusahaan yang sempat menurun akibat adanya pandemi Covid-19.

Kinerja keuangan WOWS memang cukup memuaskan walaupun terdampak pandemi Covid-19. Hal ini dibuktikan dengan kemampuan perusahaan yang dapat meraup laba bersih sebesar Rp6,08 miliar pada semester pertama Tahun 2020. Prestasi ini juga didukung oleh usaha perusahaan untuk melakukan efisiensi di hampir semua lini.

Kinerja Keuangan WOWS Beberapa Tahun Terakhir

Kinerja keuangan PT Ginting Jaya Energi Tbk (WOWS) pada Tahun 2020 masih positif dalam beberapa tahun terakhir. Meskipun terjadi penurunan di beberapa triwulan, namun perusahaan ini berhasil membukukan laba bersih setiap tahunnya.

Laba bersih WOWS sempat mencapai Rp5.099 dalam triwulan pertama Tahun 2020. Namun menurun sampai angka di bawah seribu pada triwulan berikutnya. Untuk laba bersih perusahaan pada Tahun 20017, 2018, dan 2019 dapat dilihat dalam tabel berikut ini.

Dari data tersebut, terlihat pendapatan kotor WOWS terus meningkat dari tahun ke tahun. Namun laba kotor menurun pada Tahun 2019. Hal ini berimbas langsung terhadap jumlah laba bersih yang berhasil diraup perusahaan. Pada Tahun 2019 terjadi penurunan laba bersih sebesar 36% dari tahun sebelumnya.

Perusahaan segera mengambil tindakan untuk menahan penurunan laba bersih ini. Apalagi secara pendapatan kotor sebenarnya terjadi peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya.

Maka perusahaan melakukan evaluasi biaya dari lini mana saja yang dapat ditekan. Akhirnya efisiensi pun dilakukan pada hampir semua lini yang dimiliki perusahaan.

Jika dilihat dari rasio keuangan perusahaan, kondisi bisnis WOWS tergolong baik. Semua indikator keuangan menunjukkan angka positif. Berikut data rasio keuangan PT Ginting Jaya Energi Tbk (WOWS).

Apakah Saham WOWS Layak Dikoleksi?

Prospek bisnis PT Ginting Jaya Energi Tbk (WOWS) masih cukup cerah ke depannya. Apalagi perusahaan ini optimis untuk dapat memenangkan tender-tender kontrak Pertamina yang dibuka secara serentak pada Tahun 2021 ini. WOWS menargetkan dapat kontrak baru senilai Rp250 miliar sepanjang tahun ini.

PT Ginting Jaya Energi Tbk (WOWS) mendukung target lifting minyak yang ditargetkan oleh pemerintah melalui perawatan sumur maupun pengerjaan ulang. Dengan memiliki 10 unit rig yang tersebar di sejumlah lapangan Pertamina, target laba yang ditetapkan perusahaan sangat logis untuk dicapai.

Rig yang dimiliki ini digunakan untuk operasi WOWS pada sumur migas yang tersebar di wilayah Prabumulih, Indragiri Hulu, Pali, Muba, dan wilayah lainnya.

Ada lima kontrak baru yang ditarget oleh WOWS sesuai dengan kapasitas dan kapabilitasnya. WOWS mengikuti tender untuk Pertamina EP Asset 1 sampai Pertamina EP Asset 5. Tender ini untuk jasa penyediaan dan pengoperasian rig dengan jangka waktu dua tahun.

Melihat kinerja keuangan dan prospek bisnis perusahaan ke depannya cukup menarik, mungkin kamu tertarik untuk mengoleksi saham WOWS. Apalagi nilai price book to value (PBV) saham ini hanya 0,22 tentu sangat tergolong murah dan termasuk salah satu yang termurah dalam sektor industri yang sama.

Apakah saham WOWS layak dikoleksi? Jika kamu ingin mengoleksinya dalam jangka panjang, mungkin prospek bisnis dan fundamental perusahaan dapat diandalkan. Kamu dapat memperhatikan pergerakan harga sahamnya untuk memutuskan kapan saat terbaik untuk membeli dan menjual saham ini.

Perlu diingat, saham WOWS baru diperdagangkan di bursa saham pada November 2019 dan harga saham saat ini sudah turun sekitar 88% dari harga IPO. Bahkan, harga saham WOWS pada saat penutupan pasar belum pernah lebih ditinggi dari harga saat IPO. Saham ini juga belum pernah membagikan dividen walaupun dapat membukukan laba bersih setiap tahunnya.

Disclaimer: Investasi saham mengandung risiko dan seluruhnya menjadi tanggung jawab pribadi. Ajaib membuat informasi di atas melalui riset internal perusahaan, tidak dipengaruhi pihak manapun, dan bukan merupakan rekomendasi, ajakan, usulan ataupun paksaan untuk melakukan transaksi jual/beli Efek. Harga saham berfluktuasi secara real-time. Harap berinvestasi sesuai keputusan pribadi.

Artikel Terkait