Faktor-Faktor Yang Menentukan Premi Asuransi

premi asuransi
premi asuransi

Premi asuransi biasanya memiliki tarif yang berbeda-beda dalam menentukan harga kepada calon pelanggannya. Perusahaan asuransi biasanya memiliki perhitungan dasar, kemudian berdasarkan pada informasi pribadi kamu, lokasi, dan informasi lain yang ditentukan perusahaan.

Kamu akan mendapat diskon yang ditambahkan ke premi dasar, untuk mendapatkan tarif yang disukai, atau premi asuransi yang lebih murah berdasarkan pada informasi yang telah mereka kumpulkan.

Informasi-informasi ini sangat penting untuk diketahui oleh perusahaan asuransi dalam menentukan faktor penarikan tarifnya. Faktor inilah yang akan kami uraikan secara lebih rinci dalam 4 faktor yang menentukan premi yang tercantum di bawah ini:

Premi asuransi biasanya ditentukan oleh 4 faktor utama:

Bagaimana Jenis Pertanggungan Mempengaruhi Premi Asuransi

Perusahaan asuransi menawarkan opsi yang berbeda ketika kamu membeli polis asuransi. Semakin banyak cakupan yang kamu dapatkan, atau semakin komprehensif cakupan yang kamu pilih, semakin tinggi premi yang kamu tanggung

Cakupan ini biasanya ditentukan oleh perusahaan asuransi, didasari pada keadaan rumah atau lokasi yang dipilih.

Sebagai contoh, ketika melihat premi untuk asuransi rumah, jika kamu membeli risiko yang terbuka atau semua polis asuransi rumah, semua itu akan lebih mahal daripada risiko bahaya yang disebut polis asuransi rumah yang hanya mencakup dasar-dasarnya saja.

Jadi, pilihlah asuransi yang dapat mencakup hal-hal krusial yang bisa memberikan perlindungan keuanganmu ke depannya.

Bagaimana Jumlah Pertanggungan Mempengaruhi Biaya Premi Asuransi Kamu

Apakah kamu membeli asuransi jiwa, asuransi mobil, asuransi kesehatan, atau asuransi apa pun, kamu akan selalu membayar lebih banyak premi (lebih banyak uang) untuk jumlah pertanggungan yang lebih tinggi.

Semakin tinggi barang atau benda yang akan kamu asuransikan, semakin tinggi biaya yang akan dikenakan.

Ini dapat bekerja dalam dua cara, cara pertama: cukup mudah, cara kedua: sedikit lebih rumit, tetapi cara yang baik untuk menghemat premi asuransi kamu adalah sebagai berikut:

  • Jumlah pertanggungan kamu dapat diubah oleh nilai yang kamu inginkan pada apa pun yang diasuransikan. Misalnya, mengasuransikan mobil seharga Rp100.000.000 akan berbeda dengan mengasuransikan mobil seharga Rp1.000.000.000. Ini cukup mudah: semakin banyak nilai rupiah yang ingin kamu asuransikan, semakin mahal biaya premi yang akan dibebankan.
  • Kamu dapat membayar lebih sedikit uang untuk jumlah pertanggungan yang sama jika kamu mengambil polis dengan potongan yang lebih tinggi. Dalam hal asuransi kesehatan atau kebijakan kesehatan tambahan, kamu tidak hanya dapat mengambil deduksi yang lebih tinggi, tetapi melihat kebijakan dengan berbagai opsi seperti pembayaran bersama yang lebih tinggi, atau masa tunggu yang lebih lama.

Informasi Pribadi dari Pemohon Polis Asuransi

Riwayat asuransi kamu, tempat tinggal kamu, dan faktor-faktor lain kehidupan kamu digunakan sebagai bagian dari perhitungan untuk menentukan premi asuransi yang akan dibebankan. Setiap perusahaan asuransi akan menggunakan kriteria peringkat yang berbeda.

Beberapa perusahaan menggunakan nilai asuransi yang dapat ditentukan oleh banyak faktor pribadi, dari peringkat kredit hingga frekuensi kecelakaan mobil atau riwayat klaim pribadi dan bahkan pekerjaan. Faktor-faktor ini sering diterjemahkan menjadi diskon pada premi polis asuransi.

Untuk asuransi kesehatan atau asuransi jiwa, faktor risiko lain yang khusus untuk orang yang diasuransikan akan digunakan juga.

Perusahaan asuransi memiliki target klien, sama seperti bisnis lainnya. Agar kompetitif, perusahaan asuransi akan menentukan profil klien yang ingin mereka tarik dan membuat program atau diskon untuk membantu menarik klien target mereka.

Misalnya, satu perusahaan asuransi mungkin memutuskan mereka ingin menarik manula atau pensiunan sebagai klien, di mana yang lain akan memberi harga premi mereka untuk menarik keluarga muda atau milenium.

Persaingan di Industri Asuransi dan Area Target

Jika perusahaan asuransi memutuskan mereka ingin secara agresif mengejar segmen pasar, mereka mungkin menyimpang dari tarif untuk menarik calon konsumen baru.

Ini merupakan aspek premi asuransi yang menarik karena dapat secara drastis mengubah tarif secara temporer, atau lebih permanen jika perusahaan asuransi mengalami kesuksesan dan mendapatkan hasil yang baik di pasar.

Faktor ini biasanya ditemui saat perusahaan asuransi membuka program baru yang dinilai dapat menarik banyak calon pelanggan. Namun, bisa juga dari perusahaan asuransi yang baru saja berdiri.

Lalu, siapa yang memutuskan seseorang layak mendapatkan premi asuransi di dalam perusahaan asuransi?

Penilaian Risiko

Setiap perusahaan asuransi memiliki orang-orang yang bekerja di berbagai bidang penilaian risiko. Bidang ini bekerja di setiap perusahaan yang memiliki resiko kebangkrutan jika terjadi sesuatu.

Aktuaris, misalnya, bekerja untuk perusahaan asuransi untuk menentukan:

  • Kemungkinan risiko dan bahaya, dari dalam perusahaan maupun eksternal perusahaan. Berkaitan dengan cara kerja sistem, dan memberitahukan resiko atau bahaya yang mungkin dihadapi ke depannya.
  • Biaya yang terkait dengan peristiwa bencana, atau klaim dan kemudian, aktuaris harus membuat proyeksi dan pedoman berdasarkan informasi ini.

Dengan menggunakan perhitungan, aktuaris menentukan berapa banyak biaya yang akan terlibat dalam pembayaran klaim serta berapa banyak uang yang harus dikumpulkan perusahaan asuransi.

Hal itu untuk memastikan bahwa mereka menghasilkan cukup uang untuk membayar klaim potensial dan juga menghasilkan uang.

Informasi dari aktuaris membantu membentuk penjaminan emisi. Penjamin emisi diberikan pedoman untuk menanggung risiko, bagian dari penentuan premi.

Perusahaan asuransi memutuskan berapa banyak uang yang akan mereka bebankan untuk kontrak asuransi yang mereka jual kepada kamu. Jadi, itu dia faktor-faktor yang menentukan premi asuransimu, sudah kah kamu memilih premi asuransimu?

Bacaan menarik lainnya:

OJK. (2019). Statistik Perasuransian Indonesia, 2019. Otoritas Jasa Keuangan.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait