Ini yang Harus Dilakukan dalam Berjuang Secara Finansial

berjuang secara finansial
berjuang secara finansial

Puluhan juta orang di Indonesia berjuang secara finansial, mereka berupaya mengelola keuangan, berjuang dengan beberapa bidang demi keuangan mereka. Hanya sekian persen orang dewasa yang dianggap memiliki gaya hidup sehat secara finansial.

Dengan kata lain, banyak orang Indonesia mengalami kesulitan dengan keuangan mereka. Itu dapat dipahami, mengingat sebagian besar rumah tangga memiliki daftar panjang tanggung jawab keuangan – mulai dari hipotek hingga pinjaman dari bank hingga sekadar membayar semua tagihan rutin tepat waktu – dan menyeimbangkan semua prioritas itu adalah tanggung jawab yang  sangat besar.

Namun, beberapa orang berjuang secara finansial lebih dari yang lain, dan pekerja dalam satu kelompok pendapatan, khususnya, adalah yang paling mungkin menghadapi masalah keuangan.

Penghasilan dapat Memprediksi Keuangan Kamu

Dalam laporan Financial Health Network, para peneliti melihat beberapa indikator kesehatan keuangan yang berbeda – seperti kemampuan membayar tagihan tepat waktu, pengeluaran lebih sedikit dari yang kamu peroleh, dan memiliki jumlah utang yang dapat dikelola – untuk mengukur apakah orang tersebut rentan secara finansial, mengatasi, atau sehat.

Para peneliti juga membagi tanggapan berdasarkan kelompok pendapatan untuk melihat apakah jumlah yang dihasilkan seseorang memengaruhi kesehatan keuangan mereka secara keseluruhan.

Mereka menemukan bahwa mereka yang berpenghasilan kurang dari $5.000 (70 juta rupiah) per tahun kemungkinan besar rentan secara finansial. Sekitar 55% orang dalam grup ini tidak dapat membayar tagihan tepat waktu, lebih dari 60% membelanjakan lebih banyak dari yang mereka hasilkan, dan sekitar 65% mengatakan mereka memiliki jumlah utang yang tidak terkendali.

Sekarang, ini mungkin bukan kejutan yang lengkap. Lagipula, 70 juta rupiah tidak banyak untuk hidup, dan mudah untuk jatuh ke dalam lingkaran setan dan mendapatkan tekanan keuangan. Misalnya, jika kamu tidak mampu membayar tagihan kamu, kamu mungkin menghabiskan lebih banyak uang daripada hanya mendapatkan makanan saja.

Itu mungkin termasuk membayar utang kartu kredit dan membayar bunga yang sangat tinggi, yang kemudian membuat pembayaran tagihan kamu lebih sulit. Satu masalah mengarah ke yang lain, dan bisa terasa mustahil untuk mengembalikan keuangan kamu ke jalurnya.

Kabar baiknya adalah bahwa bahkan jika kamu berjuang secara finansial, ada beberapa langkah yang dapat kamu ambil untuk keluar dari lingkaran setan dan meningkatkan kesehatan keuangan kamu.

Meningkatkan Kesehatan Keuangan Kamu

Langkah pertama untuk memperbaiki situasi keuangan kamu adalah dengan jujur ​​memeriksa situasi kamu. Ketika kamu tahu apa yang kamu hadapi, lebih mudah untuk menemukan area untuk diperbaiki.

Pertama, petakan semua pengeluaran bulanan kamu dan lihat apakah ada area di mana kamu dapat melakukan pengurangan atau pemotongan budget. Ini mungkin terdengar sangat jelas, tetapi kadang-kadang sulit untuk memahami persis berapa banyak yang kamu belanjakan sampai kamu melihat semua pengeluaran kamu diletakkan di depan kamu.

Kamu mungkin tidak berpikir bahwa kamu mengeluarkan uang terlalu banyak di area tertentu, tetapi ketika kamu menambahkan semua pengeluaran kamu untuk bulan itu, kamu mungkin menemukan ada beberapa tempat di mana kamu dapat mengurangi pengeluaran tersebut.

Bergantung pada seperti apa situasi keuangan kamu dan seberapa banyak kamu berjuang, pemotongan ini mungkin kecil atau relatif signifikan. Jika kamu tidak dapat membayar tagihan dan jatuh ke dalam utang setiap bulan, kamu perlu melakukan pengorbanan serius untuk kembali ke jalurnya.

Tetapi jika kamu hanya ingin menambah tabungan pensiun kamu atau membangun dana darurat yang lebih kuat, melakukan sedikit penyesuaian pada anggaran kamu dapat membantu kamu menghasilkan sejumlah uang tunai tambahan.

tapi jika kamu hanya ingin menambah tabungan pensiun kamu atau membangun dana darurat yang lebih kuat, melakukan sedikit penyesuaian pada anggaran kamu dapat membantu kamu menghasilkan sejumlah uang tunai tambahan.

Lihat Utang Kamu dalam Berjuang Secara Finansial

Selanjutnya, lihat utang kamu. Cari tahu berapa banyak kamu berutang untuk setiap jenis utang yang kamu miliki, dan berikan perhatian khusus pada suku bunga. Kemudian, prioritaskan urutan di mana kamu harus membayar utang tersebut berdasarkan tingkat bunga.

Utang berbunga tinggi, seperti utang kartu kredit, adalah yang paling beracun, sehingga sangat bijaksana untuk menjadikan jenis utang ini prioritas utama kamu. Semakin lama membayar utang ini, semakin banyak kamu membayar bunga.

Juga, jangan takut untuk menjadi kreatif saat membayar utang. Misalnya, jika kamu dibanjiri utang kartu kredit, mungkin akan sangat pintar untuk mengambil keuntungan dari transfer saldo. Kartu-kartu ini memungkinkan kamu untuk mentransfer saldo yang ada.

Meskipun kamu akan sering membayar biaya transfer, kamu kemudian akan membayar sedikit tanpa bunga untuk jangka waktu tertentu. Itu memungkinkan kamu membayar jumlah pokok tanpa khawatir tentang biaya bunga yang curam, yang pada akhirnya membantu kamu melunasi utang kamu lebih cepat.

Jika kamu berjuang secara finansial, mungkin tampak mustahil untuk keluar dari siklus dan meningkatkan kesehatan keuangan kamu. Dan sementara itu tidak selalu mudah, itu masih bisa dilakukan dan percayalah hal tersebut akan kamu lewati.

Ketika kamu masuk ke dalamnya dengan strategi dan rencana aksi yang jelas, kamu dapat menyimpan lebih banyak uang, melunasi utang kamu, dan mencapai tujuan keuangan kamu.

Mari kenali masalah yang membelenggumu untuk bisa maju dan mencapai tujuanmu ke depan. Dan taklukan! Semangat!


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait