Daftar Asuransi Pendidikan Terbaik Indonesia

Daftar Asuransi Pendidikan Terbaik Indonesia
Daftar Asuransi Pendidikan Terbaik Indonesia

Asuransi pendidikan adalah salah satu hal krusial yang perlu kamu rencanakan dengan matang. Terutama buat kamu yang telah berumah tangga dan sudah dikaruniai anak. Sebab, asuransi tersebut sama pentingnya dengan asuransi kesehatan.

Salah satu alasan kenapa kamu harus mempersiapkan asuransi untuk pendidikan, karena biaya pendidikan selalu naik setiap tahun. Namun, saat ini tidak sedikit orangtua yang belum menyadari betapa pentingnya asuransi untuk pendidikan anak. 

Hal itu bisa saja terjadi karena ada pandangan bahwa pemerintah kita telah memberikan subsidi pendidikan. Sehingga, mengeluarkan sebagian uang untuk investasi pendidikan belum begitu perlu. Alasan lainnya, karena biaya preminya dirasa cukup mahal. 

Biaya pendidikan itu tidak hanya mengenai uang gedung sekolah atau iuran bulanan. Masih ada biaya lain yang perlu ditanggung. Misalnya, uang untuk membeli seragam, buku, dll. Maka dari itu, asuransi untuk pendidikan sangat penting guna mempersiapkan masa depan anak dari SD, SMP, SMA, hingga Universitas.

Keuntungan Mengikuti Asuransi Pendidikan

Seperti telah kita ketahui, uang pendidikan hampir setiap tahun selalu naik. Apabila kamu memiliki putra atau putri yang berada di sekolah negeri, jelas jauh lebih murah. Karena pemerintah telah memberikan subsidi. 

Namun tentu tidak demikian jika berada di sekolah swasta. Karena pemerintah tidak memiliki kebijakan untuk mensubsidi sekolah swasta, maka biaya pendidikannya jauh lebih mahal. Bidang pendidikan di Indonesia sendiri mengalami inflasi yang cukup tinggi, yaitu 15 persen. 

Hal itulah menjadi alasan naiknya biaya pendidikan. Dengan demikian, resiko tersebut tentunya tidak dapat diremehkan begitu saja. Sebab, pada saat memutuskan di mana anak akan bersekolah, pasti mengkondisikan dengan penghasilan. Asuransi untuk pendidikan bakal memberikan perlindungan biaya pendidikan anak di masa depan. 

Mempunyai Banyak Jenis

Terdapat 2 jenis asuransi pendidikan di negara kita. Yaitu unit link dan dwiguna. Keduanya tidak sama, meskipun mempunyai tujuan untuk memberikan perlindungan biaya pendidikan di masa mendatang.

Unit link memberikan peluang kepada nasabah untuk menanam modal. Sementara itu, dwiguna lebih memprioritaskan pada tabungan serta perlindungan di masa mendatang.

a. Unit Link

Jenis asuransi ini adalah kombinasi antara layanan asuransi dan investasi. Maksudnya, premi yang dibayarkan oleh orangtua per bulan, tidak hanya untuk pendidikan anak di masa mendatang. Namun juga bakal dijalankan sebagai produk penanaman modal semacam reksa dana. 

Keuntungan investasi bakal diserahkan secara bertahap sesuai dengan periode pembelajaran. Maksudnya, ketika anak akan memasuki jenjang sekolah, seperti Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, dan Sekolah Menengah Atas. 

Asuransi pendidikan tersebut tentu saja memberi keuntungan untuk orangtua yang enggan mengalami kerepotan mengurus asuransi dan investasi. Hanya dengan sekali bayar premi per bulan, kamu bisa memperoleh 2 keuntungan itu.

b. Dwiguna

Asuransi untuk pendidikan tersebut tentu saja bakal memberikan potensi aman untuk masa depan, bersama dengan tabungan di dalamnya. Dana pendidikan anak bakal dijamin oleh asuransi jika orangtua tidak bisa lagi mencari nafkah, entah karena cacat total atau kematian.

Fungsi lainnya yaitu, anak bakal memperoleh dana tabungan yang bisa dicairkan dalam periode tertentu. Besaran uang sesuai dengan perjanjian yang sudah dinegosiasikan pihak tertanggung dan pihak asuransi. Apabila diibaratkan, fungsi dwiguna hampir sama dengan investasi berjangka

Cara Memilih Asuransi Pendidikan Terbaik

Pada saat kamu telah memiliki keputusan yang bulat membuka asuransi untuk pendidikan bagi putra dan putri, terdapat 1 alasan lain yang membuat bimbang orangtua. Yaitu bagaimana memilih provider asuransi yang tepat.

Banyaknya provider asuransi di negara ini bisa jadi akan membuat bimbang para orangtua. Tiap-tiap penyedia layanan asuransi mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kamu perlu pertimbangan yang matang supaya nantinya tidak muncul kekecewaan. Di bawah ini merupakan cara memilih asuransi yang baik.

  1. Terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).
  2. Memiliki informasi yang jelas dan detail.
  3. Memiliki reputasi serta track record yang baik. 

6 Asuransi Pendidikan Favorit

Memilih asuransi untuk pendidikan tidaklah sembarangan. Sebab, berhubungan dengan pendidikan anak di masa mendatang. Tentu saja pilihan perlu disesuaikan dengan kemampuan keuangan. Di Indonesia, penyedia layanan asuransi telah banyak dan memiliki reputasi yang baik. Simak ulasannya di bawah ini. 

a. Mandiri 

Mandiri memiliki salah satu produk asuransi yang menjadi unggulan mereka, yaitu Mandiri Sejahtera Cerdas. Tidak berbeda dengan produk asuransi pendidikan lainnya, beban biaya dan penentuan preminya cukup fleksibel karena disesuaikan dengan keperluan. 

Kelebihan dari Mandiri Sejahtera Cerdas yang perlu diketahui. Yaitu, terdapat loyalti bonus sebanyak 1,5 persen pada akhir tahun ke-5. Hingga alternatif biaya penanaman modal yang bermacam-macam sesuai dengan karakteristik risiko yang diinginkan. 

Maka, tidak hanya melindungi keperluan pendidikan anak untuk masa mendatang. Namun, orangtua juga sekaligus dapat melakukan investasi. Ada ketentuan untuk menjadi nasabah tersebut. 

Pihak tertanggung wajib berusia minimal 17 tahun, dan maksimal 59 tahun. Sementara itu, untuk umur anak, 0 hingga 15 tahun. Premi minimalnya adalah Rp2.500.000 per tahun.  

b. Manulife

Manulife Education Protector merupakan salah satu produk andalan yang ditawarkan oleh Manulife. Asuransi pendidikan tersebut sifatnya unit link. Maksudnya, kamu tidak hanya mempersiapkan pendidikan anak di masa mendatang saja. Namun juga melakukan penanaman modal pada produk-produk investasi Manulife.

Produk-produk yang dapat kamu jadikan tujuan investasi tersebut antara lain, Manulife Dana Ekuitas Syariah, Manulife Dana Ekuitas, Manulife Dana Pasar Uang, dan lain lain. Baik orangtua maupun anak dapat menjadi pemegang produk asuransi tersebut. Dengan ketentuan, untuk orangtua berumur 18 hingga 50 tahun. Sementara untuk anak, berusia 30 hari sampai 10 tahun.

Periode pembayaran premi dapat dilakukan dalam jangka waktu 5 tahun dan 10 tahun sesuai plan pendidikan serta umur masuk anak. Selain itu, Manulife memiliki program asuransi pendidikan jenis dwiguna. Produk asuransi pendidikan anak ini bernama ProGraduate

ProGraduate memberikan fungsi pembayaran lunas untuk biaya pendidikan yang dibayarkan di umur 18 hingga 23 tahun. Selain itu, orangtua sebagai pihak tertanggung diberikan perlindungan atau asuransi jiwa. Konsep pembayaran preminya cukup fleksibel, dapat dilakukan tiap bulan, tiap kuartal, per semester, dan per tahun. 

Apabila kamu ingin mengetahui penjelasan detail mengenai produk asuransi Manulife, silahkan cek melalui situs resminya di www.manulife-indonesia.com.

c. BRI

Asuransi pendidikan BRI merupakan produk unggulan BRI. Produk ini memiliki hubungan kerja sama dengan Sequis yang siap menyerahkan jaminan biaya pendidikan serta keselamatan jiwa. Proses pembayaran preminya juga tidak sulit. Selain itu kamu dapat menikmati asuransi dengan durasi yang lama. 

Berdasarkan keterangan di situs resmi Sequis, pihak tertanggung hanya membayar uang premi selama 8 tahun dan bisa menikmati asuransi sampai 18 tahun. Jika tertanggung telah meninggal dunia atau kecelakaan, ia bakal memperoleh dana investasi sebanyak 150 persen dari biaya pertanggungan.

Selain itu, nasabah akan memperoleh uang pendidikan sebanyak 150 persen dari biaya pertanggungan. 

d. Prudential 

Prudential mempunyai produk asuransi unggulan bernama PRUlink edu protection. Berdasarkan informasi dari situs resminya, minimum premi di PRUlink edu protection adalah sebesar Rp500.000 per bulan. Asuransi ini dapat memberikan proteksi sekaligus untuk anak dan orangtua dalam 1 polis asuransi. 

Keuntungan dapat diperoleh pada saat anak berumur 18 hingga 25 tahun. Masa proteksinya yaitu hingga pihak tertanggung mengalami kematian dengan tenggat waktu umur 99 tahun serta cacat total sebelum umur 70 tahun. Untuk keterangan lengkap mengenai produk asuransi tersebut, silahkan kunjungi situs resminya, di www.prudential.co.id

e. BNI 

Solusi Pintar merupakan produk asuransi pendidikan dari BNI. Tingkatan biaya pendidikan yang diserahkan kepada nasabah, dimulai dari Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas, sampai Universitas. 

Besaran yang diberikan kepada Sekolah Dasar, yaitu 20 persen dari total uang pertanggungan, untuk Sekolah Menengah Pertama sebesar 30 persen. Sementara untuk Sekolah Menengah Atas mendapat 40 persen, dan Universitas diberikan 100 persen dari uang pertanggungan.

Besaran uang pertanggungan atau beban biaya dinegosiasikan oleh tertanggung dan pihak BNI. Periode pembayaran premi selama 9 tahun hingga 17 tahun. Maksimal hingga pihak nasabah berumur 65 tahun.

f. BCA

Proteksi Edukasi Maksima atau EduPlan merupakan produk asuransi pendidikan dari BCA. Produk tersebut adalah hasil kerja sama antara BCA dengan sebuah perusahaan asuransi yang berasal dari Hongkong. 

Melalui situs resminya, dijelaskan bahwa EduPlan adalah produk asuransi dwiguna. Produk tersebut bisa memberikan support kepada orangtua untuk merencanakan keperluan biaya pendidikan putra dan putri mereka. 

Masa pembayaran premi dapat dilakukan 3, 10, bahkan sampai 15 tahun. Manfaat yang diperoleh yaitu sebesar 200 persen dari total biaya pertanggungan pada saat anak berumur 18 hingga 21 tahun.

Sementara itu, keuntungan lain yang akan diperoleh adalah peluang untuk memperoleh bonus tahunan serta bonus akhir polis.

Itulah 6 penyedia layanan asuransi pendidikan yang dapat menjadi alternatif kamu. Pertimbangkan dengan matang untuk memutuskan provider yang akan kamu pilih. Satu hal yang perlu kamu perhatikan adalah cari informasi yang detail dan valid mengenai reputasi layanan penyedia asuransi. Jangan tertipu dengan asuransi bodong.

Bacaan menarik lainnya:

Gramat. Amrin, Abdullah. (2007). Strategi Pemasaran Asuransi Syariah. Jakarta: Grasindo
Abdul, Wahab. (2012). Pengantar Ekonomi Makro, Samata:Alauddin University Pers


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait