Cara Setor Dana Tunai BCA Terdekat dengan Mudah via ATM

cara setor dana tunai
cara setor dana tunai

Bingung bagaimana cara setor dana tunai di Bank BCA? Jangan khawatir, redaksi Ajaib akan mengulasnya di dalam himpunan berikut ini.

Setiap akhir bulan adalah momen yang ditunggu-tunggu oleh seluruh pekerja. Mengapa? Karena pada akhir bulan, kalian akan menerima gaji bulanan yang langsung masuk ke rekening bankmu. Tentu saja, setiap perusahaan di mana kamu bekerja pasti memiliki jenis rekening bank yang wajib dimiliki untuk melakukan proses transfer gajimu tersebut seperti BCA, Cimb Niaga, hingga Bank Mandiri.

Menyebar Mesin ATM Layanan Setor Tunai

Kini, setiap bank memiliki layanan setor tunai melalui mesin ATM yang sudah tersebar di berbagai tempat. Seperti kantor cabang, tempat perbelanjaan dan sebagainya. Hal ini semakin memudahkan kamu melakukan penyetoran uang melalui layanan setor tunai.

Dalam melakukan transaksi setor tunai di bank, terdapat dua jenis setor tunai, yaitu melalui ATM autodebet atau datang langsung ke bank terkait.

Nah bagi kamu pemilik rekening tabungan BCA, Ajaib ingin membagikan informasi terkait cara mudah setor tunai di Bank BCA terdekat. Yuk, kita simak informasi menariknya di bawah ini:

#Cara Setor Tunai BCA Terdekat via ATM

Datang ke ATM BCA yang Menyediakan Layanan Setor dan Tarik Tunai

Untuk melakukan setor tunai BCA via ATM, kamu bisa mengunjungi mesin ATM BCA terdekat yang memiliki layanan setor tunai.

Persiapkan Uang yang Ingin Disetorkan ke Mesin ATM BCA

Mesin ATM BCA hanya menerima uang pecahan Rp50 ribu dan Rp100 ribu saja untuk melakukan setor tunai. Oleh karena itu, kamu perlu mempersiapkan uang dengan pecahan tersebut.

Jangan Lupa Bawa Kartu ATM BCA-mu

Kamu perlu memasukkan kartu ATM-mu dan memasukkan nomor PIN berjumlah enam digit angka.

Pilih Menu “Setoran Tunai”

Setelah kamu memasukkan nomor PIN ATM-mu, akan muncul pilihan menu “Setoran Tunai” yang bisa kamu pilih.

Masukkan Uang yang Sudah Dipersiapkan (Pecahan Rp50 Ribu atau Rp100 Ribu)

Ketika kamu memilih menu “Setoran Tunai”, mesin ATM akan terbuka dan kamu tinggal memasukkan uang yang ingin disetorkan saja. Selanjutnya, mesin ATM tersebut akan tertutup secara otomatis.

Di layar ATM Muncul Notifikasi

Setelahnya, kamu akan melihat informasi terkait jumlah yang berhasil disetorkan melalui mesin ATM. Jika nominal sudah benar, kamu bisa memilih menu “Setor” akan keluar pilihan “Rekening Anda” atau “Rekening Lain”. Kamu tinggal memilih pilihan tersebut, jika sudah berhasil melakukan setor tunai via ATM akan keluar bukti setoran dan berarti transaksimu sudah selesai.

Hal-hal yang Perlu Diketahui

Hal-hal perlu kamu ketahui ketika melakukan setor tunai melalui ATM BCA:

  • Limit setoran tunai setiap jenis kartu ATM berbeda-beda, yaitu Blue (Rp25 juta), Gold (Rp50 juta), Platinum (Rp100 juta), dan Tapres (Rp50 juta).
  • Biaya transfer jika mengirim ke rekening beda bank.
  • Jumlah setoran maksimal sebanyak 50 lembar untuk setiap transaksi.
  • Pecahan uang yang bisa diproses yakni Rp50 ribu dan Rp100 ribu.
  • Pastikan bahwa uang yang dimasukkan ke dalam mesin ATM untuk setoran tidak dalam kondisi rusak seperti sobek dan terlipat.
  • Jangan pernah memilih tempat mesin ATM yang jarang pengunjung untu berjaga-jaga jika terjadi aksi kejahatan agar transaksi keuanganmu bisa berjalan dengan lancar dan aman.

#Cara Setor Tunai via Bank BCA

Selain cara menyetorkan uang tunai melalui mesin ATM BCA, kamu juga bisa melakukan setor tunai melalui bank secara langsung:

Kamu bisa Mengunjungi Kantor Cabang BCA terdekat

Setoran tunai bisa kamu lakukan langsung di Bank BCA, carilah lokasi Kantor Cabang BCA terdekat dari domisilimu.

Ambil Nomor Antrian

Ambilah nomor antrean dan tunggu hingga urutan nomormu dipanggil, sambil menunggu lamanya antrean kamu bisa meminta dan mengisi slip setoran yang berisikan nominal setoran serta nomor rekening yang ingin dituju.

Lakukan Setoran via Teller Bank BCA

Kamu tinggal berikan slip setoran beserta jumlah uang yang tertera, kemudian pihak teller tersebut akan menghitung terlebih dahulu jumlahnya dan baru kamu akan mendapatkan tanda bukti dari slip setoran tersebut.

Jika kamu bingung cara setor tunai via teller bank, kamu bisa bertanya kepada petugas baik itu security atau staf bank yang sedang bertugas. Mereka akan dengan senang hati untuk membantu kamu.

Hal yang perlu diketahui jika menggunakan setor tunai BCA via teller adalah kamu akan dikenakan biaya transfer antar bank BCA jika berbeda cabang.

#Lebih Baik Mana Lewat ATM atau Teller Bank BCA

Intinya, kedua cara tersebut bisa membatu kamu dalam memproses setoran tunaimu. Namun jika kamu memilih menyetorkan danamu melalui teller di bank BCA, kamu perlu lama mengantri karena layanan ini melayani nasabah dan bukan nasabah BCA juga.

Apalagi jika kamu datang ke Kantor Cabang BCA ketika hari kerja seperti Senin-Jumat tentu sangat ramai sekali. Tetapi jika kamu memiliki rekening BCA, kamu lebih baik memilih setor tunai melalui mesin ATM yang memang sudah banyak bertebaran di mana-mana, karena lebih cepat dan praktis untuk dilakukan.

Jadi, setoran tunai BCA bukan hanya dikhususkan untuk nasabah BCA saja melainkan kamu juga bisa menikmati dan memanfaatkan layanan setor tunai BCA ini melalui teller di Kantor Cabang BCA terdekat berdasarkan domisilimu. Namun perlu kamu perhatikan seputar limit setoran setiap transaksi, biaya administrasi, dan sebagainya yang sudah Ajaib jelaskan di atas agar transaksi keuangan setor tunai BCA-mu tidak terganggu.

Itulah dua cara setor tunai BCA yakni melalui ATM atau datang langsung ke bank. Di mana, kedua cara tersebut bisa kamu lakukan saat ini dengan mudah dan aman tentunya.

Bacaan menarik lainnya:

Hasibuan, S.P. Melayu. (2007). Dasar-dasar Perbankan. Jakarta : Bumi Aksara


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait