Bisnis & Kerja Sampingan

5 Cara Membuat Diskon yang Menarik serta Cara Menghitungnya

Cara Membuat Diskon yang Menarik

Ajaib.co.id – Strategi diskon masih menjadi salah satu cara yang efektif untuk mencapai tujuan usaha. Oleh sebab itu, sangat penting bagi pelaku bisnis untuk memahami bagaimana cara membuat diskon yang menarik.

Pengertian diskon adalah potongan harga atau pengurangan harga suatu produk maupun layanan dengan perhitungan tertentu yang bertujuan untuk meningkatkan penjualan. Jenis diskon bermacam-macam sehingga dapat disesuaikan dengan strategi diskon yang dijalankan.

Cara menghitung diskon perlu dilakukan dengan hati-hati agar dapat mencapai tujuan yang ditargetkan tanpa menimbulkan kerugian bagi bisnis. Selain itu, tentu saja kamu perlu mengetahui cara membuat promo yang menarik.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa manfaat diskon untuk bisnis, cara menghitung diskon, serta tips membuat diskon yang menarik. 

Manfaat Diskon untuk Bisnis

Strategi diskon bukan hanya bermanfaat untuk meningkatkan penjualan. Ada beberapa manfaat diskon yang bisa diperoleh sesuai dengan jenis diskon yang dipilih. Berikut beberapa manfaat diskon untuk kemajuan bisnis.

1. Meningkatkan Penjualan

Sudah banyak orang yang menggunakan diskon sebagai strategi untuk meningkatkan penjualan. Dengan adanya diskon, secara psikologis pelanggan akan terdorong untuk belanja lebih banyak dari biasanya.

2. Menarik Pelanggan Baru

Manfaat diskon lainnya adalah untuk menarik pelanggan baru. Orang yang belum pernah membeli produk akan tertarik jika ada diskon harga yang kompetitif. Bukan tidak mungkin para pelanggan baru ini akan menjadi pelanggan yang setia.

3. Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Loyalitas pelanggan perlu dijaga dan ditingkatkan agar kelangsungan bisnis lebih stabil. Salah satu cara meningkatkan loyalitas pelanggan adalah dengan rutin memberikan promo termasuk diskon yang menarik.

4. Memperkenalkan Produk Baru

Tidak Mudah untuk membuat orang mau membeli produk baru. Hal ini dikarenakan orang belum banyak mengetahui tentang produk tersebut, termasuk apa manfaat dan keunggulannya. Penerapan cara membuat diskon yang menarik dapat memperkenalkan produk baru kepada pelanggan.

5. Menghabiskan Barang yang Overstock

Kadang-kadang terjadi overstock untuk beberapa item tertentu. Dari pada menumpuk di gudang dengan risiko rusak dan kadaluarsa, kamu bisa menerapkan diskon untuk membantu menjual barang yang overstock.

Cara Menghitung Diskon dan Cara Menentukan Diskon yang Tepat

Bagaimana cara menghitung diskon? Ada rumus menghitung diskon yang dapat kamu gunakan sesuai dengan jenis diskon yang dipilih. Untuk diskon langsung yang biasa disebut discount off rumusnya adalah harga normal produk dikalikan persentase diskon dibagi 100.

Misalnya harga normal produk Rp500.000 dengan diskon off 20%. Maka besarnya diskon adalah 20 dikalikan Rp500.000 dibagi 100, hasilnya Rp100.000. Sehingga harga produk setelah diskon adalah Rp500.000 dikurangi Rp100.000, yaitu Rp400.000.

Cara menghitung diskon ganda berbeda dengan discount off. Pasti kamu sering melihat promo diskon berganda di pusat perbelanjaan. Diskon berganda biasanya berbentuk diskon A%+B%.

Sebagai contoh untuk produk dengan harga normal Rp500.000, diskon yang ditetapkan adalah 30%+20%. Maka penghitungannya sebagai berikut:

  • Besarnya diskon pertama: 30 dikalikan Rp500.000 dibagi 100, hasilnya Rp150.000.
  • Besarnya diskon kedua: 20 dikalikan Rp150.000 dibagi 100, hasilnya Rp30.000.
  • Total diskon adalah Rp150.000 ditambah Rp30.000, yaitu Rp180.000.
  • Harga barang setelah diskon adalah Rp500.000 dikurangi Rp180.000, yaitu Rp320.000.

Diskon atau potongan harga dapat divariasikan dengan beragam strategi promosi yang menarik. Cara menentukan diskon yang tepat antara lain dengan menetapkan tujuan strategi diskon, kemudian tentukan budget promosi yang akan dikeluarkan. Setelah itu kamu dapat menentukan jenis diskon yang sesuai dengan tujuan dan budget yang ditetapkan.

5 Strategi Promosi dan Cara Membuat Diskon yang Menarik

Para pelaku bisnis menerapkan cara membuat diskon yang menarik dengan strategi masing-masing. Kamu dapat mensinergikan antara masing-masing strategi diskon sesuai dengan kebutuhan bisnismu.

Berikut beberapa cara membuat promo yang menarik yang bisa kamu terapkan.

1. Buat Konsep Diskon yang Unik

Konsep diskon yang unik akan lebih mudah diingat oleh pelanggan. Contoh yang telah banyak diterapkan program diskon untuk nama-nama tertentu. Nominal diskon juga bisa menggunakan angka tertentu.

Sebagai contoh dalam rangka Hari Kemerdekaan Indonesia ke-77 banyak bisnis yang menawarkan diskon sebesar Rp77. Ada juga diskon khusus untuk orang yang bernama Agus. Contoh lainnya adalah program promo di setiap tanggal cantik, seperti 8-8 (8 Agustus), 9-9 (9 September), dan seterusnya.

2. Terapkan Impulse Buying

Impulse buying adalah pembelian yang impulsif dan tidak direncanakan oleh pembeli. Dengan teknik ini biasanya produk yang sedang diskon akan didisplay dekat kasir sehingga bisa langsung ditawarkan kepada pembeli saat melakukan pembayaran.  

Impulse buying dapat dikombinasikan dengan cross selling (menawarkan produk yang berbeda), up selling (menawarkan produk yang sama dengan volume lebih besar), dan bundling (menawarkan paket produk dengan diskon khusus). 

3. Gunakan Psikologi Harga

Cara membuat diskon yang menarik tidak lepas dari penerapan psikologi harga untuk memberikan kesan harga yang lebih murah bagi pelanggan. Misalnya harga Rp9.900 secara psikologis dianggap lebih menarik karena lebih murah dibandingkan harga Rp10.000.

4. Dukung Program Diskon dengan Promosi Menyeluruh

Tentu sayang sekali jika program diskon yang bagus namun tidak diketahui banyak orang. Adanya program diskon perlu didukung dengan promosi di berbagai media. Kamu bisa memanfaatkan promosi melalui media sosial, brosur, dan lain-lain.

5. Hindari Aturan yang Menjebak dan Terlalu Rumit

Konsumen saat ini semakin pintar dan dapat mengakses informasi dengan cepat. Penerapan program promosi yang menjebak dan peraturannya terlalu rumit tidak akan berdampak baik. Malah bisa jadi membuat pelanggan kecewa. Jadi sebaiknya hindari aturan yang menjebak dan terlalu rumit. 

Cara membuat diskon yang menarik tidak sulit, bukan? Kamu dapat mengikuti langkah-langkah cara membuat promo yang menarik seperti telah dijelaskan. Untuk hasil yang lebih baik, kombinasikan strategi diskon dengan strategi pemasaran lainnya.

Artikel Terkait