Bisnis & Kerja Sampingan

5 Jenis Promosi yang Wajib Diketahui, Sebelum Memulai Bisnis

jenis-promosi

Ajaib.co.id – Kampanye promosi memang identik dengan menghambur-hamburkan uang, sehingga setiap bisnis perlu menjalankan strategi promosi seefektif dan seefisiensi mungkin dengan menerapkan jenis promosi yang sesuai dengan target pasar.

Dalam dunia pemasaran, ada berbagai jenis promosi yang bisa diterapkan untuk meningkat penjualan, hingga membangun image dari suatu brand. Ini adalah beberapa tujuan dari kampanye promosi yang banyak dilakukan oleh perusahaan-perusahaan di luar sana.

Pada era digital saat ini, banyak perusahaan yang menghabiskan biaya promosi lewat media online. Misalnya penggunaan media sosial untuk bisnis, seperti Facebook, Instagram, YouTube, TikTok, dan media sosial lainnya.

Bahkan, tak jarang juga banyak perusahaan yang menggunakan jasa digital agency untuk mengeksekusi kampanye promosi perusahaan agar lebih tepat sasaran, karena digital agency didukung dengan SDM dan teknologi pemasaran yang mumpuni. Sehingga, hal ini dapat memudahkan perusahaan untuk merencanakan kegiatan promosi yang lebih efektif untuk menjangkau target pelanggan yang ingin dibidik dengan berbagai bantuan dari marketing tool yang dimiliki oleh digital agency tersebut.

Jadi, tak heran bila bisnis digital agency saat ini tumbuh subur di Indonesia. Karena saat ini sudah banyak perusahaan yang melakukan transformasi bisnis dari konvensional ke bisnis digital.

Jenis-Jenis Promosi Produk yang Ada Saat Ini

Untuk menentukan jenis promosi pemasaran yang cocok dengan bisnismu. Kamu perlu menentukan segmentasi pasar terlebih dahulu sebagai bahan pertimbangan nantinya untuk memulai sebuah kampanye promosi.

Jika kamu sudah menentukan segmentasi pasar dari bisnismu. Kamu bisa memilih strategi promosi mana yang terbaik untuk bisnismu dengan mempertimbangkan lima jenis promosi di marketing berikut.

1.    Personal Selling

Melakukan promosi produk dengan melibatkan sejumlah sales yang terjun ke lapangan adalah bentuk promosi dari personal selling. Jenis pemasaran ini juga didukung dengan berbagai media yang bisa memudahkan para sales tersebut untuk memperkenalkan produk yang hendak ditawarkan kepada pelanggan.

Misalnya kamu bisa menawarkan suatu produk kepada pelanggan lewat panggilan telepon, ataupun membuat janji temu di suatu tempat. Ini adalah contoh penerapan dari jenis promosi personal.

Strategi pemasaran ini bisa kamu terapkan jika produk bisnis yang ingin ditawarkan, termasuk kategori produk khusus, teknis, atau produk-produk mahal. Umumnya, penerapan strategi ini sangat banyak digunakan oleh perusahaan yang punya kendala keuangan dalam memasarkan produknya lewat saluran digital.

2.    Promosi Digital

Pembuatan website dan sosial media perusahaan adalah satu dari sekian contoh jenis promosi digital yang ada saat ini. Selain kedua promosi digital tersebut, masih ada lagi promosi digital lainnya yang bisa digunakan oleh sebuah perusahaan.

Misalnya perusahaan dapat melibatkan promosi digital lewat SEO, content marketing, iklan berbayar di sosial media, program referral, email, hingga affiliate marketing.

3.    Press Release

Jenis promosi yang selanjutnya adalah dengan menggunakan press release. Apa itu press release? Press release adalah sebuah informasi yang diterbitkan oleh suatu perusahaan kepada masyarakat luas, informasi ini bisa berupa kabar kemitraan, peluncuran produk baru, dan informasi-informasi lainnya.

Sebelum press release ini akan diterbitkan ke berbagai media. Public Relation (PR) dari perusahaan terkait akan menyusun informasi tersebut agar mudah dipahami bagi pembaca.

Cara ini bisa kamu lakukan ketika ingin memperkenalkan produk baru. Agar press release yang kamu terbitkan berjalan efektif, kamu bisa memilih media cetak maupun online sesuai dengan target pasar yang ingin dibidik.

Misalnya produk yang ingin kamu promosikan adalah produk keuangan, kamu bisa memilih media online yang memang sering membahas topik keuangan agar mendapatkan atensi lebih dari pembaca di media tersebut.

4.    Sponsorship

Menjadi sponsor di sebuah acara atau event bisa jadi ajang promosi bagi suatu brand di masyarakat. Bisnismu bisa menjadi sponsor untuk berbagai kegiatan yang memang mengundang banyak atensi masyarakat.

Misalnya menjadi sponsor untuk kegiatan lomba futsal di masyarakat. Dengan begitu, kamu bisa membuka stand di area perlombaan, memasang berbagai banner, hingga menyelenggarakan acara atau kuis berhadiah bagi pengunjung.

Hal ini bisa mendekatkan bisnismu dengan para calon pelanggan potensial. Belum lagi, adanya kesan positif yang pasti akan dibicarakan oleh banyak orang di luar sana terkait keikutsertaan bisnismu dalam mensukseskan acara lomba tersebut.

Jika demikian, citra bisnismu akan semakin meningkatkan di kalangan masyarakat, dan berimbas kepada penjualan produk yang kian meningkat seiring semakin terkenalnya produkmu.

5.    Ikut Serta di Sebuah Acara

Selain menjadi sponsor, kamu juga bisa memilih jenis promosi lainnya dengan menjadi salah satu tenant yang ikut meramaikan suatu acara. Bisnis yang kamu tekuni bisa ikut meramaikan berbagai acara berskala nasional.

Misalnya membuka stand di acara Jakarta Fair dengan menawarkan berbagai diskon produk. Tentunya sebagian besar pelanggan akan merasa tertarik dengan penawaran harga yang bisnismu berikan. Karena mereka tidak perlu membayar lebih dari harga aslinya.

Jangan lupa untuk menghadirkan suatu hal yang berbeda dari bisnismu. Agar terlihat berbeda, kamu bisa melibatkan beberapa SPG cantik sebagai daya tarik yang bisa memikat pelanggan untuk datang ke stand milikmu tersebut.

Jenis-jenis promosi yang sudah dijelaskan di artikel ini bisa kamu sesuaikan dengan bisnis atau produk yang ingin ditawarkan nantinya. Kamu bisa menggunakan satu di antara tujuh strategi pemasaran di atas untuk meningkatkan brand di mata masyarakat, atau menggabungkannya dengan strategi pemasaran lainnya tergantung dari tujuan pemasaran yang ingin dicapai.

Pebisnis bisa mengeluarkan biaya promosi murah dengan membangun citra bisnis lewat sosial media, menyelenggarakan kontes giveaway di media sosial, menjadi sponsor di kegiatan tertentu, dan mencari bisnis lainnya yang ingin menjadi sponsor giveaway secara gratis.

Ini adalah cara-cara yang bisa kamu lakukan untuk menghemat biaya promosi dengan harapan bisa menekan biaya pemasaran sekecil mungkin dengan hasil pemasaran terbaik.

Artikel Terkait