Investor Pemula, Saham

Cara Jadi Broker Saham yang Dibutuhkan Perusahaan Sekuritas

Cara Jadi Broker Saham yang Dibutuhkan Banyak Perusahaan Sekuritas

Ajaib.co.id – Broker saham merupakan profesi yang mungkin tidak terlalu populer di Indonesia, tapi posisinya sangat penting di dunia pasar modal. Broker saham menjadi perantara antara investor dan perusahaan sekuritas yang nantinya terhubung dengan emiten. Broker saham merupakan profesi yang menarik dan cukup menjanjikan, apalagi saat ini dunia pasar modal Indonesia terus meningkat dengan baik. Untuk itu kamu perlu mengetahui cara jadi broker saham yang sesungguhnya.

Sebenarnya apa itu broker saham?

Broker saham di Indonesia disebut juga dengan Wakil Perantara Perdagangan Efek (WPPE). Broker saham bekerja di perusahaan sekuritas, dan tugasnya tidak hanya menjembatani pihak perusahaan sekuritas dengan investor, tapi juga memberikan informasi-informasi penting pada investor. Broker saham tidak bisa memandang ini adalah investor lama, dan itu adalah investor baru. Semua investor harus diberikan pelayanan yang baik. Apalagi investor yang baru, yang membutuhkan banyak informasi.

Tugas Seorang Broker Saham

Ada beberapa tugas dari broker saham misalnya:

  1. Mengelola transaksi investasi saham yang diinginkan oleh investor yang jatuhnya sebagai klien broker saham tersebut. Semuanya harus dilakukan sesuai dengan prosedur yang berlaku.
  2. Memberikan informasi akurat tentang segala macam informasi yang berkaitan dengan pasar modal, termasuk di dalamnya saran-saran yang bisa membantu investor mengambil keputusan yang baik untuk kegiatan investasinya.
  3. Broker saham juga diharuskan mengetahui dengan baik tren yang sedang terjadi di pasar modal. Caranya dengan selalu melakukan riset. Jadi, mereka juga diwajibkan memantau pergerakan pasar modal setiap waktu.
  4. Peraturan hukum dan pajak yang berlaku di dunia pasar modal bisa saja berganti mengikuti tren pasar dan zaman. Untuk itulah, broker saham juga diwajibkan mengetahui peraturan yang baru berlaku ini.
  5. Broker saham juga harus siap melakukan pertemuan dengan investor, membahas portofolio saham yang dimiliki investor tersebut, dan segala risiko yang bisa dihadapi investor. Broker saham harus bisa membaca hal ini.

Tugas broker saham mungkin terlihat rumit oleh karena itulah wajar jika broker saham memiliki gaji yang cukup menggiurkan. Belum lagi bonus yang bisa didapatkannya, jadi broker saham merupakan profesi yang sangat menarik. Dan ternyata, jumlah broker saham di Indonesia ini jumlahnya masih sedikit, hanya sekitar 10.000 orang yang tersebar di seluruh Indonesia. Jadi, profesi ini memang sangat dibutuhkan, mengingat dari tahun ke tahun semakin banyak masyarakat yang masuk ke dunia pasar modal.

Kriteria & Cara Menjadi Broker Saham

Siapa saja bisa menjadi broker saham, asalkan memenuhi cara dan kriteria-kriteria sebagai berikut. Inilah cara jadi broker saham yang perlu kamu ketahui:

1. Belajar tentang dunia pasar modal secara total

Semua tugas broker saham memang berkaitan dengan pasar modal, jadi sudah sewajarnya broker saham belajar tentang dunia pasar modal. Untuk belajar tentang pasar modal, tidak harus kuliah dulu di jurusan investasi atau semacamnya, kamu bisa mendaftar di sebuah lembaga atau mengikuti seminar-seminar yang berkaitan dengan pasar modal.

Kamu akan mendapatkan banyak pengetahuan dari sana. Jangan ragu untuk bertanya jika ada yang kamu tidak mengerti, dan jangan lupa untuk mencatat segala hal yang baru kamu ketahui. Hal itu akan sangat berguna untuk ujian sertifikasi.

2. Banyak latihan berbicara untuk berhadapan dengan investor

Cara jadi broker saham berikutnya adalah kamu diwajibkan memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik. Kamu akan sering bertemu dengan investor untuk menjelaskan hal-hal yang berkaitan dengan investasinya.

Adakalanya kamu akan menawarkan produk saham yang bekerja sama dengan perusahaan sekuritas di mana kamu bekerja. Kamu tentu harus memiliki kemampuan negosiasi yang apik agar investor bersedia berinvestasi di perusahaan yang sedang kamu promosikan. Kemampuan komunikasi ini bisa dilatih dari sekarang. Kamu harus punya rasa percaya diri yang tinggi untuk berhadapan dengan para investor.

3. Memiliki sertifikat kompetensi sebagai broker saham

Ini adalah cara jadi broker saham yang harus kamu lewati. Di Indonesia, semua broker saham memiliki sertifikat kompetensi untuk menjadi Wakil Perantara Perdagangan Efek (WPPE). Sertifikat ini diakui oleh pemerintah jika kamu berhasil lulus.

Di Indonesia ujian kompetensi broker saham biasanya diadakan setiap tiga kali dalam setahun. Pelaksanaan ujiannya berada di lembaga-lembaga resmi yang menyediakan pelatihan dan ujian untuk calon WPPE. Soal ujiannya ada 100 dan isinya berkaitan dengan semua kegiatan yang ada di pasar modal.

Agar bisa lulus dan mendapatkan sertifikat yang menandakan kamu bisa bekerja sebagai broker saham, kamu diharuskan mendapatkan nilai minimal 65. Akan lebih bagus jika lebih dari itu karena cukup berpengaruh juga ketika kamu melamar kerja di perusahaan sekuritas. Oleh karena itu kamu harus mempersiapkan ujian dengan baik dan belajar yang tekun. Setelah berhasil lulus, jalan kamu bekerja sebagai broker saham pun akan semakin terbuka lebar.

4. Melamar kerja di perusahaan sekuritas yang terpercaya

Setelah berhasil mendapatkan sertifikat tersebut, kamu bisa melamar kerja di perusahaan sekuritas manapun yang kamu inginkan. Yang terpenting perusahaan sekuritas tersebut terdaftar resmi di Bursa Efek Indonesia. Perusahaan sekuritas tentunya akan memilih calon broker saham yang kompeten, jadi kamu harus siap dengan segala tahapan tes dan wawancara.

Ketika kamu sudah diterima menjadi seorang broker saham, duniamu baru saja dimulai. Semua yang kamu lalui, akan menjadi pengalaman yang bagus untuk karirmu.

Seperti itulah cara jadi broker saham. Jalannya cukup panjang dan perlu usaha yang sangat keras. Jika kamu serius ingin menjadi broker saham, sekarang adalah waktu yang tepat untuk mulai mempersiapkannya.

Nah, bagi kamu yang ingin menjadi broker saham, kamu bisa belajar menjadi investor terlebih dulu di Ajaib. Di Ajaib, kamu bisa mendapatkan berbagai informasi terbaru di dunia saham sekaligus membantu kamu memulai investasi. Ajaib menyediakan investasi reksa dana dengan modal mulai dari Rp10 ribu dan trading saham yang tepercaya.

Untuk memulai investasi di Ajaib pun mudah, kamu hanya perlu mendaftar melalui aplikasi ataupun website, kemudian masukkan dana investasi di Ajaib. Untuk lebih lengkapnya, jangan ragu untuk menghubungi kami ya!

Artikel Terkait