Milenial

Cara Cek Rekening Penipu, Bikin Transaksi Online Aman

Ajaib.co.id – Kemudahan dalam mendapatkan barang apapun yang kamu butuhkan saat ini, berkat teknologi yang semakin canggih yaitu dengan transaksi secara online.

Akan tetapi, di balik kemudahan tersebut ada kejahatan yang mengintai kamu. Salah satunya adalah penipuan di setiap transaksi online. Oleh karena itu, kamu diminta untuk berhati-hati dalam memilih tempat maupun penjual secara online.

Untuk mengantisipasi tindak kejahatan penipuan ini, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah melakukan cek rekening penipu. Mengingat, setiap penipu yang berpura-pura menjual barang tertentu pastinya akan melampirkan nomor rekening bank untuk mengirim uang.

Setelah calon pembeli percaya dan mentransfer sejumlah dana, maka mereka akan mengeluarkan jurus andalannya yaitu menghilang.

Sudah banyak korban yang dirugikan ketika membeli dan melakukan transfer, namun barangnya tidak kunjung datang ke alamat mereka. Berkat kecanggihan teknologi saat ini, kamu dimudahkan untuk mengantisipasi calon penipu ini dengan melakukan cek rekening penipu.

Lalu, bagaimana cara yang dilakukan untuk bisa mengetahui bahwa nomor rekening tersebut adalah penipu?

Melakukan Cek Rekening Penipu Secara Online

Untuk mengantisipasi terjadinya tindak penipuan yang mengintai, sebelum melakukan transfer uang ke rekening penjual, kamu bisa memeriksa rekening tersebut secara online.

Caranya dengan mengunjungi beberapa situs resmi yang mampu memberitahukan suatu nomor rekening telah dikategorikan sebagai rekening penipu. Berikut cara yang dimaksud:

Cek Rekening Penipu Lewat Cekrekening.id

Salah satu situs resmi buatan Kementerian Komunikasi dan Informatika Indonesia yaitu Cekrekening.id ini dapat dijadikan media online untuk melaporkan kasus penipuan secara online.

Situs yang dapat diakses secara gratis melalui smartphone atau perangkat komputer ini, siap membantu kamu khususnya masyarakat Indonesia dalam melakukan cek rekening penipu yang digunakan pada modus penipuan online.

Selain mampu melacak nomor rekening, situs ini bisa mengumpulkan semua informasi rekening pelaku meliputi nama pemilik, nama bank, sampai riwayat transaksi.

Dengan informasi ini, nantinya bisa dijadikan barang bukti untuk memblokir rekening si pelaku sehingga korban penipuan selanjutnya bisa berkurang.

Cek Rekening Penipu Lewat Kredibel.co.id

Cara cek rekening penipu secara online berikutnya adalah dengan mengunjungi situs Kredibel.co.id. Sama halnya dengan cekrekening.id, situs ini juga mampu menampilkan rekam jejak dari sebuah nomor rekening yang didapat berdasarkan laporan serta ulasan dari masyarakat.

Nantinya, situs ini bisa memastikan kredibilitas dari nomor telepon yang dijadikan sarana untuk melakukan penipuan online.

Cek Rekening Penipu Melalui Lapor.go.id

Cek rekening penipu melalui pilihan situs selanjutnya adalah Lapor.go.id milik Kepolisian Republik Indonesia. Selain itu, kamu bisa menggunakan situs ini untuk melaporkan setiap kasus kriminal yang menjadikan kamu korban.

Tidak hanya kasus penipuan online yang menimpa kamu saja, namun kasus-kasus kriminal lainnya juga bisa dilaporkan melalui situs ini.

Cek Rekening Penipu Lewat Akun Instagram @indonesiablacklist

Cara selanjutnya melalui media sosial Instagram. Peran media sosial saat ini memang bukan hanya sebagai ajang pertemanan dan pamer aktivitas saja, namun media sosial bisa digunakan sebagai media informasi salah satunya menampung informasi kejahatan yang kamu alami.

Salah satunya adalah akun Instagram dengan username @indonesiablacklist.

Akun ini merupakan akun yang mengumpulkan informasi mengenai kasus penipuan secara online, baik terjadi di akun jual beli Instagram maupun toko online lainnya.

Selain nomor rekening, akun ini bisa membantu kamu untuk mendapatkan jasa mediasi secara gratis. Setiap kasus yang dialami akan diunggah melalui akun Instagram tersebut hingga dapat terselesaikan.

Melaporkan Rekening Penipu

Langkah selanjutnya ketika kamu selesai cek rekening penipu adalah melaporkannya. Hal ini bertujuan agar tindak kejahatan bisa dicegah dan mengurangi korban penipuan online selanjutnya.

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk melaporkan rekening penipu agar segera diproses dan diblokir. Berikut beberapa cara yang dimaksud:

Melaporkannya ke Otoritas Jasa Keuangan

Otoritas Jasa Keuangan atau OJK membuka layanan pengaduan untuk masyarakat yang menemukan atau mengalami modus penipuan dengan menggunakan rekening perbankan.

Untuk bisa menggunakan layanan pengaduan melalui OJK, kamu bisa menghubungi nomor telepon resminya di 1-500-655 atau mengirimkannya melalui surat elektronik ke [email protected]

Nantinya nomor rekening penipu yang kamu laporkan akan dijadikan bukti bagi OJK untuk segera memprosesnya dan membekukan rekening yang digunakan penipu.

Melaporkannya Lewat CekRekening.id atau Lapor.go.id

Situs resmi yang disediakan oleh pemerintahan dan kepolisian ini ternyata juga bisa kamu gunakan untuk melaporkan rekening penipu.

Untuk melaporkan rekening penipu melalui cekrekening.id, kamu bisa mengunjunginya di situs tersebut, lalu pilih bank, masukkan nomor rekening, dan klik periksa tombol rekening.

Lalu klik tambahkan laporan serta isi beberapa kolom yang dibutuhkan jika rekening yang kamu laporkan memang terindikasi tindak penipuan. Selain penipuan, situs ini juga menerima laporan tindak kejahatan lainnya.

Sedangkan untuk laporan melalui Lapor.go.id, sama halnya dengan cekrekening.id. Kamu tinggal mengunjungi situsnya, lalu masukan laporan terkait penipuan.

Selain itu, kamu juga bisa melakukan laporan di Lapor.go.id melalui SMS ke 1708, aplikasi LAPOR! di smartphone, hingga mengunjungi akun Twitter di @LAPOR1708 disertai tagar #lapor.

Melaporkan Langsung ke Polisi

Jika tindak penipuan yang kamu alami memang sudah sangat merugikan, misalnya lebih dari Rp2,5 juta, maka cara yang paling tepat adalah dengan mengunjungi kantor polisi setempat.

Kamu bisa menceritakan kronologi penipuan dan bukti penipuan yang dialami secara lebih jelas. Dengan begitu, proses pelaporan bisa langsung ditindak secepatnya.

Oleh karena itu, sebagai pengguna teknologi canggih yang terus berkembang, kamu dituntut harus semakin pintar dalam menggunakannya. Hal tersebut dilakukan agar kamu terhindar dari praktik-praktik penipuan online yang terjadi kapanpun.

Apalagi sekarang sudah banyak situs jual beli online yang menawarkan kemudahan belanja secara aman dan tepercaya. Kamu bisa memanfaatkan situs e-commerce atau marketplace tersebut ketika ingin belanja secara online.

Sama halnya dengan investasi, ada banyak tindak penipuan yang siap mengintai para investor. Oleh karena itu, pilihlah media investasi online yang aman dan tepercaya sehingga bisa membantu kamu dalam berinvestasi seperti Ajaib.

Ajaib dapat membantu kamu berinvestasi di instrumen saham dan reksa dana secara aman serta mudah.

Selain aman dan mudah, pastinya investasi yang kamu lakukan akan menghasilkan keuntungan. Oleh karena itu, yuk download aplikasi Ajaib di smartphone kamu untuk memulai investasi sekarang!

Artikel Terkait