Bisnis & Kerja Sampingan

7 Bisnis Kekinian yang Bisa Dijalani dengan Modal Minim

bisnis kekinian

Ajaib.co.id – Jika kamu saat ini berencana memulai bisnis baru, mungkin kamu bakal mencari beberapa referensi bisnis kekinian yang bisa kamu jalankan dengan modal yang minim. Bisnis kekinian yang bisa kamu jalankan tentunya harus didukung dengan pengetahuan yang baik terkait dengan bisnis tersebut.

Memiliki pengetahuan terkait dengan bisnis kekinian sangat penting, karena dalam sebuah bisnis bukan hanya soal tren dan keuntungan saja, namun juga pengelolaan bisnis yang bisa berkembang dan sustainable. Saat ini, ada banyak bisnis kekinian yang sempat booming di awal, namun setelah berjalan beberapa waktu malah semakin suram.

Nah, lalu apa saja ide bisnis kekinian yang bisa kamu jadikan referensi untuk dapat menghasilkan uang. Lalu, apa saja aturan dan syarat penting untuk memilih bisnis kekinian di era saat ini? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, berikut 7 bisnis kekinian yang bisa kamu jalani dengan biaya kecil:

Healthy Food

Saat ini trend makanan sehat semakin digemari dan membuat bisnis healthy food menjadi sebuat bisnis kekinian yang menjanjikan. Tren bisnis kuliner saat ini juga tidak lagi mengarah pada bentuk bisnis junk food atau makanan cepat saji. Meskipun masih ramai peminat kebanyakan dari masyarakat modern perkotaan cenderung memilih santapan sehat.

Healthy food bisa menjadi bisnis kekinian yang berpeluang mendulang profit dan bisa sustainable kedepannya. Untuk tahap awalnya tentunya kamu jangan memikirkan untung dulu, namun berupaya mencari sebanyak-banyaknya pelanggan.

Boba Milk Tea

Bisnis kekinian kedua yang sedang naik daun saat ini adalah boba milk tea. Boba milk tea merupakan jenis minuman dengan campuran boba dan teh susu. Boba Milk tea juga memiliki prospek kedepannya, apalagi masyarakat urban kini sangat menggemari minuman yang diadaptasi dari negara K-Pop tersebut.

Dengan memanfaatkan popularitas daripada boba milk tea kamu tentunya berkesempatan memperoleh profit yang menjanjikan. Bisnis kekinian boba milk tea juga nyatanya tidak sulit dijalankan mengingat ada banyak franchise yang menawarkan kerja sama.

Ayam Geprek

Selanjutnya bisnis kekinian yang tak pernah kalah pamor adalah ayam geprek. Ayang geprek masih menjadi menu paling digemari konsumen saat ini dan menjadi salah satu bisnis kuliner yang mampu bertahan cukup lama.

Selain praktis dan mengenyangkan, ayam geprek juga tak butuh modal besar, sehingga sebagai permulaan, kamu bisa menjalani bisnis ini secara sederhana.

Namun, dengan pamornya yang sangat tinggi dilanagan penggemarnya, tentunya kamu harus berinovasi dalam bisnis ini, misalkan saja kamu memiliki keunggulan rasa yang khas untuk ayam atau sambalnya, sehingga konsumen akan tertarik menjadi pelanggan setia kamu.

Bisnis Laundry

Bisnis laundry juga menjadi bisnis yang tak kalah menguntungkan saat ini. Namun, dalam menjalani bisnis ini, tentunya kamu harus menghabiskan modal yang agak besar karena kamu harus melengkapi peralatan laundry. Misalkan saja kamu harus membeli mesin cuci, mesin pengering, setrika dan lain sebagainya.

Walau demikian, bisnis laundry tidak ada matinya dan bisa dikatakan sebagai bisnis kekinian yang terus maju pesat. Terutama jika laundy kamu berada pada tempat strategis, seperti perkantoran, kampus, kos-kosan ataupun apartemen.

Jasa Kecantikan

Bisnis kekinian yang tidak ada matinya adalah jasa kecantikan, seperti salon maupun freelance makeup artist (MUA). Jasa kecantikan tentunya menjadi sebuah kebutuhan wanita urban yang tetap ingin menjaga penampilannya agar tetap trendi dan kekinian.

Bisnis salon juga tentunya harus berinovasi sehingga para pelanggan bisa melakukan banyak hal untuk perawatan kecantikannya. Hanya saja, bisnis salon adalah bisnis jangka panjang yang permanen sehingga modalnya lebih besar daripada MUA.

MUA merupakan jasa make up yang berbeda dari kebanyakan make up di salon. MUA memiliki standar seni yang berbeda dalam mempercantik wajah dengan sentuhan seni. Jasa MUA juga bersifat mobile, sehingga bisa memudahkan kamu untuk tidak harus repot datang ke salon. Harga yang ditawarkan MUA juga bervariasi.

Dalam memulai bisnis sebagai MUA kamu hanya butuh set perlengkapan make up dan rambut. Berbeda dengan salon yang membutuhkan peralatan lebih banyak.

Penyewaan Alat Dokumentasi

Bisnis kekinian yang tidak kalah mendulang profit besar adalah penyewaan alat dokumentasi. Saat ini, alat dokumentasi yang banyak disewakan untuk memudahkan mengabadikan momen, seperti penyewaan kamera foto dan kamera video.

Peminatnya juga tidak sedikit mulai dari jasa bridal, pewarta foto dan video lepas, sampai dengan vloger dan production house. Tentunya untuk perusahaan besar penyewaan berdasarkan kontrak bulanan atau tahunan.

Namun demikian dalam memulai bisnis ini, kamu tentunya harus mengeluarkan modal yang tidak kecil mengingat harga kamera satu buah saja bisa melebihi harga ponsel pintar.

Jasa Penitipan Anak

Bisnis kekinian selanjutnya adalah jasa penitipan anak atau daycare. Bisnis yang satu ini terus meningkat, lantaran banyak orang tua muda yang bekerja.

Sehingga mau tidak mau harus menitipkan anaknya melalui day care. Bisnis day care juga tentunya memiliki prospek yang bagus kedepannya karena selain dibutuhkan oleh para orang tua millennial, bisnis day care dinilai mampu memberikan stimulus pada anak untuk bisa mandiri.

Dengan begitu kebanyakan orang tua perkotaan yang berpendapatan cukup, lebih memilih menitipkan anaknya kepada daycare daripada mencari pengasuh harian yang bekerja di rumah.

Artikel Terkait