Cara Cek Pajak Kendaraan Online 2020 dengan Mudah

Cara Cek Pajak Kendaraan Online 2020 dengan Mudah
Cara Cek Pajak Kendaraan Online 2020 dengan Mudah

Perkembangan teknologi yang pesat membuat saat ini serba online. Dengan online, semuanya jadi terasa mudah karena bisa diakses hanya dengan smartphone sambil rebahan. Bahkan untuk cara cek pajak kendaraan online sudah bisa dilakukan via smartphone

Dengan program tersebut, pemerintah sudah memudahkan setiap warganya untuk mengetahui pajak kendaraannya. Untuk mengetahui informasi terkait kewajiban pajak kendaraan tersebut, kamu bisa mencari informasinya secara online melalui aplikasi atau website.

Pajak merupakan salah satu dari pendapatan pemerintah yang bisa digunakan untuk banyak hal seperti melakukan pembangunan. Ketika kamu rutin membayar pajak, kamu akan lebih mudah saat mengajukan pinjaman dana pada Bank.

Melihat pentingnya pajak untuk orang lain dan diri sendiri, ditambah dengan kemudahan akses yang disediakan pemerintah. Maka sebaiknya kamu mulai rutin mengingat kapan jatuh tempo pajak kendaraanmu dan berapa jumlah pajak yang harus dibayarkan. Berikut informasi terkait cara cek besar pajak yang harus dibayar secara online, kapan dan di mana saja.

Cara Cek Pajak Kendaraan Online melalui Web

Untuk mengecek pajak kendaraan secara online, kamu bisa mengunjungi situs website samsat daerahmu. Dalam situs tersebut kamu akan mendapatkan informasi terkait pajak seperti nominal yang harus kamu bayarkan juga tanggal jatuh tempo.

Beberapa daerah mungkin belum semua menerapkan sistem tersebut, namun untuk kota-kota besar sudah bisa menikmati fasilitas tersebut.

Jika kamu memiliki kendaraan yang sudah terdaftar di Jakarta, pemerintah Jakarta sudah menyiapkan layanan pajak kendaraan bermotor secara online pada situs resminya. Berikut cara mengecek pajak kendaraan bermotor melalui situs tersebut.

Pertama kunjungi website resmi samsat pemerintah provinsi DKI Jakarta http://samsat-pkb2.jakarta.go.id/. Masukkan plat nomor dan NIK. Tunggu beberapa saat dan kamu akan melihat informasi terkait pajak kendaraan mu. Nominal yang tertera belum termasuk denda dan pajak progresif.

Untuk wilayah Jawa Timur, kamu bisa mengecek pajak kendaraan bermotor dengan mengunjungi https://info.dipendajatim.go.id/index.php?page=info_pkb. Setelah itu kamu tinggal memasukkan plat nomor kendaraan mu dengan kode verifikasi dan klik cari.

Untuk mengecek kendaraan di daerah Jawa Barat, kamu bisa mengunjungi situs https://bapenda.jabarprov.go.id/infopkb/ dengan mengisi kolom sesuai permintaan, kamu akan mendapatkan informasi terkait kendaraanmu.

Untuk mengecek kendaraan daerah Yogyakarta, kamu bisa mengunjungi http://infonjkbdiy.com/ lalu masukkan plat nomor kendaraanmu diikuti kode belakangnya lalu klik submit. Dengan begitu kamu akan mendapat informasi terkait pajak kendaraan mu.

Untuk daerah Jawa Tengah jika kamu ingin mencari informasi terkait pajak kendaraanmu, kamu bisa mengunjungi http://dppad.jatengprov.go.id/info-pajak-kendaraan/. Kamu tinggal memasukkan nomor polisi dan klik submit saja.

Pemerintah terus meningkatkan sistem online untuk memudahkan masyarakat untuk membayar pajak pada wilayah Indonesia yang lainnya. Kamu bisa cari dulu di Google dengan keyword samsat (nama daerahmu). 

Meskipun setiap situs memberikan jalur yang berbeda untuk mengecek pajak kendaraan bermotor, secara umum hampir sama. Bisa dicek pada sub-sub halaman dalam website resmi samsat daerahmu.

Setelah kamu mengetahui nominal yang harus kamu bayarkan dengan batas tanggal, kamu bisa menyiapkan uang tersebut. Beberapa samsat di kota-kota besar sudah menyediakan pembayaran online.

Selain bisa di cek melalui website, untuk mengecek pajak kendaraan juga bisa dilihat melalui aplikasi. Kamu tinggal download aplikasi tersebut di Playstore.

Cara Cek Pajak Kendaraan Online Via Aplikasi

Selain melalui website, cara cek pajak kendaraan online bisa dilakukan dengan aplikasi. Aplikasi tersebut mampu melihat pajak, pencurian sepeda motor juga melihat masa berlaku STNK.  Kamu tinggal download di playstore saja.

Setelah itu pilih menu Pajak Kendaraan Bermotor atau PKB . Isikan nomor polisi kendaraanmu untuk pengecekan pajak. Tunggu beberapa saat dan informasi pajak kendaraan beserta tanggal jatuh temponya akan terlihat. Cukup mudah dan praktis.

Cek Pajak Kendaraan Via Samsat

Mengecek pajak kendaraan via samsat harus kamu lakukan jika kendaraan mu tidak ada di salah satu provinsi yang sudah menyediakan e-samsat. Maka kamu harus membayar dan mengecek pajak kendaraanmu di samsat.

Mengecek pajak kendaraan langsung ke samsat ini bisa menjadi solusi jika kamu tidak bisa online karena kuota internet ataupun karena sinyal.

Syarat & Cara Membayar Pajak Kendaraan Di Samsat

Setelah mengecek pajak kendaraan mu, baik melalui website atau aplikasi, kamu bisa mulai menyiapkan uangnya. Jika sudah ada kamu bisa membayarnya melalui ATM atau transfer. Ambil struk pembayaran untuk kamu bawa ke samsat daerahmu.

Pajak pemilik kendaraan dibagi menjadi dua, pajak tahunan dan pajak lima tahunan. Pajak tahunan adalah pengesahan STNK tahunan. Kamu bisa mengurusnya di kantor samsat atau samsat keliling di titik-titik tertentu untuk mempercepat prosesnya.

Dokumen yang harus kamu bawa adalah STNK asli, KTP asli sesuai nama pada STNK dan BPKB. Uang secukupnya untuk membayar pajak. Pajak lima tahunan adalah saat pergantian plat motor juga pergantian STNK.

Untuk pajak lima tahunan, hanya bisa dibayarkan di kantor samsat saja. Syarat yang harus kamu lengkapi untuk pajak lima tahunan adalah BPKB dan STNK asli, KTP asli sesuai STNK dan BPKB, formulir cek fisik kendaraan yang sudah disediakan pihak samsat.

Pembayaran Pajak Kendaraan di Samsat 

Saat kamu akan membayar pajak, datanglah ke kantor samsat pagi hari agar kamu tidak antri terlalu lama. Ambil dan isi formulir yang sudah disediakan di loket samsat, isi dengan data sebenar-benarnya.

Serahkan formulir beserta dokumen yang dibutuhkan seperti STNK, KTP dan lain sebagainya kepada petugas. Lalu tunggulah karena nanti kamu akan dipanggil. Petugas akan memberikan nominal yang harus kamu bayar. Cek lagi untuk memastikan.

Untuk membayar sejumlah nominal yang tertera, kamu bisa menuju loket. Bukti pembayaran akan di stempel. Tunggu lagi sampai nama kamu dipanggil untuk ke loket dan mengambil STNK baru yang sudah diperpanjang.

Itulah cara cek pajak kendaraan online dengan menggunakan aplikasi atau mengunjungi website resmi samsat daerahmu. Berkat kecanggihan teknologi saat ini mengurus pajak kendaraan menjadi  sangat mudah dilakukan.

Bacaan menarik lainnya:

Kristanty, Nova. 2014. Pengaruh Pengetahuan Wajib Pajak, Tarif Pajak, dan Penyuluhan Pajak terhadap Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak Badan di Kantor Pelayanan Pajak. Jurnal. Online


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait