Lima Situs Gratis Belajar Bahasa Inggris Online untuk Pemula

Belajar Bahasa Inggris Online
Belajar Bahasa Inggris Online

Jika Anda ingin menjadi pintar dalam berbahasa Inggris, namun merasa bingung atau bosan jika belajar melalui buku, mungkin hal pertama yang muncul di pikiran Anda adalah mengikuti kursus singkat. Namun, menjalani kursus singkat pastilah mewajibkan Anda untuk datang ke tempat kursus yang mungkin akan memakan waktu, biaya dan tenaga ekstra.

Nah, tidak perlu khawatir, di era serba canggih ini belajar bahasa Inggris online bisa Anda jadikan pilihan untuk meningkatkan kemampuan Anda dalam berbahasa Inggris tanpa perlu harus pergi ke lokasi kursus. Anda bisa belajar dengan mudah di manapun Anda berada dengan koneksi internet dan laptop.

Ada beberapa tempat belajar bahasa Inggris online yang berbayar dan ada pula yang gratis, tinggal Anda yang memutuskan untuk memilih yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika Anda ingin belajar bahasa Inggris online secara gratis, ini rekomendasi lima situs belajar bahasa Inggris gratis:

1.   Duolingo

Situs gratis pertama untuk belajar bahasa Inggris online adalah Duolingo. Duolingo menghadirkan ragam permainan menarik yang interaktif untuk memudahkan proses belajar Anda. Selain gratis website ini juga mengajarkan Anda belajar bahasa Inggris dengan cara yang fun dan mudah diingat.

Di Duolingo Anda bisa memilih pembelajaran bahasa Inggris sesuai dengan pengetahuan atau level bahasa Inggris Anda saat ini. Situs Duolingo memiliki cakupan yang luas dalam memudahkan Anda belajar bahasa Inggris dalam berbagai aspek seperti listening, reading, writing hingga speaking secara gratis atau cuma-cuma.

2.   Learnenglish

LearnEnglish atau yang umum disebut dengan LE dikelola oleh British Council untuk memudahkan seseorang dalam belajar bahasa Inggris online. Sebelum memulai, Anda bisa menentukan level pengetahuan bahasa Inggris Anda melalui tahapan uji kemampuan bahasa secara online. Kemudian, Anda akan diberikan program-program belajar bahasa Inggris secara online yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Belajar bahasa Inggris melalui LearnEnglish adalah gratis dimana Anda dapat terhubung kedalam komunitas online global.

3.   Grammarly

Website gratis untuk belajar bahasa Inggris selanjutnya adalah, Grammarly. Grammarly sangat cocok bagi kamu yang ingin memantapkan tata bahasa atau grammar bahasa Inggris dan melatih teknik penulisan berbahasa Inggris dengan baik dan benar.

Grammar umumnya digunakan bagi orang-orang yang berencana mengikuti ujian standarisasi bahasa seperti TOEFEL dan IELTS. Dengan kemampuan grammar, maka Anda akan lebih mudah untuk menulis esai dan menggunakan bahasa Iinggris secara baik dan terstruktur tata bahasanya.

4.   Langroo

Di posisi ke-4 ada Langroo yang merupakan laman belajar bahasa Inggris gratis yang bisa Anda gunakan. Langroo akan membantu Anda dalam belajar bahasa Inggris secara online baik American English ataupun British English.

Tak hanya belajar menggunakan bahsa Inggris yang baku, Anda juga akan diajari untuk menggunakan bahasa snag atau bahasa gaul dengan kosakata Inggris. Langroo terhubung dengan aplikasi Facebook Messenger, yang memudahkan Anda untuk chat dengan teman dalam bahasa Inggris.

5.   Futurelearn

Selanjutnya, FutureLearn menjadi salah satu website belajar bahasa Inggris gratis dengan mengedepankan banyak topik, seperti budaya dan perbedaan bahasa. FutureLearn membebaskan Anda dalam memilih topik yang Anda sukai dengan menentukan tanggal memulai program belajar.

Dengan isntruksi yang jelas dan detail, FutureLearn sangat membantu Anda yang masih belum memahami seluk beluk berbahasa Inggris. Website ini juga sangat fleksibel dan menyesuaikan dengan waktu Anda, sehingga cukup nyaman bagi Anda yang sibuk dengan rutinitas.

Instruksinya sangat jelas dan mendetil, sehingga kamu bisa dengan mudah menyisipkan jadwal untuk FutureLearn di waktu senggang atau waktu yang nyaman untukmu.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait