Bisnis & Kerja Sampingan

Butuh Uang Tambahan? Temukan Kerja Sampingan Idaman

Ajaib.co.id – Jika kamu memiliki target finansial, baik jangka pendek maupun jangka panjang tentu bekerja dan menghasilkan keuntungan setiap bulannya akan menyenangkan. Untuk target finansial seperti sepatu boots, jaket kulit idaman, atau action figure salah satu karakter favorit tentu hanya membutuhkan waktu yang singkat untuk mencapainya. 

Lalu, bagaimana dengan target finansial jangka panjang dan membutuhkan biaya yang besar, seperti membeli smartphone terbaru, memiliki mobil untuk memudahkan mobilitas, atau mungkin rumah impian bersama keluarga?

Ibarat olahraga lari, mencapai target finansial jangka panjang merupakan lari marathon yang membutuhkan kesabaran dan kegigihan untuk bisa mencapai garis akhir. 

Selain membutuhkan waktu yang panjang, mencapai target finansial juga membutuhkan biaya yang cukup besar. Mungkin saat ini kamu sudah memikirkan perencanaan keuangan lengkap dengan strategi investasinya, tapi pertimbangkan mencari uang tambahan atau penghasilan tambahan untuk menambah pundi-pundi pendapatan dari sektor lain.

Kamu akan selalu menemukan cara untuk mendapatkan uang tambahan dari bekerja sampingan berdasarkan hobi atau hal yang kamu suka, tapi setidaknya pastikan kerja sampingan tersebut tidak mengganggu pekerjaan di hari-hari kerja. Lalu, bagaimana cara menemukan pekerjaan sampingan yang sesuai dengan kriteria? 

Dibutuhkan untuk pemaham atas diri sendiri untuk menentukan pekerjaan sampingan yang tepat untuk mendapatkan uang tambahan. Kamu harus mengetahui kemampuan apa yang kamu miliki dan prioritas saat ini.

Pertimbangkan juga aspek-aspek lain, misalnya apakah kamu lebih suka pekerjaan sampingan yang bisa dikerjakan dari rumah atau yang mengharuskan kamu berkeliling kota?  

Apapun keputusanmu, pastikan kerjaan sampingan tersebut menghasilkan uang tambahan yang layak untuk mendukung target finansial. Berikut beberapa pekerjaan sampingan yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan. 

Menjadi Pengajar

Jawab pertanyaan berikut ini: Apakah kamu mencari pekerjaan sampingan untuk mendapatkan uang tambahan yang stabil tiap bulannya? Apakah kamu menganggap dirimu gampang bergaul dengan orang lain?

Apakah kamu menyukai bekerja dengan anak-anak? Apakah kamu sangat terorganisir? Apakah kamu lebih menyukai bekerja dari rumah? 

Jika jawabannya iya, maka pekerjaan sampingan yang sesuai dengan kebutuhanmu adalah menjadi seorang pengajar. Kamu bisa mendapatkan uang tambahan selagi puas melihat seseorang belajar dan berkembang.

Kamu bisa menjadi pengajar Matematika, Bahasa Inggris, musik, atau apapun yang sesuai dengan keahlian yang kamu miliki. Kamu bisa menjadi pengajar dan mengunjungi rumah murid langsung atau jika kondisi darurat seperti saat ini, kamu bisa memanfaatkan platform virtual video conference, seperti Zoom atau Google Hangout

Uang tambahan yang bisa kamu dapatkan dari mengajar bervariasi, mulai dari ratusan ribu hingga puluhan juta, tergantung keahlian, pengalaman, jam mengajar, dan tingkat kesulitan subjek yang diajarkan. 

Asisten Pribadi 

Jika kamu pribadi yang sangat terorganisir, suka menjalin hubungan lebih dalam dengan klien dibandingkan hanya bertemu sesekali, suka membantu seseorang, dan berbelanja kebutuhan sehari-hari, maka pekerjaan sampingan yang bisa kamu ambil adalah menjadi asisten pribadi.  

Ada cukup banyak job portal yang mencari asisten pribadi. Pada umumnya, kamu akan membantu individu yang memiliki tingkat kesibukan yang tinggi, seperti Chief Executive Officer (CEO), manajer, profesional, atau influencer.

Kamu akan mengatur jadwal rapat mereka, mengelola kegiatan sehari-harinya, hingga menjalankan akun media sosial

Diperlukan sosok yang memiliki ketelitian yang tinggi dan tanggung jawab yang besar untuk menjadi seorang asisten pribadi, mengingat klien benar-benar bergantung manajemen waktu yang kamu buat agar kehidupan mereka menjadi lebih baik.

Berdasarkan situs Indeed, gaji seorang asisten pribadi mulai dari Rp3.000.000 hingga Rp7.000.000, tetapi bisa lebih tinggi tergantung dari industrinya. 

Task Handler 

Kamu suka melakukan pekerjaan kasar? Apakah kamu bisa merapikan barang elektronik? Apakah kamu bisa merakit, mengangkat kotak, atau membersihkan rumah? Selamat, kamu berpotensi menjadi task handler atau biasa disebut teknisi sebagai kerja sampingan.  

Kamu bisa menawarkan jasa rakit furniture, membersihkan rumah, menanam bunga, memperbaiki barang elektronik, mengatur tata letak barang di rumah, membeli tiket, hingga antar jemput pakaian kotor.

Berbeda dengan asisten pribadi, kebanyakan pekerjaan yang dilakukan task handler merupakan pekerjaan sehari-hari yang kerap kali dilupakan oleh klien karena kesibukannya.  

Ada banyak perantara yang bisa menyalurkan kemampuanmu sebagai task handler, misalnya melalui aplikasi ojek online yang kini menyediakan lahan pekerjaan untuk para task handler.

Keuntungan yang didapatkan sebagai task handler juga cukup menggiurkan. Kamu bisa mendapatkan sekitar Rp50.000 hingga Rp300.000 per jam tergantung tingkat kesulitan pekerjaan yang diberikan. 

Ojek-Taksi Online

Jika kamu suka mengelilingi kota, menghabiskan waktu berbicara dengan orang-orang yang berbeda, dan memiliki kesabaran menghadapi kemacetan, maka kamu bisa mempertimbangkan untuk mengambil kerja sampingan sebagai pengendara ojek/taksi online untuk mendapatkan pemasukan tambahan. 

Ke manapun, jam berapa pun, dan di manapun kamu bepergian, kamu akan selalu menemukan pengendara motor lengkap dengan jaket berwarna hijaunya beserta penumpangnya. Menjadi pengendara ojek-taksi online tidak membutuhkan syarat yang sulit, sebab yang kamu butuhkan adalah memiliki kendaraan motor/mobil, smartphone, surat izin mengemudi, dan tentunya adalah memahami rute dan lalu lintas di kotanya. 

Kamu bisa menjadikan pengendara ojek-taksi online sebagai kerja sampingan dengan cara mendaftar melalui penyedia aplikasi ojek-taksi online di kota yang kamu tinggali. Mengingat tidak ada jam kerja, kamu bisa menjalaninya di waktu luang, misalnya ketika akhir pekan. 

Apapun kerja sampingan yang kamu ambil, selalu ingat untuk selalu mengalokasikan keuntungannya ke tabungan untuk mencapai target finansial.

Artikel Terkait