Saham

Cara Membeli Saham Istimewa atau Saham Preferen

saham istimewa

Ajaib.co.id – Apakah sebenarnya saham istimewa itu? Apakah benar-benar istimewa seperti namanya? Apakah istimewa itu berarti investornya akan mendapatkan keuntungan besar? Tentunya pertanyaan-pertanyaan ini akan muncul di kepalamu begitu mendengar kata saham istimewa.

Jika dilihat berdasarkan klaimnya, terdapat dua jenis saham yaitu saham biasa dan saham preferen atau saham istimewa. Lalu apa itu saham istimewa? Saham preferen atau preferred stock adalah salah satu jenis saham dengan hak tambahan yang lebih besar daripada saham biasa atau bisa dibilang mempunyai hak istimewa dibanding saham biasa.

Keuntungan & Kelemahan Membeli Saham Preferen

Sebagai pemilik saham istimewa, ada beberapa hak prioritas yang bisa didapatkan seperti:

a. Berhak didahulukan dalam hal pembagian dividen.

b. Berhak menukar saham preferen yang dipegangnya dengan saham biasa.

c. Mendapat prioritas pembayaran kembali permodalan jika terjadi likuidasi perusahaan.

Meski memiliki beberapa keuntungan, membeli saham preferen juga memiliki beberapa kelemahan seperti:

a. Fluktuasi harga pasar saham preferen lebih fluktuatif.

b. Pemegang saham preferen tidak bisa menuntut kembali dana yang telah ditanamkannya di perusahaan.

Cara Mendapatkan Saham Istimewa

Seperti yang sudah kita ketahui, saham jenis ini memiliki hak-hak istimewa tambahan. Pada dasarnya, saham ini memiliki karakteristik gabungan dari obligasi dan saham biasa yang menghasilkan pendapatan tetap seperti bunga obligasi. Di mana, ketika kamu memiliki saham preferen, ia tidak memiliki hak suara dalam rapat pemegang saham.

Meskipun tidak memiliki voting rights, kamu tetap diistimewakan dalam pembayaran dividen, sekaligus mendapatkan hak atas klaim deviden dari perusahaan yang tidak diberikan pada tahun-tahun sebelumnya.

Salah satu contoh saham preferen di pasar modal Bursa Efek Indonesia adalah PT Mas Murni Tbk (MAMIP) yang bergerak di bidang pariwisata, restoran, dan perhotelan. Tertarik untuk mendapatkan saham preferen ini?

Saham preferen jelas memberikan keuntungan lebih besar dari segi nominal dan jaminan prioritas. Namun, seperti halnya prinsip high return high risk, pemegang saham preferen harus siap dengan risiko yang lebih besar. Risikonya adalah fluktuasi harga saham di pasar.

Jadi, dalam berinvestasi, selalu ingat bahwa keuntungan yang tinggi akan diikuti dengan risiko tinggi pula. Demikian juga sebaliknya. Pilihlah instrumen investasi dengan kesiapan dan kebutuhan.

Nah, setelah memahami dengan baik mengenai saham preferen, kamu bisa mulai membeli saham yang kamu inginkan di aplikasi Ajaib! Hanya dengan modal mulai dari Rp100 ribu, kamu sudah bisa memiliki hak atas saham perusahaan yang kamu pilih.

Kamu juga tidak perlu khawatir masalah keamanan aplikasi, karena aplikasi Ajaib telah terdaftar dan diawasi Otoritas Jasa Keuangan, sekaligus telah berada di naungan perusahaan sekuritas tepercaya yaitu Ajaib Sekuritas.

Selain saham, di Ajaib kamu juga bisa membantu kamu memulai investasi reksa dana, yang cocok bagi kamu investor pemula yang belum berani mengambil risiko tinggi. Yuk mulai investasi sekarang!

Artikel Terkait