Begini Cara Dapatkan Inspirasi dan Motivasi untuk Sukses

motivasi untuk sukses

Butuh motivasi untuk sukses? Jangan khawatir, redaksi Ajaib sudah menghimpunnya dalam ulasan ini. Simak agar kamu bisa mendapatkan inspirasi agar bisa sukses.

Berjuang untuk sukses tidak semudah kita bernafas atau membalikkan telapak tangan. Bisa jadi itu menjadi tugas yang sulit bahkan menakutkan bagi para pemula yang belum sukses dalam hidupnya.

Dengan menyadari bahwa kesuksesan adalah proses yang melibatkan langkah-langkah kecil, motivasi untuk sukses dan dapat dilakukan, kamu akan siap untuk mencapai tujuan apa pun yang kamu tetapkan melalui motivasi untuk sukses ini.

Wujudkan Tujuan kamu

Menentukan Tujuan

Salah satu hal terbaik yang dapat kamu lakukan untuk tetap termotivasi untuk sukses adalah mengidentifikasi tujuan kamu yang ingin dicapai. Identifikasi tujuan kamu dan seriuslah dengan apa yang kamu inginkan.

Jika kamu belum memiliki tujuan, buatlah daftar hal-hal yang ingin kamu capai dalam tiga hingga lima tahun ke depan. Setelah kamu membuat daftar itu, cobalah untuk mempersempitnya menjadi satu hal saja. Jauh lebih mudah untuk tetap fokus pada satu tujuan saja daripada banyak-banyak.

Tampilkan Tujuan Kamu

Setelah kamu mempersempit tujuan kamu, ketikkan dengan kata-kata yang besar kalau perlu. Kemudian cetak tujuan kamu dan tempel di dinding kamar tidur, cermin kamar mandi, hingga wallpaper gawai atau dimanapun tempat yang mata kamu dapat melihatnya. kamu juga dapat mempostingnya di kantor atau meletakkannya di desktop komputer kamu. Pengingat ini akan membantu kamu tetap fokus pada tujuan.

Buat tujuan kamu hanya beberapa kata panjang seperti halnya mantra. Coba ulangi tujuan kamu setidaknya sekali sehari untuk diri sendiri, Jika percaya diri lakukanlah di depan cermin.

Mulailah dari yang Kecil

Jangan menganggap tujuan kamu sebagai sesuatu yang sangat besar banget!. Cobalah sedikit untuk menurunkan pemikiran dengan mengambil langkah kecil menuju tujuan kamu.

Misalnya, jika kamu ingin berolahraga, kamu mungkin berpikir bahwa kamu perlu berolahraga intens lima hari seminggu. Sebagai gantinya, mulailah dari kecil dengan berolahraga seminggu sekali selama 20 menit.  kamu tidak dapat gagal jika kamu memulai dengan sesuatu yang sangat mudah dan bisa dilakukan.

Inspirasikan Diri Kamu Sendiri

Baca Blog, Buku, atau Majalah

Pelajari tentang tujuan kamu dengan melakukan pencarian internet. Kemungkinannya adalah orang lain memiliki tujuan yang sama dan menemukan cara untuk mencapainya.

Temukan juga buku atau artikel majalah yang membicarakan cara orang lain mencapai tujuan yang sama. Misalnya, jika tujuan kamu adalah masuk ke program pascasarjana, lihatlah buku-buku seperti “Strategi Menuju Sekolah Pascasarjana” atau “Menerapkan ke Sekolah Pascasarjana.”

Pergi ke toko buku atau perpustakaan dan mintalah seseorang di bagian referensi untuk membantu kamu menemukan buku yang berkaitan dengan tujuan kamu.

Baca-baca Kisah Sukses

Baca kisah sukses tentang orang yang telah mencapai tujuan yang sama. Kisah-kisah ini seringkali menginspirasi dan memotivasi, dan akan menunjukkan kepada kamu bahwa hanya dibutuhkan fokus dan tekad untuk mencapai tujuan kamu.

Di kotak search pencarian Internet, ketikkan tujuan kamu dan cari orang-orang tertentu yang telah mencapai tujuan yang sama atau serupa. Mengetahui bahwa orang lain telah berhasil mencapai tujuan akan memotivasi kamu untuk terus maju.

Bergaul dengan Orang-orang Sukses

Kelilingi diri kamu dengan orang-orang yang memiliki tujuan dan rencana. Orang-orang yang pergi ke suatu tempat dengan kehidupan mereka dan memiliki aspirasi yang tinggi. Pada saat yang sama, cobalah untuk menjauh dari orang-orang yang tidak berguna, seperti yang suka mengeluh dan merengek sepanjang waktu.

Bergabunglah dengan klub atau kelompok komunitas dengan individu-individu yang memiliki niat yang sama seperti kamu: untuk mewujudkan tujuan mereka.

Bersedia untuk melepaskan teman lama. Bagi sebagian besar orang, ini adalah bagian tersulit. Tetapi ini adalah langkah yang perlu jika teman kamu negatif atau jika mereka tidak menginspirasi kamu.

Tetap Termotivasi

Buat Garis Waktu

Duduk dan tulis garis waktu untuk proyek atau tujuan kamu. Hal Ini akan membantu kamu untuk tetap berada di jalur. Misalnya, jika sasaran kamu berolahraga, pada timeline kamu menyatakan bahwa kamu ingin dapat berlari satu mil dalam satu bulan. Kemudian buat rencana untuk bagaimana kamu akan mencapai tujuan itu antara sekarang dan satu bulan.

Jangan Menyerah

Tetap dengan tujuan kamu dengan menyadari bahwa setiap proses memiliki pasang surut. Motivasi bukanlah hal yang konstan. Akan ada saat-saat ketika kamu melakukan pekerjaan yang baik dengan tetap berpegang pada garis waktu dan tujuan kamu. Namun, di lain waktu, motivasi kamu akan berkurang, tetapi ketahuilah bahwa perasaan ini bukan perasaan yang permanen dan abadi. Tetap bertahan dan termotivasi

Baca Buku atau Blog Tentang Tujuan Kamu

Ketika motivasi kamu rendah, bacalah buku atau blog tentang tujuan kamu. Misalnya, jika tujuan kamu adalah untuk menerbitkan buku atau artikel jurnal, bacalah buku tentang penulisan jurnal dan penerbit. Buku-buku ini memiliki tips hebat untuk tetap fokus.

Minta Dukungan

kamu juga dapat meminta dukungan ketika mengalami kesulitan berpegang teguh pada tujuan kamu. Bergabunglah dengan forum online, tanyakan pada teman, mentor, atau anggota keluarga. Ingatlah bahwa membicarakannya akan membantu kamu menyelesaikan masalah yang dialami.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait