Inilah Cara Hemat dalam Membelanjakan Uang Jajan

cara hemat
cara hemat

Ikuti cara hemat ala Ajaib dalam membelanjakan uang jajan agar bisa berinvestasi dan tidak khawatir dengan masa depan.

Berhemat adalah sesuatu hal yang penting dilakukan, terutama bagi kamu yang sedang menjalani masa transisi dari seorang pelajar menjadi seorang pekerja yang memiliki penghasilan tiap bulannya.

Saat masih menjadi seorang pelajar, sudah pasti dalam periode waktu tertentu mendapatkan uang jajan dari orang tua. Uang jajan tersebut bisa didapatkan dalam waktu seminggu sekali atau sebulan sekali. Begitu pula saat kamu sudah memiliki penghasilan sendiri.

Namun, nyatanya tidak semua orang bisa berhemat. Cara hemat dalam membelanjakan uang jajan bisa dikatakan menjadi salah satu hal yang sulit untuk dilakukan.

Agar kamu bisa mengelola keuangan dengan lebih jemat lagi, ikut cara-cara hemat dalam membelanjakan uang jajan di bawah ini ya.

Jangan Lupa Sarapan

Dengan sarapan, tentu membuat perut akan merasa kenyang. Dan saat kamu merasa kenyang itulah hasrat untuk jajan bisa berkurang. Maka dari itu, sebelum beraktivitas usahakan untuk sarapan terlebih dahulu agar perut kenyang dan hasrat untuk jajan pun bisa berkurang.

Bawa Bekal

Sebagai seorang karyawan, biasanya akan mencari makan siang disekitaran kantor. Memang sih ada makanan yang murah, namun pasti akan merasa bosan dengan makanan itu dan yang ada malah ujung-ujungnya mampir ke minimarket untuk membeli jajan yang akan kamu makan. Hal itu bukannya bikin kamu jadi hemat malah yang ada pengeluaran harianmu bisa bertambah.

Maka dari itu, saat ingin benar-benar menghemat uang jajan, usahakan untuk selalu membawa bekal dari rumah. Bekal yang dibawa tidak perlu mewah, yang penting bergizi dan bisa memenuhi energimu untuk bekerja di kantor. Sementara, bagi kamu yang tinggal di kosan, tak ada salahnya untuk memasak makan siang sendiri.

Jangan Terlalu Sering Bawa Uang Tunai

Agar kamu tidak mudah untuk mengeluarkan uang, pastikan untuk membatasi uang tunai yang kamu bawa setiap harinya. Ketika uang tunai yang dibawa sedikit, kamu akan cenderung lebih berhati-hati dalam membelanjakan uang tersebut.

Berbeda dengan saat kamu memegang uang tunai banyak. Sudah pasti kamu akan lebih mudah tergoda untuk membeli jajan atau barang yang sebenarnya tidak kamu butuhkan. Apalagi jika kamu melakukan transaksi-transaksi kecil namun sering pasti sama saja dengan pengeluaran besar dan tanpa disadari kamu mengeluarkan uang lebih banyak dari target yang sudah ditentukan sedari awal.

Jangan Mudah Tertarik dengan Promo

Promo bisa dikatakan menjadi hal yang sangat disukai banyak orang. Karena harga barang yang tersedia lebih miring daripada hari biasanya. Namun, akibat ada promo kamu jadi membelanjakan uangmu lebih banyak dari biasanya.

Sebab, biasanya promo-promo itu bertebaran di pusat perbelanjaan dan mampu meruntuhkan pertahanan sehingga akhirnya kamu makin tergiur untuk membeli barang tersebut. Padahal, barang itu belum tentu benar-benar diperlukan.

Pilih Barang Murah dengan Kualitas Bagus

Meski sudah memutuskan untuk menghemat uang jajan, biasanya hasrat untuk membeli barang-barang juga tidak bisa dihentikan. Apalagi jika ada diskon atau promo yang menarik. Maka dari itu. ketika kebutuhan ini sudah menghampirimu, maka sudah seharusnya uang saku harus segera tersisihkan.

Namun, agar pengeluaranmu bisa lebih hemat, kamu bisa membeli barang yang harganya cukup murah namun memiliki kualitas yang bagus. Utamakan kegunaan dan fungsinya, bukan nama brand semata. Dengan begitu, kebutuhanmu bisa tercukupi tanpa harus mengeluarkan jumlah uang saku yang besar.

Bawa Air Minum Sendiri saat Beraktivitas

Saat melakukan aktivitas sehari-hari, kebutuhan utama yang harus dipenuhi ialah air minum. Hal itu agar kamu tidak kehausan apalagi sampai dehidras. Seringkali, kita tidak menyadari jumlah botol air minum yang dibeli dalam sehari untuk mengatasi kehausan. Meski pengeluaran membeli air minum kemasan terkesan kecil, tapi jika ditotal lagi setiap bulannya pengeluaran untuk membeli air minum ini bisa jadi lumayan besar.

Jadi, daripada membeli air minum kemasan setiap hari, lebih baik kamu membeli satu botol minum yang bisa digunakan berkali-kali dan bisa dibawa saat beraktivitas. Kamu cukup mengisi ulang botol minumanmu. Selain lebih hemat uang, kebiasaan membawa botol minum sendiri juga dapat membantu lingkungan mengurangi sampah plastik.

Manfaatkan Fasilitas Gratis yang Tersedia

Saat ini sudah banyak fasilitas gratis yang bisa dinikmati oleh kamu. Salah satunya ialah jaringan internet gratis. Kamu bisa memanfaatkan fasilitas wifi gratis yang sudah marak ada di banyak tempat ini. Dengan begitu, maka uang sakumu pun akan bisa lebih dihemat karena kamu tidak perlu membeli paket data untuk internetan.

Bekerja Paruh Waktu

Selain melakukan penghematan, kamu juga harus mencari penghasilan tambahan. Salah satu yang bisa dilakukan ialah bekerja paruh waktu. Dengan bekerja paruh waktu, uang yang dihemat bisa makin besar. Adapun untuk mencari pekerjaan paruh waktu saat ini di era yang modern ini sangatlah mudah. Cukup browsing di internet atau media sosial yang biasa kamu gunakan, pasti ada informasi terkait pekerjaan paruh waktu yang bisa kamu lakukan.

Buat Daftar Belanja

Saat ingin belanja untuk memenuhi kebutuhan bulanan, sebaiknya buat daftarnya terlebih dahulu. Dengan membuat daftar belanja tersebut, setidaknya uang yang dikeluarkan tepat sasaran dan tidak membeli barang yang tidak dibutuhkan.

Cermat dalam Memilih Teman Dekat

Memang sebaiknya berteman itu tidaklah pilih-pilih. Namun, untuk teman dekat penting untuk memilih dengan cermat. Pilihlah teman yang memiliki satu visi denganmu dalam menjalani hidup. Dan yang paling penting ialah saling mendukung untuk berhemat dan menabung. Karena sudah sama-sama tahu pentingnya berhemat dan menabung yang berguna saat di masa tua nanti.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu terapkan agar bisa hemat dalam mebelanjakan uang jajan. Tidak ada salahnya kamu mengikut beberapa cara di atas. Dengan begitu, kamu bisa lebih hemat, uang terkumpul banyak, diinvestasikan, dan tidak akan khawatir di masa yang akan datang.

Bacaan menarik lainnya:

Affa, Robert C. & M.D. JK Lasser. (2001). Expert Financial Planning. JohnWiley & Son, Inc.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait