Manfaat yang Didapatkan Menukar Uang Lama dengan Uang Baru

uang baru
uang baru

Uang baru yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia sudah beredar sejak tahun 2017, dan sekarang penggunaanya sudah ada di mana-mana. Namun, uang lama masih berlaku dan bisa digunakan juga. Uang baru itu punya desain yang menarik dan tentunya lebih nyaman untuk digunakan karena lebih terlihat bagus dan juga bersih.

Tapi tentunya uang lama tersebut sebaiknya masih memiliki kualitas yang bagus dan tidak lusuh. Lalu, bagaimana jika kamu memiliki uang yang lusuh? Meski masih laku, tapi ada kerugian yang bisa kamu dapatkan karena menggunakannya.

Tidak ada salahnya jika kamu yang memiliki uang lama atau uang lusuh menukarkan uangmu itu ke uang yang baru. Hal ini sangat dianjurkan oleh Bank Indonesia karena ada manfaat yang bisa kamu dapatkan ketika menggunakan uang baru

Mungkin awalnya kamu mengira bahwa menukar uang ini adalah kegiatan yang rumit dan banyak persyaratan, tapi sebenarnya tidak seperti itu. Syarat penukaran uang sangatlah mudah, dan bisa diikuti oleh siapa saja yang membutuhkan uang itu.

Lalu, apa sebenarnya yang membuatmu ragu untuk menukar uang lama dengan uang yang baru? Inilah alasan mengapa kamu sebaiknya menukar yang lama atau uang lusuhmu dengan uang yang baru. Manfaatnya ternyata bermacam-macam.

Uang Lama Penuh dengan Bakteri

Uang lama dan uang lusuh milikmu bisa jadi memiliki banyak bakteri yang tentunya akan cukup berbahaya untukmu apalagi jika kamu sering memegangnya.

Bakteri ini bisa membawa berbagai macam penyakit misalnya jika kamu mengusap tangan di wajah, bisa jadi wajahmu akan jerawatan. Apalagi jika kamu makan dengan tangan tersebut, bisa jadi keesokannya kamu malah sakit perut yang menyakitkan.

Mengingat risikonya yang cukup banyak, uang lama memang sebaiknya tidak digunakan kembali. Kamu perlu memperhatikan kesehatan juga. Uang memang berharga, tapi karena terbuat dari kertas, bukan tidak mungkin uang itu akan lusuh dan terkontaminasi banyak bakteri.

Jadi, tidak ada salahnya menukar uang lama kamu ke uang baru yang lebih bagus kualitas kertasnya.

Uang baru Memberikan Suasana Baru

Uang baru yang kamu miliki akan membuatmu lebih senang karena melihat bentuknya yang rapi dan desain gambarnya yang bagus. Kamu pun akan lebih senang berbelanja dengan uang baru inu.

Uang baru juga akan memberikan rasa nyaman karena itu artinya kamu tidak perlu khawatir lagi dengan kuman yang biasanya ada pada uang yang sudah lusuh.

Bayangkan saja uang yang sudah beredar bisa berpindah tangan ke banyak orang dalam kurun waktu 15 tahun. Entah berapa jumlah tangan yang sudah memegang uang tersebut karena itu wajar saja uang mudah terkontaminasi bakteri.

Uang Baru Lebih Tahan Lama

Uang baru yang diterbitkan oleh Bank Indonesia dikatakan lebih tahan lama dibandingkan uang yang dulu lebih diterbitkan. Tahan lama di sini maksudnya uang tersebut lebih rapi dan tentunya lebih bersih.

Karena Bank Indonesia memiliki teknologi baru dalam mencetaknya, hasilnya pun jadi lebih bagus. Tidak ada salahnya menukar uang lamamu dengan uang baru yang lebih berkualitas.

Dan tentunya kamu bisa menggunakannya dalam jangka waktu yang cukup panjang mengingat uang tersebut sudah terjamin kualitas kertasnya.

Bisa Ditukar dengan Mudah

Untuk menukar uang lama kamu ke uang baru cukup mudah. Bank Indonesia menjamin keaslian uang yang ditukar. Dan tentu kamu wajib menukar uang dengan yang asli karena jika kamu berani menggunakan uang palsu, pasti akan ketahuan.

Kamu bisa menukar uang lama dengan yang baru dengan mendatangi bank-bank yang melayani penukaran uang. Biasanya bank-bank tersebut adalah bank milik negara seperti Bank Mandiri, Bank BNI, dan Bank BRI. Atau bisa langsung mendatangi Bank Indonesia.

Bank Indonesia sendiri terkadang menyediakan mobil keliling yang memberikan layanan penukaran uang. Mobil keliling tersebut lokasinya sering berbeda-beda, jadi sebaiknya kamu memantau update media sosial Bank Indonesia karena mereka sering menyediakan jasa penukaran uang dengan jadwal dan kota yang terpilih.

Kemarin Bank Indonesia berhasil mencatat penukaran uang lebih dari Rp1 miliar di desa yang berada di Kuningan.

Tidak Akan Merugikan

Karena ketika kamu menukar uang lama dengan uang baru kamu akan mendapatkan nilai yang sama dengan uang yang kamu miliki. Uang administrasi juga tidak ada, kecuali jika di bank-bank tertentu diberlakukan uang administrasi. Uang baru juga lebih aman digunakan.

Tidak Akan Mengalami Penolakan

Uang yang lusuh biasanya akan ditolak oleh para penjual yang kamu berikan uangnya. Apalagi jika uang itu sobek atau bolong di mana-mana. Para penjual pun akan ragu menerima uangmu meskipun kamu menganggapnya masih berlaku. Dengan uang keluaran terbaru, transaksimu pun akan lebih meyakinkan. Maka dari itu transaksi yang kamu lakukan bisa berlangsung dengan mudah.

Lalu syarat apa saja yang diperlukan untuk menukar uang? Untuk menukar uang di Bank Indonesia kamu perlu membawa KTP. KTP ini sebagai identitas yang menunjukkan bahwa kamu adalah warga negara Indonesia.

Selain itu untuk satu KTP, hanya berlaku satu kali penukaran uang dalam kurun waktu tertentu. Maka dari itu kamu harus memanfaatkan ini sebaik-baiknya.

Biasanya setiap bank dan Bank Indonesia sendiri memiliki limit jumlah penukaran uang. Selama bulan Ramadan kemarin, Bank Indonesia mengsyaratkan agar masyarakat melakukan penukaran uang Rp3.700.000 dan minimalnya memiliki kebijakan berbeda di setiap bank.

Syarat penukaran uang di atas tentu tidak ribet dan mudah diikuti oleh semua orang yang membutuhkannya.

Jangan ragu menukar uang lama milikmu jadi uang baru karena itu akan lebih memudahkanmu dalam bertransaksi.

Bacaan menarik lainnya:

Hasibuan, Malayu. (2008). Dasar-Dasar Perbankan. Jakarta: Bumi Aksara


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait