Mau Tahu Kurs Pajak Hari Ini? Begini Cara Memahaminya

kurs pajak di Indonesia
kurs pajak di Indonesia

Mengetahui kurs pajak hari ini adalah kebutuhan rutin sesorang yang kerap melakukan transaksi dengan mata uang asing. Wajib pajak tetap harus melakukan pembayaran pajak namun dengan mengkonversi nilai transaksi ke mata uang rupiah. Hasil perhitungan ini yang nantinya akan menjadi dasar pelaporan pajak dalam negeri.

Kurs pajak atas valuta asing ini sendiri ditetapkan secara berkala oleh Kementerian Keuangan. Untuk setiap keputusan menteri keuangan atas nilai kurs ini masa berlakunya selama 7 hari alias satu minggu. Karena itu, penting bagi wajab pajak untuk rutin mengecek kurs pajak mingguan yang sedang berlaku.

Ada 25 mata uang asing yang nilai kursnya dikeluarkan oleh Kementerian Keuangan lewat Badan Kebijakan Fiskal. Salah satunya yaitu dolar Amerikan Serikat, Yen Jepang, dan Euro. Untuk jenis valuta asing lainnya yang tidak masuk dalam keputusan tersebut maka yang diberlakukan yaitu kurs spot harian valuta asing yang bersangkutan di pasar internasional terhadap Dolar Amerika Serikat yang berlaku pada penutupan hari kerja sebelumnya dan dikalikan kurs Rupiah terhadap Dolar Amerika Serikat.

Cara Mengetahui Kurs Pajak Hari, Panduan Membaca Tabel dari Kementerian Keuangan

Masyarakat awam yang belum familiar dengan kurs pajak tentu masih bingung atas penerapan jenis pajak ini. Namun sebenarnya cukup banyak wajib pajak yang memanfaatkan kurs pajak ini apalagi yang kerap melakukan transaksi impor ekspor. Umumnya penerapannya berlaku pada kalangan pebisnis atau sekedar orang yang kerap berbelanja dari luar negeri.

Adapun, kurs pajak ini diberlakukan untuk beberapa jenis pungutan seperti pelunasan bea masuk pajak, pajak pertambahan nilai barang dan jasa (PPN), pajak penjualan atas barang mewah (PPnBM), bea keluar, dan pajak penghasilan. Untuk setiap transaksi yang masuk dalam kategori ini maka wajib pajak harus melakukan perhitungan atas kurs pajak mingguan yang berlaku.

  • Pajak Penghasilan

Pajak ini dibebankan untuk atas penghasilan individu, perusahaan atau badan hukum. Pungutanya diberlakukan untuk setiap tambahan kemampuan ekonomis yang diterima wajib pajak baik luar maupun dalam negeri. Bisa berupa gaji, bonus, pensiun, keuntungan usaha, dividen, dan bentuk penghasilan lainnya.

  • PPN dan PPnBM

Dua jenis pajak ini diberlakukan untuk transasi penyerahan barang yang dilakukan di wilayah kepabeanan khususnya pada barang impor.

  • Kepabeanan

Pungutan negara ini dilakukan untuk semua kegiatan dan transaksi atas barang yang terjadi di dalam daerah pabean, khususnya yang berhubungan dengan bea masuk dan bea keluar.

  • Cukai

Pajak atas cukai ini hanya diterapkan untuk sejumlah produk dengan karakteristik tertentu seperti alkohol dan rokok. Biasanya cukai diberlakukan untuk produk yang penggunaannya dirasa perlu dikendalikan oleh pemerintah.

Misalnya saja menggunakan kurs pajak hari ini untuk dasar pelunasan bea masuk atas barang yang masuk daerah tersebut. Jika transaksi dilakukan dalam mata uang asing maka Wajib Pajak akan menerbitkan faktur dalam mata uang asing, maka wajib mengisi nilai rupiah yang berasal dari konversi nilai transaksi dalam mata uang asing dengan menggunakan kurs pajak yang sedang berlaku saat dibuatnya faktur pajak.

Adapun, nilai kurs pajak sendiri ditentukan dari nilai tukar rupiah atas mata uang asing. Nilai tersebut yang kemudian dikonversi menjadi kurs pajak. Kurs pajak hari ini memiliki dampak yang sangat besar bagi perekonomian dalam negeri.

Nominalnya sangat menentukan bagi produksi dalam negeri dan kalangan pengusaha. Apalagi saat ini hampir tidak ada produknya yang tidak berkaitan dengan transaksi luar negeri. Untuk pembangunan pun misalnya masih banyak bahan baku yang diimpor dari luar negeri sehingga kurs pajak yang berlaku sangat berpengaruh.

Kamu bisa mendapatkan informasi soal kurs pajak hari ini dengan mengakses langsung situs resmi milik Kementerian Keuangan. Setiap pekannya akan selalu ada pengumuman soal kurs pajak terbaru yang berlaku selama sepekan.

Bentuknya berupa tabel dengan daftar kurs atas 25 valuta asing yang ditetapkan oleh pemerintah. Tabelnya juga sangat mudah dibaca, kamu hanya perlu mengkonversikan mata uang asing yang digunakan ke dalam nilai Rupiah yang tercantum dalam tabel. Tabel tersebut juga memuat informasi berupa nama mata uang, negara yang mengeluarkan mata uang, nilainya dalam Rupiah, dan presentase naik-turunnya dalam satu minggu terakhir.

Bacaan menarik lainnya:

Nurmantu, Safri. 2003. Pengantar Perpajakan. Kelompok Yayasan Obor: Jakarta.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.   

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait