
Kamu pasti sudah sangat sering makan-makanan camilan seperti permen jelly yang manis. Ya, semisal sedang bersantai, nonton film, atau hangout bersama teman kita terbiasa ngemil, juga makan permen dari kemasan langsung konsumsi. Nah, tahukah kamu salah satu merek dagang yang amat terkenal di pasar adalah permen Yupi, Gummy Zone, yang dimiliki oleh emiten PT Yupi Indo Jelly Gum Tbk dengan kode saham YUPI.
Profil Singkat Emiten
PT Yupi Indo Jelly Gum Tbk (YUPI) merupakan produsen dari merek soft candy terkemuka yang berasal asli dari Indonesia, yang juga telah menjual produknya ke 9 negara di Asia Tenggara dan 36 negara lainnya.
Perusahaan YUPI sudah berdiri dan hadir sejak tahun 1996 hingga berhasil memasarkan produk-produknya dengan merek unggulan “Yupi,” lalu “Just for Fun,” dan “Gummy Zone” yang populer.
Emiten IPO satu ini bergerak di bidang usaha Industri Kembang Gula melalui merek-merek yang dipasarkannya dengan 64 unique SKU dan empat kategori produk, yaitu Gummy, Bolicious, Extruded Soft Candy, dan Marshmallow.
Potensialnya, YUPI merupakan pemimpin pasar pada sub-kategori soft candy dengan pangsa pasar terbesar mencapai 66,5% di Indonesia, 21,2% di Malaysia, 17,2% di Singapura serta 23,4% di Thailand, berdasarkan data Euromonitor.
Berdasarkan data terbaru pada 30 September 2024, PT Yupi Indo Jelly Gum Tbk sudah memiliki 2 fasilitas produksi di Gunung Putri dan Karanganyar dengan total kapasitas per tahun mencapai 93 ribu ton dan sebuah fasilitas pengemasan di Samolo, Jawa Barat.
Saat sebelum melaksanakan proses Penawaran Umum Saham Perdana (IPO), komposisi kepemilikan saham YUPI terdiri atas PT Sweets Indonesia dengan 99,90% saham, dan PT Daniel Budiman dengan 0,10% saham.
Detail IPO Saham YUPI
Saham YUPI berhasil melangsungkan penawaran saham perdana melalui mekanisme e-IPO. Perseroan menawarkan sebanyak-banyaknya 854.448.900 lembar saham yang merupakan saham biasa atas nama dengan nominal Rp50 per lembar saham, atau sama dengan 10% dari total modal yang ditempatkan setelah proses penawaran umum perdana saham kepada masyarakat dengan harga IPO YUPI Rp2.100 sampai dengan Rp2.500 per saham.
Hingga mengantongi dana segar maksimal mencapai Rp2,13 triliun.
Berikut merupakan struktur pemegang saham setelah aksi YUPI IPO, PT Sweets Indonesia dengan 89,90% saham, PT Daniel Budiman dengan 0,10% saham, dan Masyarakat 10% saham.
Penjamin pelaksana emisi efek YUPI adalah Mandiri Sekuritas dan CIMB Niaga Sekuritas. Penjamin Pelaksana Emisi Efek menjamin dengan kesanggupan penuh (Full Commitment) terhadap terhadap sisa saham yang ditawarkan yang tidak dipesan dalam Penawaran Umum Perdana Saham Perseroan.
Jadwal Penawaran Saham IPO YUPI
Jadwal penawaran saham berdasarkan prospektus adalah sebagai berikut:
- Masa Penawaran Awal (Masa Book Building YUPI IPO) : 6 – 10 Maret 2025
- Tanggal Efektif : 14 Maret 2025
- Masa Penawaran Umum : 17 – 19 Maret 2025
- Tanggal Penjatahan : 19 Maret 2025
- Tanggal Distribusi Saham : 20 Maret 2025
- Tanggal Pencatatan Pada Bursa Efek Indonesia : 21 Maret 2025
Rencana Penggunaan Dana IPO Saham YUPI
Berdasarkan prospektus saham IPO YUPI, dana yang dihimpun dari kegiatan IPO setelah dikurangi biaya emisi, seluruhnya digunakan oleh Perusahaan untuk:
- Mencapai 77% akan dipergunakan Perusahaan untuk keperluan pembiayaan belanja modal, yaitu untuk pembangunan pabrik baru di daerah Nganjuk, Jawa Timur, dengan total biaya yang diestimasi Rp437,5 miliar dan diproyeksikan beroperasi paling cepat pada 2026.
- Sejumlah 23% akan digunakan sebagai modal kerja Perseroan untuk melangsungkan ekspansi bisnis baik ke pasar internasional maupun pasar dalam negeri, yang termasuk tapi tidak terbatas untuk keperluan Term of Payment, persediaan dan juga penambahan jumlah karyawan.
Adapun segelintir dana yang dialokasikan untuk tujuan Term of Payment dimaksudkan untuk mendukung kebijakan Perseroan untuk memperpanjang Term of Payment kepada distributor. Hal ini digencarkan oleh Perusahaan untuk mendukung peningkatan penjualan.
Selanjutnya, dana yang digunakan untuk persediaan termasuk juga kepada pembelian bahan baku dan proses produksi hingga menjadi barang jadi (Finished Good) guna memastikan kelancaran operasional produksi. Penempatan dana ini dijalankan guna mengantisipasi permintaan pasar dan menjaga ketersediaan stok yang memadai.
Kinerja Laporan Keuangan YUPI
Prospektus saham IPO YUPI memperlihatkan dalam kinerja 3 tahun plus tahun 2024, YUPI berhasil mencatatkan kinerja yang terus bertumbuh positif, terutama pada periode secara tahunan pada tanggal 31 Desember 2023 dengan pencapaian Pendapatan mencapai Rp3,13 triliun, atau berhasil mencatat kenaikan 9,11% YoY dibandingkan dengan kinerja pada periode 31 Desember 2022 yang mencatatkan Pendapatan Rp2,87 triliun.
Alhasil berbuah manis pada Jumlah Laba Bersih YUPI di Tahun Berjalan menjadi senilai Rp559,75 miliar, dengan kenaikan 38,44% YoY dibandingkan dengan kinerja pada periode yang sama di tahun 2022 yang mencatatkan Jumlah Laba Bersih hanya Rp404 miliar.
Peningkatan angka pendapatan tersebut terutama didukung oleh meningkatnya jumlah kenaikan volume penjualan dan harga jual rata-rata, baik di pasar dalam negeri Indonesia, Asia, maupun Internasional potensial lainnya.
Rasio Keuangan YUPI
Berikut merupakan rangkuman rasio keuangan saham IPO YUPI selama bulan Desember 2021 hingga kinerja September 2024:
Data di atas menunjukkan YUPI secara fundamental dalam performa baik dan sehat, dengan Rasio Usaha mengalami kenaikan secara positif secara keseluruhan dalam 3 tahun berturut-turut, YUPI berhasil berhasil mencatat peningkatan Net Profit Margin (NPM) mencapai 20,09% YoY di sepanjang tahun 2024, atau tepatnya hingga 30 September 2024.
Selanjutnya, pada catatan ekspansif di posisi Return on Asset (RoA) mencatat 18,02% dan Return on Equity (RoE) di 22,99%, hal ini mengindikasikan emiten YUPI berhasil memaksimalkan ekuitas dan asset yang dimiliki untuk memperoleh laba.
Bersamaan dengan Rasio Solvabilitas yang bersifat sehat, terlihat pada Debt to Asset Ratio (DAR) 0,22 x dan Debt to Equity Ratio (DER) 0,28 x. Mencerminkan saham IPO YUPI memiliki kinerja yang sehat untuk meningkatkan performa rasio keuangan di masa depan.
Kebijakan Dividen Saham YUPI
Prospektus saham IPO PT Yupi Indo Jelly Gum Tbk menuturkan bahwa pemegang saham yang tercatat dalam rekening efek mempunyai hak yang sama dan sederajat atas pembagian dividen saham YUPI, Perseroan berencana membayarkan dividen tunai dan dalam mata uang rupiah kepada pemegang saham yang tercatat pada suatu tanggal tertentu dengan jumlah maksimum sebanyak-banyaknya 80% dari laba bersih dengan tidak mengabaikan tingkat kesehatan Perseroan dan tanpa mengurangi hak dari Rapat Umum Pemegang Saham.
Prospek Bisnis YUPI
Prospek industri sugar confectionery di Indonesia saat ini amat potensial, yang ditunjang dengan membaiknya pasar dalam negeri dan Internasional. Kategori soft candy berdasarkan laporan industri Euromonitor di November 2024 menggambarkan market soft candy di Indonesia bertumbuh di angka CAGR 4,0% dari tahun 2020 sampai dengan 2024.
Terlebih lagi, Perusahaan YUPI mengalami pertumbuhan bisnis jauh di atas pertumbuhan industri mengingat strategi inovasi dan strategi marketing yang sangat efektif dan tepat sasaran.
Perseroan juga merupakan pelopor produk unik seperti permen jelly gummies berbentuk burger atau waffle sandwich, yang menyerupai lapisan-lapisan makanan lezat. Selanjutnya, Perseroan juga berfokus untuk menciptakan pengalaman yang menarik untuk target demografi yaitu anak-anak.
Sebagai contoh, Perseroan telah merancang Yupiland yaitu sebuah area bermain untuk anak-anak di berbagai kota untuk memperkuat identitas Yupi Indo Jelly Gum sebagai merek yang menyenangkan dan juga untuk meliputi hubungan emosional dengan konsumen yang lebih muda.
Selain itu, prospek segmen soft candy di Indonesia masih sangat-sangat baik dengan mempertimbangkan jumlah penduduk kelas menengah dan kemampuan daya beli. Perekonomian Indonesia di antara tahun 2020–2024 bertumbuh sebesar CAGR 9,2% dan diproyeksikan untuk terus bertumbuh di angka CAGR 5,1% dari 2024–2029. Industri soft candy akan didorong dengan pertumbuhan pendapatan yang dapat dibelanjakan serta pembelanjaan konsumen terhadap makanan, yang diproyeksikan untuk bertumbuh sebesar CAGR 5,1% dan 4,5% dari 2024–2029.
YUPI akan terus berinovasi dalam segala hal termasuk produk produk alternatif non-fungsional namun yang lebih sehat dan produk produk fungsional dengan peluang besar untuk menarik konsumen dewasa muda melalui produk yang menggabungkan manfaat kesehatan seperti suplemen multivitamin.
Keunggulan Kompetitif
Perusahaan juga memiliki keunggulan yang menjadi kunci kesuksesan keberlangsungan usahanya. Yang juga akan terus mendorong misi, pertumbuhan, serta keunggulan. Di mana kompetitif Perseroan sebagai berikut,
- Industri yang Menarik didukung oleh Makroekonomi dan Demografi
Indonesia merupakan ekonomi terbesar untuk pasar sugar confectionery dan soft candy di Asia Tenggara. Sebab Indonesia merupakan negara dengan jumlah penduduk terbanyak di Asia Tenggara dan negara dengan jumlah penduduk terbesar keempat di dunia. - Memiliki Merek yang Kuat dan Merupakan Pemimpin Pasar di Industri Soft Candy di Indonesia dan Asia Tenggara
Perseroan telah berhasil membangun citra merek yang sangat kuat dan menjadi pemimpin pasar pada pasar-pasar utama dan paling potensial. Keberhasilan ini memberikan tren optimis di keunggulan kompetitif yang signifikan, terutama dalam membangun dan mempertahankan loyalitas konsumen. - Portfolio Produk yang Beragam
Dalam mengembangkan produknya, YUPI selalu mengedepankan kualitas, inovasi, dan penyesuaian preferensi konsumen. Sampai dengan saat ini, Perseroan sudah memiliki lebih dari 60 SKU unik dengan berbagai jenis kemasan dan harga. - Kapabilitas Riset dan Pengembangan yang Kuat dan Kapabilitas Manufaktur Kelas Dunia
Kapabilitas riset dan pengembangan Perseroan juga didukung oleh kapabilitas manufaktur kelas dunia yang memungkinkan Perseroan untuk memproduksi berbagai macam produk dalam skala besar dan dengan kualitas yang terjaga. - Cakupan Distribusi yang Luas di Berbagai Pasar
PT Yupi Indo Jelly Gum Tbk saat ini sudah mempunyai jaringan distribusi yang luas yang tersebar di hampir seluruh pulau se Indonesia Raya. Selain itu, Perseroan juga telah menjangkau pasar Asia Tenggara dengan Thailand, Singapura, dan Malaysia sebagai pasar utama dan telah menggencarkan distribusi produknya ke lebih dari 40 negara melalui 39 distributor. - Tim Manajemen yang Berpengalaman dan Kompeten
Perusahaan dipimpin oleh tim manajemen yang memiliki pengalaman panjang dan pemahaman mendalam tentang industri.
Kesimpulan
Berdasarkan laporan prospektus saham IPO YUPI, dalam kinerja 3 tahun memberi gambaran jelas kinerja keuangan yang baik dan bertumbuh positif, serta bisnisnya yang memiliki keunggulan dalam distribusi dan merek yang kuat YUPI dengan citra merek yang sangat positif di pasar, hingga menjadi pemimpin pasar di industri soft candy dan berpotensi terus bertumbuh dan makin luas. Didukung oleh berbagai strategi inovasi dan marketing yang efektif diperkirakan akan berdampak positif bagi pertumbuhan Perusahaan kedepannya.
Dengan prospek kinerja bisnis secara keseluruhan, saham YUPI menarik untuk diikutsertakan ke dalam watchlist saham IPO teman-teman.
Beli saham e-IPO di Ajaib aja! Karena di Ajaib:
1. Proses Mudah, BEBAS Biaya
2. Fleksibel, Bisa Ubah/Cancel Order
3. Dapatkan Hadiah Buying Power 20RB* + Cashback Saham*
4. Akses Mudah Bedah Saham eIPO
Berikut cara beli saham e-IPO di Ajaib:
1. Buka aplikasi Ajaib, pastikan Anda sudah punya akun Ajaib
2. Pilih tab Market, lalu dibagian Kalender Saham, pilih e-IPO
3. Lalu, tinggal pilih saham e-IPO apa yang Anda inginkan
4. Klik Pesan, masukkan Harga dan jumlah Lot
Disclaimer: Investasi saham mengandung risiko dan seluruhnya menjadi tanggung jawab pribadi. Ajaib Sekuritas membuat informasi di atas melalui riset internal perusahaan, tidak dipengaruhi pihak manapun, dan bukan merupakan rekomendasi, ajakan, usulan ataupun paksaan untuk melakukan transaksi jual/beli Efek. Harga saham berfluktuasi secara real-time. Harap berinvestasi sesuai keputusan pribadi.
Sumber:
e-IPO
Prospektus IPO
Website Perusahaan
Riset Euromonitor