Apa Pensiun Dini Itu Menakutkan? Tidak, Asal Kamu Siapkan

Pensiun Dini

Pensiun dini? Apakah ini hal yang menakutkan? Apakah sudah waktunya untuk pensiun? Suka atau tidak suka setiap orang pasti akan mengalami kemunduran dari segi produktivitas dalam bekerja, hal ini tentu saja akan juga dirasakan oleh kamu sebagai generasi milenial saat ini.

Ini merupakan hal yang lumrah dirasakan oleh kamu ketika sudah menginjak usia sekitar 40-an. Biasanya pada usia tersebut seseorang akan mulai mengalami penurunan dari segi produktivitas yang disebabkan oleh faktor fisik yang mulai menua.

Di Indonesia, umumnya perusahaan memiliki aturan pensiun dini bagi karyawannya, yaitu ketika usia 55-60 tahun. Mungkin saat ini kamu masih berumur 20-an, dan masih memiliki rentang usia hingga 20-30 tahun lagi untuk memasuki usia yang tidak produktif.

Bagi sebagian orang, pensiun dini tersebut merupakan hal yang menakutkan untuk dialami oleh seorang pekerja yang berkerja di sebuah perusahaan. Walaupun demikian, sebenarnya mulai dari sekarang kamu sudah bisa mempersiapkan langkah-langkah dalam menyambut masa tersebut.

Nah berikut ini Ajaib telah menyiapkan informasi menarik perihal persiapan-persiapan pensiun dini apa saja yang perlu kamu perhatikan mulai dari saat ini.

Menabung

Ketika kamu berada di usia produktif, kamu sebaiknya jangan menghabiskan uangmu untuk hal-hal yang tidak berguna. Mengapa?

Hal ini disebabkan, pensiun dini bisa terjadi kapan saja, bahkan di usia produktif pun kamu bisa terkena pensiun dini dari perusahaan.

Sisipkan uang sebesar 20-30% dari gaji bulanan yang kamu terima setiap bulannya, yang bisa digunakan sebagai dana darurat nantinya.

Investasi

Apa perbedaan menabung dan investasi? Menabung kamu menaruh uang dalam bentuk tabungan di bank atau celengan, tetapi tidak mendapatkan tingkat bunga atau keuntungan. Jadi jika kamu menabung Rp10 juta saat ini dalam dua tahun kedepan jumlah uang itu tetap sama.

Berbeda dengan jika kamu berinvestasi dimana kamu pasti mengharapkan tingkat return dari dana investasi yang digelontorkan. Misalkan saja, jika kamu berinvestasi saham sebesar Rp10 juta dan pada tahun kedua menghasilkan tingkat return sebesar 20%, hasil investasi saham kamu bernilai Rp 12 juta. Itulah perbedaan sederhana antara menabung dan investasi.

Ketika kamu masih usia muda, investasi saham cocok bagi kamu yang ingin digunakan untuk hari tua kamu nanti. Karena, investasi saham merupakan skema investasi jangka panjang umumnya minimal 5 tahun atau lebih.

Selain saham, kamu juga mempertimbangkan investasi emas batangan untuk mempersiapkan pensiun dinimu jika sewaktu-waktu terjadi. Hal ini dikarenakan emas termasuk dalam kategori investasi yang aman atau cenderung stabil.

Hal-hal yang Membuat Kamu Pensiun Dini

1.     Pensiun dini karena sakit, penyakit bisa menyerang siapa saja, hal ini juga yang menyebabkan seseorang pensiun dini walaupun usianya belum masuk ke dalam kriteria usia pensiun pada aturan perusahaan.

2.     Merasa Lelah, sebagai manusia yang tidak sempurna pasti kita memiliki keterbatasan dari segi fisik, ini juga menjadi suatu hal yang perlu kamu pertimbangkan nantinya ketika ingin pensiun dini di perusahaan.

3.     PHK, terjadi perampingan di perusahaan tempat kamu bekerja.

Jika pada saatnya nanti kamu memasuki masa itu atau terpaksa berada di situasi tersebut, pastikan kamu akan mendapatkan pesangon yang sudah diatur oleh Undang-Undang Ketenagakerjaan perihal kompensasi yang diterima oleh seorang pegawai yang mengalami pensiun dini.

Demikianlah hal-hal yang perlu dipersiapkan jika sewaktu-waktu kamu mengalami masa tersebut di perusahaan. Kamu tidak perlu takut lagi jika kamu sudah mempersiapkan langkah-langkah persiapan pensiun dini seperti pada poin di atas.

Bacaan menarik lainnya:

Iskandar, Kasir. (2009). Kiat Sejahtera Pada Masa Pensiun. Jakarta: Java MediaNetwork

Undang-Undang Republik Indonesia No. 13 Tentang Ketenagakerjaan.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait