Ini Pengertian Promosi, dan Beberapa Aktivitas Promosi

Pengertian Promosi

Apa itu promosi? Pengertian promosi adalah sebuah aktivitas yang dilakukan oleh perusahaan untuk memperkenalkan produk andalan mereka, kegiatan promosi dapat dilakukan melalui berbagai macam cara seperti event, video content, dan lain sebagainya.

Jika dahulu promosi atau pemasaran hanya melalui satu saluran pemasaran, yaitu promosi secara offline saja. Berbeda halnya saat ini, dimana kamu sebagai calon konsumen pasti disuguhkan dengan berbagai konten promosi menarik dengan mengikuti tren pemasaran yang berkembang saat ini melalui banyak saluran seperti Youtube, media sosial, website, dan lainnya.

Hal ini berkat semakin majunya teknologi di Indonesia yang secara perlahan-lahan juga mengubah gaya hidup seseorang yang dulunya konvensional menjadi serba digital. Sehingga promosi suatu konten atau produk pun juga tidak mau ketinggalan dalam mengikuti tren kekinian tentunya.

Jika begitu, mengapa banyak perusahaan yang rela menghabiskan uangnya hanya untuk kegiatan promosi? Pasti di balik itu semua ada manfaat dan tujuan promosi yang dilakukan oleh pihak perusahaan sebagai berikut.

Tujuan dan Manfaat Promosi Penjualan

Tentu saja, uang yang dikeluarkan oleh perusahaan untuk kegiatan promosi produk mereka tidaklah kecil sehingga pasti ada suatu imbal hasil yang ingin diperoleh oleh perusahaan.

·        Meningkatkan penjualan produk

·        Meningkatkan laba atau keuntungan

·        Menggaet konsumen baru dan menjaga loyalitas pelanggan

·        Meningkatkan brand awareness

·        Meningkatkan nilai jual produk dibanding produk kompetitor

·        Menciptakan budaya konsumtif, dengan cara mengubah perilaku konsumen melalui konten yang dibuat

Setelah mengetahui tujuan dan manfaat promosi yang diperoleh oleh perusahaan, namun bagaimana dengan jenis-jenis promosi yang dilakukan oleh perusahaan untuk mempromosikan produk andalannya.

Jenis-Jenis Promosi

Jika kamu suka berbelanja baik itu secara langsung di ritel atau melalui toko online, pasti tanpa disadari kamu pernah melihat jenis-jenis promosi yang berbentuk fisik dan digital.

·        Promosi Berbentuk Fisik, seperti pembagian brosur ketika kamu memasuki mal, supermarket, dan lainnya. Pada brosur tersebut terdapat berbagai promo menarik dari sejumlah produk yang dijual di tempat tersebut.

Selain itu contoh promosi berbentuk fisik lainnya yaitu pemasangan banner di sejumlah ruas jalan, serta iklan di papan reklame.

·        Promosi Berbentuk Digital, kalau jenis promosi satu ini kebalikan dari promosi berbentuk fisik, yaitu promosi yang dilakukan oleh perusahaan melalui media digital. Sebut saja Youtube, toko online, sosial media, website, email blast, dan lainnya.

Contoh promosi berbentuk digital melalui sosial media, yaitu pemanfaatan fitur Instagram seperti InstaStories, yaitu format promosi dalam bentuk video singkat perihal perkenalan suatu produk yang menggunakan Selebgram dengan jumlah pengikut yang banyak.

Jika kamu menanyakan seputar promosi terbaik saat ini yang bisa dilakukan, Ajaib hanya bisa menjawab semua media promosi yang dilakukan memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Oleh karena itu, sebelum melakukan kegiatan promosi, sebaiknya kamu lakukan dulu riset atau survey terhadap pelanggan yang kamu ingin target berdasarkan jenis kelamin, usia, pekerjaan, atau lainnya. Dengan cara ini kamu bisa dengan mudah menentukan segmentasi pasar mana yang ingin kamu target, ini juga menjadi poin penting ketika kamu ingin menggunakan media promosi terbaik untuk produkmu tersebut.

Demikianlah informasi terkait pengertian promosi berserta jenis-jenis promosi yang bisa kamu manfaatkan saat ini. Pada dasarnya pengertian kegiatan promosi adalah memberitahukan, menginformasikan, membujuk calon konsumen untuk membeli produk yang kamu jual.

Bacaan menarik lainnya:

Assauri, Sofjan. (2007). Manajemen Pemasaran, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Kotler, Philip dan Kevin L. Keller (2009). Manajemen Pemasaran. Edisi 13 Jilid 1 dan 2.Alih Bahasa: Bob Sabran, (2012).Erlangga.Jakarta


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait