Ajaib.co.id – Apa itu promosi? Pengertian promosi adalah sebuah aktivitas yang dilakukan oleh perusahaan untuk memperkenalkan produk andalan mereka, kegiatan promosi dapat dilakukan melalui berbagai macam cara seperti event, video content, dan lain sebagainya.
Jika dahulu promosi atau pemasaran hanya melalui satu saluran pemasaran, yaitu promosi secara offline saja. Berbeda halnya saat ini, dimana kamu sebagai calon konsumen pasti disuguhkan dengan berbagai konten promosi menarik dengan mengikuti tren pemasaran yang berkembang saat ini melalui banyak saluran seperti Youtube, media sosial, website, dan lainnya.
Hal ini berkat semakin majunya teknologi di Indonesia yang secara perlahan-lahan juga mengubah gaya hidup seseorang yang dulunya konvensional menjadi serba digital. Sehingga promosi suatu konten atau produk pun juga tidak mau ketinggalan dalam mengikuti tren kekinian tentunya.
Jika begitu, mengapa banyak perusahaan yang rela menghabiskan uangnya hanya untuk kegiatan promosi? Pasti di balik itu semua ada manfaat dan tujuan promosi yang dilakukan oleh pihak perusahaan sebagai berikut.
Tujuan dan Manfaat Promosi Penjualan
Tentu saja, uang yang dikeluarkan oleh perusahaan untuk kegiatan promosi produk mereka tidaklah kecil sehingga pasti ada suatu imbal hasil yang ingin diperoleh oleh perusahaan.
a. Meningkatkan penjualan produk
b. Meningkatkan laba atau keuntungan
c. Menggaet konsumen baru dan menjaga loyalitas pelanggan
d. Meningkatkan brand awareness
e. Meningkatkan nilai jual produk dibanding produk kompetitor
f. Menciptakan budaya konsumtif, dengan cara mengubah perilaku konsumen melalui konten yang dibuat
Setelah mengetahui tujuan dan manfaat promosi yang diperoleh oleh perusahaan, namun bagaimana dengan jenis-jenis promosi yang dilakukan oleh perusahaan untuk mempromosikan produk andalannya.
Jenis-Jenis Promosi
Jika kamu suka berbelanja baik itu secara langsung di ritel atau melalui toko online, pasti tanpa disadari kamu pernah melihat jenis-jenis promosi yang berbentuk fisik dan digital.
a. Promosi Berbentuk Fisik
Promosi ini dilakukan langsung di lingkungan fisik dan biasanya dilakukan pada acara tertentu atau event khusus yang diadakan di suatu tempat seperti pameran, bazar, festival, konser, dan semacamnya. Biasanya pemilik bisnis ataupun penjual akan membuka “stand” atau “booth” untuk menampilkan dan menawarkan produk atau jasanya.
Kelebihan promosi ini adalah menjangkau langsung para calon konsumen. Di mana, mereka dapat secara langsung melihat produk atau jasa yang ditawarkan, dan dapat langsung bertanya apapun mengenai produk atau jasa tersebut. Selain itu, dari sisi penjual hal ini bisa dimanfaatkan untuk membujuk dan merayu calon konsumen agar membeli produk atau jasa yang mereka tawarkan pada saat itu juga.
Namun, cara promosi ini sangat terbatas. Di mana, jumlah calon konsumen hanya ada di lingkungan atau area tertentu seperti perkantoran, kampus, sekolah, dan semacamnya.
Promosi dalam bentuk fisik ini seperti pembagian brosur ketika kamu memasuki mal, supermarket, dan lainnya. Pada brosur tersebut terdapat berbagai promo menarik dari sejumlah produk yang dijual di tempat tersebut. Selain itu contoh promosi berbentuk fisik lainnya yaitu pemasangan banner di sejumlah ruas jalan, serta iklan di papan reklame.
b. Promosi Berbentuk Digital
Promosi ini dilakukan melalui media internet dan social media. Jenis ini adalah cara modern untuk berpromosi karena memungkinkan orang melihat produk atau jasa yang dipromosikan melalui teknologi seperti ponsel atau laptop.
Banyak para pengusaha yang mulai beralih menggunakan media digital sebagai strategi promosi mereka. Di mana, media ni adalah salah satu cara efektif di era ini dan bisa menjangkau konsumen setiap hari, kapan dan di mana saja. Selain itu, kelebihan promosi ini adalah bisa menjangkau orang secara sangat luas dengan waktu dan biaya yang efisien.
Namun, kekurangannya adalah banyak sekali kompetitor atau pesaing yang ikut bermain didalamnya. Sehinggam tugas yang cukup berat bagi kamu adalah harus berpikir lebih kreatif lagi dalam berpromosi di media digital ini agar lebih menarik calon konsumen dibandingkan kompetitor.
Jenis promosi ini kebalikan dari promosi berbentuk fisik, yaitu promosi yang dilakukan oleh perusahaan melalui media digital. Sebut saja Youtube, toko online, sosial media, website, email blast, dan lainnya.
Contoh promosi berbentuk digital melalui sosial media, yaitu pemanfaatan fitur Instagram seperti InstaStories, yaitu format promosi dalam bentuk video singkat perihal perkenalan suatu produk yang menggunakan Selebgram dengan jumlah pengikut yang banyak.
c. Promosi lewat media tradisional
Pmelalui media tradisional yang dimakasud di sini adalah melalui media cetak seperti koran, majalah, tabloid, dan sejenisnya, dan media elektronik seperti radio dan televisi, serta media luar ruangan seperti iklan banner atau papan reklame atau papan billboard.
Bagi kamu yang menggunakan medua promosi ini, kamu bisa menjangkau lebih banyak calon konsumen daripada promosi fisik, di mana media promosi ini memilki jangkauan media yang cukup luas. Namun, kekurangannya, media promosii ini membutuhkan biaya yang sangat besar, karena melibatkan media-media besar seperti televisi, penyedia papan billboard, dan lain sebagainya.
Jika kamu menanyakan seputar promosi terbaik saat ini yang bisa dilakukan, Ajaib hanya bisa menjawab semua media promosi yang dilakukan memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.
Oleh karena itu, sebelum melakukan kegiatan promosi, sebaiknya kamu lakukan dulu riset atau survey terhadap pelanggan yang kamu ingin target berdasarkan jenis kelamin, usia, pekerjaan, atau lainnya. Dengan cara ini kamu bisa dengan mudah menentukan segmentasi pasar mana yang ingin kamu target, ini juga menjadi poin penting ketika kamu ingin menggunakan media promosi terbaik untuk produkmu tersebut.
Demikianlah informasi terkait pengertian promosi berserta jenis-jenis promosi yang bisa kamu manfaatkan saat ini. Pada dasarnya pengertian kegiatan promosi adalah memberitahukan, menginformasikan, membujuk calon konsumen untuk membeli produk yang kamu jual.
Bacaan menarik lainnya:
Assauri, Sofjan. (2007). Manajemen Pemasaran, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Kotler, Philip dan Kevin L. Keller (2009). Manajemen Pemasaran. Edisi 13 Jilid 1 dan 2.Alih Bahasa: Bob Sabran, (2012).Erlangga.Jakarta
Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.