Rumah Tangga Masa Kini

Apa Itu Sekolah Alam? Inilah Kelebihan Serta Kekurangannya

Ilustrasi sekolah alam, anak bermain di kebun
Ilustrasi sekolah alam, anak bermain di kebun

Ajaib.co.id – Sebagai orang tua, tentu kita ingin memberikan yang terbaik untuk anak-anak agar menjadi orang yang berhasil di kemudian hari. Salah satu metode pembelajaran yang populer adalah sekolah alam. Sebelum memilih metode sekolah ini, kenali terlebih dahulu kelebihan serta kekurangannya.

Sekolah alam merupakan sekolah formal dimana sebagian aktivitas belajar-mengajar dilakukan di luar ruangan. Sekolah ini memang menjadi alternatif sekolah formal yang cukup digemari oleh orang tua karena memiliki banyak kegiatan yang akan membuat anak-anak semakin kreatif.

Pastinya anak akan diajak untuk belajar bersama alam. Jika kamu tertarik untuk mengajak anak melakukan metode belajar di alam terbuka, kenali lebih lanjut mengenai sekolah alam. Mulai dari sejarahnya sampai kelebihan dan kekurangan.

Sejarah Sekolah Alam

Sekolah ini pertama kali diinisiasi oleh Ir. Lendo Novo, lulusan Institut Teknologi Bandung. Saat kecil dulu, Lendo mengaku sering dimarahi guru karena terlalu banyak bertanya di ruang kelas. Bisa dibilang ia adalah sosok anak yang memiliki rasa ingin tahu yang tinggi.

Menurut Lendo, duduk diam bagi seorang murid adalah sebuah siksaan. Anak-anak memang memiliki energi yang melimpah. Dari pengalaman masa kecil itulah sekolah yang memberi kesempatan bagi murid lebih berekspresi mulai digagas oleh Lendo. Selain itu, anak diajak lebih dekat dengan alam dan tentunya lebih menikmati proses pembelajaran tanpa rasa bosan.

Pada akhirnya, sekolah yang Lendo impikan berhasil terwujud. Pada tahun 1989, ia memulai dengan TK Salman Al-Farisi di Awiligar, Bandung. Pada akhirnya, sekolah alam pertama kali didirikan di Ciganjur pada tahun 1998, tepatnya di Jalan Damai, Ciganjur, Jakarta Selatan dengan nama Sekolah Alam Ciganjur.

Awalnya sekolah ini hanya diisi 8 orang murid saja, yaitu 5 orang di Playgroup dan 3 orang di SD. Kala itu, para murid didampingi oleh 6 orang guru yang terdiri dari 3 orang guru Playgroup, 2 orang guru SD, dan satu orang guru Iqra atau tahfidz. Pada tahun 2001, lokasi Sekolah Alam Ciganjur pindah tempat ke Jalan Anda Nomor 7X, Ciganjur, Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Lendo terus mengembangkan sekolah alam bernama School of Universe di Jalan Raya Parung 314 km 43, Parung, Bogor. Sejak awal didirikan, konsep sekolah ini akhirnya diadopsi di berbagai daerah, mulai dari Aceh hingga Papua. Akhirnya, pada Juli 2011 dibentuklah Jaringan Sekolah Alam Nusantara (JSAN) pada acara Jambore Sekolah Alam Nusantara di Lembang sebagai wadah sekolah alam se-nusantara. Lebih dari 57 sekolah bergabung dalam JSAN.

Kelebihan Sekolah Alam

Orangtua pasti ingin melihat anaknya untuk berkembang sesuai potensinya. Sebelum memutuskan pendidikan untuk anak dengan metode alam, kenali terlebih dahulu kelebihan dari sekolah ini. 

1.   Ruang Gerak Anak Lebih Luas

Sekolah dengan konsep ini memang membuat anak-anak bisa lebih dekat dengan alam dan lingkungan sekitar. Metode pembelajarannya pun lebih banyak dilakukan di ruang terbuka dengan memanfaatkan potensi yang ada di dalam lingkungan sekolah. Contohnya saat pembelajaran sains, murid akan diajak langsung melihat dan mempelajari objek di alam.

Sekolah ini juga biasanya menyatukan antara siswa biasa dan siswa berkebutuhan khusus. Prinsip dari sekolah alam memang adalah sekolah bagi semua. Jadi, sekolah ini percaya, dengan menyatukan antara siswa biasa dengan siswa berkebutuhan khusus akan ada ilmu yang dapat dipetik dari semua siswa. Siswa berkebutuhan khusus akan mendapatkan spektrum normal, sedangkan siswa biasa akan tumbuh rasa empati terhadap sesama.

2.   Gaya Belajar Baru

Konsep dari sekolah alam memang berbeda dengan sekolah konvensional walaupun sama-sama sekolah formal. Di sekolah alam, karakteristik anak yang paling sesuai adalah anak-anak yang secara seimbang bisa menggunakan gaya belajar visual, auditori, dan kinestetik.

3.   Banyak Praktik Lapangan

Sekolah alam memiliki metode yang dapat membuat murid-muridnya bisa langsung mempraktikkan ilmu yang mereka peroleh dari buku. Misalnya pada ilmu alam, murid akan diajarkan mengenal jenis-jenis tumbuhan. Murid-murid sekolah alam bisa langsung melihat jenis-jenis tumbuhan yang ada di buku.

4.   Lebih Menghargai Alam

Anak-anak akan diajarkan sejak dini untuk lebih menghargai alam. Lendo sang pendiri sekolah alam pernah berharap bahwa dengan berkembangnya sekolah dengan konsep ini akan membuat pemanasan global menjadi turun. Lendo beralasan sekolah ini akan menghasilkan generasi yang lebih peduli lingkungan dan memiliki kepekaan untuk menjaga bumi.

Kekurangan Sekolah Alam

Sebelum memasukkan ke sekolah alam anak, ada baiknya kamu juga mempertimbangkan dengan beberapa kekurangannya. Berikut berbagai daftar pertimbangan yang perlu kamu ketahui. 

1.   Tidak Mendapatkan Kurikulum Sekolah umum

Sekolah alam tentu memiliki penyesuaian dalam kurikulumnya agar murid-muridnya lebih dapat dekat dengan alam. Walaupun terdapat penyesuaian, sekolah alam tetap merujuk pada kurikulum pendidikan yang berlaku di Indonesia. Contohnya sekolah alam tingkat SD yang mengembangkan kurikulum yang bertujuan untuk meningkatkan akhlak mulia, menumbuhkan kepemimpinan, dan mengasah logika berpikir.

2.   Anak Akan Sulit Berkonsentrasi

Belajar di luar ruangan tentunya akan memberikan banyak tantangan, khususnya untuk anak-anak. Akan banyak gangguan yang terjadi di luar ruangan ketimbang belajar di dalam ruangan Misalnya, bila ada kendaraan yang lewat dengan suara yang berisik atau suara-suara dari tempat lain. Walaupun demikian, sekolah alam tentu telah mengantisipasi hal-hal tersebut dan memiliki sistem pembelajaran yang membuat anak-anak fokus.

Meski begitu anak-anak dengan gaya belajar visual akan lebih sulit berkonsentrasi di kelas. Hal ini disebabkan  anak dengan gaya belajar visual akan lebih mudah terganggu oleh sesuatu yang bergerak. Tentu ini akan memberikan tantangan tersendiri bagi para guru.

3.   Jauh dari Teknologi

Murid-murid di sekolah alam memang akan lebih banyak menghabiskan waktunya di luar ruangan atau di alam bebas. Mereka akan lebih sering berinteraksi dengan alam sekitar dan lebih sering menjauhi gadget atau teknologi. Walaupun demikian, sekolah ini tetap mendukung muridnya agar lebih melek teknologi tanpa harus kehilangan kepekaan terhadap lingkungan.

Itulah beberapa hal yang harus diketahui orang tua sebelum memasukkan anaknya ke dalam sekolah alam. Namun, sebelum kamu memasukkan anak kamu ke sekolah, apakah kamu sudah merencanakan pendidikan anak kelak? Jika belum, kamu bisa menginvestasikan uang kamu untuk perencanaan pendidikan anak-anak di kemudian hari.

Salah satu tempat berinvestasi yang paling aman adalah di Ajaib.co.id. Tak hanya diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Ajaib.co.id juga memiliki berbagai produk reksa dana dengan harga terjangkau sehingga cocok untuk para investor pemula. Yuk, mulai berinvestasi!

Artikel Terkait