Milenial, Perencanaan Keuangan

Jurusan Favorit Sekolah Penerbangan yang Perlu Diketahui

Ajaib.co.id – Sejauh ini, bermunculan sekolah penerbangan di sekitar kamu. Sebagian telah mengeluarkan lulusan terbaik yang bekerja di berbagai bandara maupun perusahaan maskapai tanah air. Selain itu, setiap lulusan juga memiliki keterampilan khusus sesuai jurusan yang diambilnya dalam bangku pendidikan.

Nah, bagi kamu yang memiliki ketertarikan dalam dunia penerbangan tentunya sangat cocok untuk menempuh pendidikan di sekolah ini. Salah satunya ialah dengan mendaftarkan diri di FAAST Penerbangan dan lain sebagainya.

Untuk mengikuti salah satu jurusannya, kamu perlu memenuhi kriteria yang disyaratkan. Berikut, kami akan menjelaskan syarat utamanya beserta jurusan apa saja yang terdapat di sekolah penerbangan tersebut.

Alasan Memilih Sekolah Penerbangan

Ada banyak alasan kenapa sekolah di dunia penerbangan diminati oleh banyak orang. Diantara alasan utama yang melatarbelakanginya adalah sebagai berikut ini.

1. Dorongan Dari Orang Tua

Alasan paling klasik yang melatarbelakangi keputusan pendidikan anak ialah pilihan orang tua. Ketika orang tua sudah memutuskan, hampir setiap anak akan mengikutinya.

Biasanya, orang tua yang sudah bekerja di dunia penerbangan akan selalu merekomendasikan anaknya untuk mengikuti jejaknya. Dengan bekal biaya yang memadai, orang tua akan siap dalam mendukung kebutuhan pendidikan anak di bidang tersebut.

2. Peluang Kerja dengan Gaji Tinggi

Di era yang serba maju ini, banyak sekali masyarakat yang kesulitan dalam mencari pekerjaan. Meskipun telah beberapa kali melamar di sebuah perusahaan, tidak jarang surat lamaran harus ditariknya. Hampir sebagian besar masyarakat akan bersaing untuk memperebutkan posisi yang sama di suatu perusahaan. Jumlah persaingannya sangatlah besar. Terlebih ketika hampir setiap orang sudah menempuh pendidikan yang sama.

Berbeda dengan sekolah di dunia penerbangan, nampaknya hanya sebagian kecil saja yang bisa melakukannya. Karena biayanya sendiri cukup mahal. Meskipun mahal, peluang kerja di dunia penerbangan sangatlah terbuka. Menariknya, gaji yang ditawarkan oleh sebuah maskapai penerbangan sangatlah menjanjikan. Tak pelak jika menempuh pendidikan di dunia ini mulai dilirik oleh orang.

3. Memiliki Ketertarikan di Dunia Penerbangan

Alasan selanjutnya ialah seseorang memiliki ketertarikan di dunia penerbangan. Seseorang ingin merealisasikan cita-citanya sejak kecil. Entah itu menjadi seorang teknisi pesawat, pilot, pramugari, dan lain sebagainya.

Syarat Utama Calon Peserta Didik

Bagi calon peserta didik, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Syarat ini terbagi menjadi dua. Diantaranya adalah sebagai berikut ini.

1. Syarat Pendaftaran

Syarat ini berkaitan langsung dengan kondisi tubuh. Calon didik yang bisa mengambil salah satu tempat di sekolah ini ialah telah lulus sekolah menengah atas dan telah berusia minimal 17 tahunan.

Untuk masuk ke sekolah penerbangan kamu juga tidak boleh memiliki tato di tubuh, dan belum menikah. Kemudian, calon didik tidak buta warna serta tidak mengalami masalah pada penglihatan.

Sementara itu, tinggi badan juga harus memenuhi stkamur. Tinggi badan minimum untuk laki-laki sekitar 165 cm, dan wanita sekitar 157 cm.

2. Syarat Berkas

Untuk berkasnya sendiri, peserta didik diwajibkan untuk melampirkan identitas diri serta ijazah terakhir. Selain itu, pesertanya diharuskan untuk menyediakan 2 tipe foto. Yakni foto setengah badan serta foto full body dengan mengenakan baju formal. Berkas terakhir ialah melampirkan surat keterangan sehat. Jika sudah dilengkapi, lakukan pendaftaran di instansi yang dituju.

Jurusan Utama Dalam Sekolah Penerbangan

Setiap orang memiliki keterampilan dan keinginan tersendiri dalam mempelajari sesuatu. Dari sekian banyaknya jurusan yang terdapat di sekolah penerbangan, ada beberapa jurusan yang difavoritkan. Diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Teknik Penerbangan

Jurusan ini menjadi favorit bagi peserta didik. Di dalamnya terdapat berbagai pilihan yang bisa dipilih oleh calon didik. Di antara pilihannya ialah teknik yang berkaitan dengan telekomunikasi, kelistrikan bkamura, teknisi pesawat dan lain sebagainya. Kesemuanya telah disediakan untuk memperluas wawasan kamu tentang teknisi tersebut.

2. Jurusan Keselamatan Penerbangan

Jurusan ini terbilang sangat vital dalam dunia penerbangan. Pasalnya, orang yang bekerja di bidang inilah yang akan menentukan arus lalu lintas dari pesawat terbang. Dan dialah yang mengatur navigasi serta terhubung ke seluruh bkamura di tanah air.

Menariknya, karir di bidang ini nampaknya masih sangat terbuka. Secara, hampir setiap tahunnya personel di bidang ini memerlukan penambahan. Tentunya diakibatkan oleh pensiunan, pemindahan pegawai, serta penambahan bkamura yang tersebar di berbagai kota besar.

Bekal utama yang harus dimiliki oleh peserta didik adalah kemampuan komunikasi. Kemampuan bahasa Inggris adalah salah satu bahasa utama yang wajib dikuasai. Jika kamu menguasainya, tidak salah jika memilih jurusan ini.

3. Jurusan Pilot

Banyak orang yang masuk sekolah penerbangan karena ingin jadi pilot. Meski begitu, masuk sekolah pilot ini tidaklah mudah. Kualifikasinya sangat ketat. Memerlukan kedisiplinan tinggi yang ditunjang dengan berbagai kecerdasan. Pasalnya, pilot inilah yang nantinya mengoperasikan pesawat terbang.

Syarat utamanya ialah lulusan SMA dengan jurusan IPA. Setelah itu, peserta didik memiliki kecakapan dan akademik yang bagus. Fisik dan psikologinya juga harus bagus. Karena ini sangat menentukan pada ketenangan dan pengambilan keputusan yang tepat selama mengoperasikan pesawat kedepannya. Nah, sebagai calon pilot, kamu juga harus memiliki Commercial Pilot Licence sebelum menerbangkan pesawat.

4. Jurusan Manajemen Perhubungan

Jurusan ini menitikberatkan pada manajemen dari sebuah maskapai penerbangan. Terlebih dalam menangani reservasi, cargo handling, dan masih banyak lagi.

Orang yang belajar di sini bisa datang dari latar belakang pendidikan yang lebih merata. Maksudnya, lulusan IPA dan IPS bisa bersaing di sini. Dengan begitu, peluangnya tetap terbuka.

Mengenai biayanya, ini bergantung pada jenis jurusan yang diambil. Meskipun durasi pendidikan terbilang pendek, biayanya cukup mahal. Biayanya sampai puluhan juta sampai ratusan juta rupiah.

Itulah yang bisa disampaikan di sini. Bila kamu memiliki ketertarikan di dunia penerbangan serta memiliki keinginan untuk bekerja dengan gaji tinggi, tidak salah jika kamu melanjutkan pendidikan di sekolah penerbangan.

Nah, jika kamu sudah tidak memungkinkan masuk ke sekolah penerbangan, kamu bisa memberikan alternatif untuk anakmu kelak masuk ke program studi penerbangan dan meneruskan cita-citamu. Namun, sebagai orang tua yang ingin menyekolahkan anak di sekolah penerbangan, baik untuk menjadi pilot, pramugari, teknikal, dan sebagainya, kamu tentu harus mempersiapkan biaya sekolah yang tidak sedikit.

Untuk mempersiapkannya, kamu bisa mulai menabung. Salah satu cara menabung yang bisa membantu kamu mempersiapkan dana pendidikan dengan baik adalah investasi reksa dana maupun saham. Di mana, investasi ini akan membantu kamu mengumpulkan uang dengan return yang cukup besar.

Kamu juga bisa mengambilnya kapan saja tanpa perlu terikat dengan waktu atau tanggal jatuh tempo. Ajaib merupakan salah satu platform yang bisa membantu kamu mengumpulkan dana pendidikan sekolah pilot dengan mudah, kapan dan di mana saja. Yuk mulai kumpulkan biaya sekolah si kecil dengan berinvestasi di Ajaib.

Artikel Terkait