Teknologi

6 Fungsi Dasar Excel dengan Pakai Rumus Waktu Otomatis

Rumus waktu
Rumus waktu

Ajaib.co.id – Di dalam Microsoft Excel tersedia beberapa macam rumus yang digunakan untuk menghitung secara praktis dan mudah. Jenis dari rumus tersebut dibedakan berdasarkan penggunaannya. Salah satu fungsi dari rumus-rumus di Excel adalah rumus waktu. Rumus waktu di Excel sendiri berkaitan dengan fungsi di dalam kategori date and time atau tanggal dan waktu. Bisa dibilang memakai satuan waktu.

Penggunaan dari rumus waktu pada tanggal dan waktu ini dapat memudahkan kamu saat mengerjakan pekerjaan yang berhubungan dengan waktu di Excel. Penggunaan fungsi rumus waktu pada Excel meliputi rumus Excel waktu sekarang, jam, selisih jam, dan masih banyak lainnya. Kamu bisa menggunakannya sesuai dengan kebutuhan.

Nah, fungsi Excel pada penggunaan rumus waktu ada 6 jenis yang dapat digunakan. Penggunaan keenam rumus waktu tersebut tentunya akan dibedakan berdasarkan tujuan. Berikut rumus waktu yang dimaksud:

·        NOW merupakan rumus yang digunakan untuk mendapatkan nomor seri berupa TANGGAL dan WAKTU sekarang.

·        TIME merupakan rumus yang digunakan untuk mendapatkan format berupa WAKTU yang mengacu pada input jam, menit serta detik tertentu.

·        TIMEVALUE merupakan rumus yang digunakan untuk mengkonversi teks berupa waktu kemudian dijadikan nilai desimal atau format waktu di dalam Excel.

·        SECOND merupakan rumus yang digunakan untuk mendapatkan nilai berupa DETIK dari format waktu atau TIME.

·        MINUTE merupakan rumus yang digunakan untuk mendapatkan nilai berupa MENIT dari format waktu atau TIME.

·        HOUR merupakan rumus yang digunakan untuk mendapatkan nilai berupa JAM dari format waktu atau TIME.

Nah, agar kamu dapat lebih memahami tentang fungsi dari rumus waktu tersebut, kamu bisa melihat penjelasan berikut secara lebih lengkap mengenai cara penggunaan fungsi Excel untuk rumus waktu.

Fungsi NOW pada Microsoft Excel

Fungsi NOW pada Microsoft Excel adalah menghasilkan nomor seri yang memperlihatkan tanggal dan waktu terkini. Bisa dikatakan jika fungsi NOW digunakan pada rumus Excel di waktu sekarang. Cukup berbeda dengan penggunaan fungsi TODAY yang menghasilkan nomor seri berupa tanggal hari ini saja. Informasi tanggal serta waktu yang digunakan berdasarkan waktu pada sistem komputer yang digunakan.

Lalu bagaimana cara menggunakan fungsi NOW sebagai rumus waktu pada Excel? Rumus waktu ini digunakan saat akan menampilkan tanggal serta waktu yang sedang berjalan atau menggunakan waktu terkini. Caranya adalah dengan menuliskan nama fungsi lalu diikuti dengan tanda buka tutup kurang seperti NOW().

Fungsi TIME pada Excel

Fungsi TIME digunakan dalam menghasilkan angka desimal pada waktu tertentu dengan menggunakan informasi berupa jam, menit, serta detik. Bisa dikatakan bahwa fungsi TIME digunakan dengan menggabungkan informasi jam, menit, serta detik dan menjadi nilai berupa format waktu secara benar. Ketika format cell “General” sebelum fungsi dimasukkan, maka hasil format akan otomatis menjadi waktu.

Dengan begitu, angka-angka desimal tidak akan muncul atau terlihat. Lakukan perubahan kembali pada format waktu agar format desimal dapat terlihat. Setiap angka desimal pada rumus waktu fungsi TIME, merupakan nilai yang dimulai berdasarkan angka 0 atau nol hingga 0,99988426. Format tersebut menyatakan informasi waktu dari jam 0:00:00 atau 12 AM hingga 23:59:59 atau 11.59 PM.

Fungsi TIMEVALUE pada Excel

Rumus waktu berikutnya adalah fungsi TIMEVALUE yang digunakan sebagai pengkonversi teks waktu menjadi nilai desimal. Fungsi dasar dari rumus waktu ini adalah mendapatkan tanggal serta waktu berdasarkan sumber lain yang berbentuk teks. Fungsi-fungsi tanggal serta waktu tersebut dapat mengolah teks dengan catatan harus diubah terlebih dulu ke bentuk format waktu yang ada di Excel.

Untuk menggunakan fungsi rumus waktu yang satu ini kamu bisa menggunakan rumus TIMEVALUE(Teks Waktu). Fungsi ini nantinya dapat mengabaikan informasi tanggal ketika teks dimasukkan ke dalam fungsi DateValue karena fungsi hanya menunjukkan keterangan waktu saja yang menjadi tujuan dari fungsi rumus waktu ini.

Fungsi SECOND pada Excel

Untuk menghasilkan rentang angka dari 0 atau nol sampai angka 59 yang mana menunjukkan detik pada sebuah nilai waktu, bisa dilakukan dengan menggunakan rumus waktu fungsi SECOND pada Excel kamu. Tujuannya adalah mendapatkan angka dan nilai detik pada sebuah seri nomor berupa tanggal dan waktu. Lalu, bagaimana cara menggunakan fungsi tersebut?

Tentunya dengan menggunakan rumus teks SECOND(Waktu). Pengertian waktu ini adalah angka desimal untuk menunjukkan porsi waktu yang ditulis langsung, hasil fungsi rumus lain, atau referensi sel. Tentunya dengan format yang menunjukkan waktu ingin diambil nilai angka detiknya.

Fungsi MINUTE pada Excel

Rumus waktu yang satu ini digunakan dalam menghasilkan menit yang berasal dari nilai waktu pada Excel. Menit yang dimaksud berdasarkan bilangan bulat, dimulai dari angka 0 atau nol hingga angka 59. Untuk menggunakan fungsi MINUTE pada Excel kamu, bisa dilakukan dengan menggunakan rumus teks MINUTE(Waktu).

Di mana, keterangan waktu menjelaskan angka desimal untuk menunjukkan porsi waktu yang ditulis langsung, hasil fungsi rumus lain, atau referensi sel. Tentunya dengan format yang menunjukkan waktu ingin diambil nilai angka menitnya.

Fungsi HOUR pada Excel

Fungsi rumus waktu yang dapat digunakan berikutnya pada Excel adalah HOUR. Fungsi ini digunakan untuk mendapatkan angka jam berdasarkan nilai waktu Excel. Di mana, jam akan diberikan tanda berupa bilangan bulat yang dimulai dari angka 0 atau 12:00 AM sampai 23 atau 11:00 PM.

Untuk menggunakan rumus HOUR caranya dengan menggunakan rumus teks HOUR(Waktu). Keterangan waktu ini menjelaskan angka desimal untuk menunjukkan porsi waktu yang ditulis langsung, hasil fungsi rumus lain, atau referensi sel. Tentunya dengan format yang menunjukkan waktu ingin diambil nilai angka jamnya.

Penjelasan mengenai rumus waktu yang bisa kamu gunakan pada Excel ini dapat membantu proses menghitung menjadi lebih cepat dan hasil yang akurat. Dengan begitu, kamu tidak perlu membuang-buang waktu untuk mengerjakan pekerjaan dengan menggunakan Excel. Sama halnya dengan berinvestasi, kamu harus bisa memilih investasi yang dapat menghasilkan keuntungan bagus.

Salah satu instrumen investasi yang dapat digunakan adalah investasi saham. Sudah banyak orang yang mulai berinvestasi saham karena keuntungan yang dihasilkan cukup besar. Apalagi didukung kemudahan dalam mengakses investasi secara online melalui smartphone yaitu dengan menggunakan aplikasi Ajaib. Ajaib merupakan media investasi online yang dapat membantu kamu berinvestasi saham secara mudah dan aman.

Dengan menggunakan Ajaib, kamu dapat merencanakan keuangan untuk kebutuhan di masa mendatang melalui investasi saham. Jadi, tunggu apalagi. Untuk menghasilkan keuntungan besar dari investasi saham kini bisa kamu lakukan dengan men-download aplikasi Ajaib di smartphone dan mulai berinvestasi sekarang.

Artikel Terkait