Bisnis & Kerja Sampingan

Mengenal Sistem Informasi Manajemen dan Fungsinya Di Bisnis

Sistem informasi manajemen
Sistem informasi manajemen

Ajaib.co.id – Sistem informasi manajemen (management information system) adalah sistem perencanaan dari suatu bisnis yang meliputi pemanfaatan manusia, dokumen, teknologi, dan prosedur oleh akuntansi manajemen untuk memecahkan beberapa masalah yang ada di bisnis. Masalah ini berkaitan dengan biaya produk, layanan, atau perancangan strategi di dalam bisnis.

Sistem ini perlu diketahui oleh manajer dan pengguna untuk mengetahui bagaimana cara menggunakannya dan dapat membantu untuk mengidentifikasi suatu masalah, menyelesaikan masalah tersebut, dan mengevaluasi kinerja terhadap suatu bisnsi.

 Sistem informasi manajemen digunakan di dalam berbagai bidang misalnya untuk pengelolaan sistem akademik, pemasaran sebagai alat analisis pasar, distribusi, teknik, rumah sakit, perpustakaan, dan banyak lainnya.

Pengertian Sistem Informasi Manajemen

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa sistem informasi manajemen adalah seperangkat prosedur gabungan yang mengumpulkan data dan menghasilkan data yang andal, relevan, terorganisir dengan baik untuk mendukung proses pengambilan keputusan suatu organisasi atau bisnis.

Sistem ini biasanya berbasis komputer, termasuk lembar excel sederhana atau platform pengumpulan data yang lebih kompleks berdasarkan bidang yang menggunakan sistem ini. Informasi ini dikumpulkan dan dianalisa dalam sistem, biasanya berasal dari sumber internal dan eksternal di organisasi.

Manfaat Sistem Informasi Manajemen

Sistem ini memiliki banyak manfaat bagi pihak manajemen untuk organisasi atau sebuah bisnis. Berikut adalah manfaat-manfaat dari sistem informasi manajemen:

·        Meningkatkan efisiensi dan efektivitas data secara akurat dan hasil data yang bisa didapatkan secara langsung (realtime)

·        Memudahkan pihak manajemen untuk melakukan perencanaan, pengawasan, pengarahan, dan pendelegasian kerja kepada semua depatemen yang ada di sebuah organisasi atau bisnis.

·        Meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) karena unit sistem kerjja yang terkoordinasi dan sistemastis.

·        Meningkatkan produktivitas dalam organisasi

·        Menghemat anggaran yang dimiliki sebuah organisasi atau bisnis

·        Mengetahui permasalahan lebih awal di beberapa departemen organisasi atau bisnis.

Fungsi Sistem Infomrasi Di Bisnis

Kompeksitas tinggi pada sebuah bisnis adalah salah satu alasan mengapa sistem informasi manajemen diperlukan. Dengan cara ini, sebuah bisnis dapat mengambil atau memutuskan langkah yang benar dalam proses pengambilan keputusan.

Sebuah keputusan pada bisnis memiliki peran penting untuk pencapian tujuan yang di setiap keputusannya tersebut harus berdasarkan pada informasi yang ada atau informasi yang diterima dari hasil kegiatan bisnis.

Jika informasi yang dikumpulkan tidak relevan pada bisnis yang dijalani, maka keputusan tersebut akan mengarahkan jalan kepada kerugian bisnis dan menghadapkan bisnis pada kesulitan dalam kegiatan bisnis di masa mendatang. Berikut adalah empat fungsi sistem informasi manajemen terhadap bisnis:

1. Membantu dalam pengambilan keputusan

Sistem informasi manajemen memiliki peran penting dalam sebuah proses pengambilan keputusan di bisnis mana pun. Dalam sebuah bisnis, keputusan dibuat berdasarkan fakta dan data informasi relevan untuk mengurangi resiko kerugian sebuah bisnis.

2. Membantu koordinasi di antara departemen

Sistem informasi manajemen membantu untuk membangun hubungan antara departemen ke departemen lain untuk mendapatkan informasi bisnis yang akurat dan tepat. Ini juga membantu berbagai departemen untuk mengumpulkan data agar informasi di sebuah bisnis dapat diketahui dengan tepat.

3. Membantu menemukan masalah

Sistem ini akan membantu sebuah bisnis untuk menemukan sebuah masalah lebih cepat dan tepat. Laporan dari sebuah bisnis akan membantu departemen untuk mencari masalah dan segera mengatasinya agar menghindari kerugian terhadap bisnis dalam berbagai aspek.

4. Membantu kinerja bisnis

Dengan sistem informasi manajemen, semua histori data dan informasi akan disimpan dalam basis data agar membantu kinerja bisnis agar lebih baik lagi. Ini juga berguna untuk membandingkan kinerja sebuah bisnis dengan bisnis serupa lainnya.

Sebuah bisnis akan lebih mudah menganalisis kinerjanya dengan sistem informasi binsis ini, dengan melihat data dari sebuah bisnis dari bulan ke bulan, hingga tahun ke tahun. Kinerja sebuah bisnis akan dinilai dengan data yang dihasilkan, hal ini dapat membantu bisnis untuk mengukur perkembangannya dan pertumbuhan sebuah bisnis.

Jenis Laporan Sistem Informasi Manajemen

Dengan sistem ini, bisnis dapat menyimpan data dan membuat laporan yang dapat digunakan para profesional bisnis untuk menganalisis bisnis tersebut dan membuat keputusan yang akan diambil berdasarkan laporan tersebut. Berikut adalah tiga jenis laporan yang dihasilkan pada sistem ini:

1. Dijadwalkan

Laporan ini dibuat secara berkala, menggunakan aturan yang disediakan pemohon untuk menarik dan mengatur data yang dimilikinya. Laporan terjadwal ini memungkinkan perusahaan untuk menganalisis data dari waktu ke waktu, lokasi, atau parameter lainnya.

Sebagai contoh, sebuah maskapai dapat melihat presentase barang atau bagasi yang hilang berdasarkan bulan atau tahun. Presentase ini akan dijadikan laporan untuk membenahi perusahaan maskapai dalam meningkatkan pelacakan barang yang tertinggal.

2. Ad-hoc

Laporan ini adalah laporan yang dibuat sesuai dengan pertanyaan yang diminta oleh perusahaan. Laporan ini bersifat spesifik dan dapat digunakan sebagai data untuk mengukur pelayanan di satu jenis laporan tertentu.

3. Real-time

Laporan ini adalah jenis laporan untuk memonitor perubahan yang sedang terjadi. Laporan ini bergerak secara langsung dan real-time, seperti melihat lonjakan volume pelanggan dan menemukan cara untuk meningkatkan produktivitas sebuah bisnis.

Itu dia penjelasan mengenai sistem informasi manajmen yang penting untuk dimiliki sebuah bisnis. Dalam bisnis, sistem ini adalah alat yang dugunakan untuk mendukung proses, operasional, dan evaluasi pada sebuah perusahaan. Informasi adalah inti yang dianggap penting untuk memajukan sebuah bisnis agar bisnis dapat berkembang dan memperbarui/memperbaiki layanan yang dimilikinya. 

Artikel Terkait