Dunia Kerja

Pengertian Sistem Informasi, Komponen dan Contohnya

pengertian sistem informasi

Jika kamu mendengar kata sistem informasi, pastilah yang ada dalam pikiran kamu sebuah big data dengan ragam dan kumpulan informasi berkaitan dengan apapun. Lalu tahukah kamu pengertian sistem informasi, komponen dan contoh-contohnya?

Pengertian Sistem Informasi

Sistem informasi adalah sebuah data yang diolah menjadi berguna untuk orang lain dan membantu pengambilan keputusan dari ragam masalah yang ada. Sistem informasi berisi ragam bentuk kumpulan mengenai satu dan lain hal yang sudah pasti sangat berguna.

Menurut Gardon B Davis sistem informasi akan menerima input data dan instruksi untuk mengolah data dan mengeluarkan hasil. Sedangkan pengertian sistem informasi menurut John F. Nash merupakan gabungan kebutuhan manusia yang memfasilitasi dalam bentuk teknologi untuk kebutuhan jaringan komunikasi guna membantu dalam pengambilan keputusan.

Lalu, apa komponen-komponen dalam sistem informasi? Ada enam komponen sistem informasi yang salaing berkaitan satu sama lain, diantaranya :

Input Informasi

Komponen input merupakan suatu bentuk data yang masuk dan kemudian diproses guna memecahkan akar permasalahan yang sedang dihadapi oleh siapapun.

Model Informasi

Komponen model akan menerima komponen input dengan melibatkan berbagai hal detail seperti kombinasi antara prosedur, logika dan perhitungan untuk mendapatkan output atau hasil yang sesuai.

Output Informasi

Komponen output atau keluaran merupakan hasil dari informasi yang berkualitas dari dua rangkaian komponen sebelumnya. Output juga merupakan hasil dokumentasi untuk semua tingkat dalam penggunaan sistem informasi.

Komponen teknologi

Komponen teknologi berperan sebagai tolak ukur dalam sistem informasi yang mencakup input, fungsi, model dan penyimpanan. Selanjutnya komponen teknologi akan dapat di akses sedemikian rupa dengan hasil yang memiliki kualitas terbaik.

Kompoen basis data

Basis data merupakan kumpulan data yang dihubungkan oleh software pengelolaan database. Komponen basis data akan menerima output dalam bentuk informasi untuk dianalogikan ke komponen basis data.

Komponen Kontrol

Meskipun beruga untuk mengendalikan sistem informasi, komponen control sangat memiliki peran besar dalam sebuah sistem informasi dan bisa dikatakan sebagai pusat pengendali.

Jika kamu masih bingung, simak beberapa contoh sistem informasi :

Knowledge work system

Knowledge work system merupakan jenis sistem informasi terbaru terkait dengan ilmu pengetahuan. Melalui Knowledge work system, maka beragam masalah terkait dengan ilmu pengetahuan dapat dipecahkan.

Transaction processing system

Transaction processing system digunakan oleh kantor atau instansi yang memiliki rutinitas setiap harinya. Misalkan saja registrasi ulang yang otomatis akan dicatatkan dalam sebuah database yang sudah terkomputerisasi oleh sistem informasi.

Office automation system

Office automation system nantinya akan bertugas untuk mempersatukan beberapa komponen sistem informasi dalam sebuah jaringan yang berpusat pada sebuah server. Penyatuan ini akan mempermudah sebagai bentuk efisiensi dalam sebuah sistem komunikasi.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait