Bisnis & Kerja Sampingan, Milenial

Tips Memilih Model Batik Wanita yang Tepat dan Kekinian

model batik wanita

Ajaib.co.id – Batik merupakan kain bergambar yang dibuat khusus dengan cara menuliskan lilin pada kain mori (tenun berwarna putih, bahan untuk membuat batik). Kemudian kain tersebut diolah melalui proses tertentu hingga menjadi pakaian yang bernilai tinggi.

Secara terminologi dan etimologi, batik berasal dari bahasa Jawa yaitu dari kata “mbat” (melempar) dan “titik”, yang berarti melempar titik berkali-kali pada kain. Sederhananya batik merupakan seni dalam menghias kain dengan penutup lilin untuk membentuk corak atau hiasan tertentu serta membentuk bidang pewarnaan.

Batik juga menjadi salah satu warisan kebudayaan Indonesia yang dilestarikan. Motif atau corak batik Indonesia juga diakui oleh dunia internasional. Setiap batik memiliki ciri khas tersendiri, mulai dari corak, motif, proses pembuatan, dan capnya. Berbagai daerah di Indonesia memiliki corak batik yang berbeda-beda.

Nah, batik sendiri menjadi salah satu model baju yang kini sedang tren dan sering digunakan oleh semua kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang tua. Jika dulu baju batik identik dengan oran tua dan orang Jawa, seiring dengan perkembangan zaman, kini baju batik juga sering digunakan ke kantor atau saat acara resmi, seperti wisuda, undangan pernikahan, lamaran, dan sebagainya.

Perkembangan batik juga dipengaruhi oleh budaya luar, sehingga coraknya jadi sangat beragam. Batik juga bisa digunakan sebagai bahan untuk membuat pakaian. Model batik saat ini menjadi sangat populer di kalangan masyarakat. Nah, Kalau kamu ingin membeli batik, berikut adalah beberapa model batik wanita yang sedang tren pada 2020.

Ciri-Ciri Batik

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, kini baju model batik semakin beragam. Setidaknya, kain batik memiliki karakteristik yang unik dan tidak dimiliki oleh jenis kain lainnya. Di bawah ini adalah ciri-ciri batik secara umum:

1. Batik Tradisional

  • Memiliki corak dengan makna simbolik.
  • Corak bervariasi hias motif ular, pagoda, geometris, dan barong.
  • Warna cenderung gelap (coklat kehitaman, warna hitam) dan putih.
  • Umumnya motif batik memiliki ciri khas daerah asalnya.

2. Batik Modern

  • Corak tidak mengandung makna khusus.
  • Corak biasanya berbentuk tumbuhan, rangkaian bunga, dan lain-lain.
  • Warna batik cenderung bebas (biru, merah, ungu, dan lain-lain).

Jenis-Jenis Batik

Jika dulu batik selalu ditulis dan digambar secara manual. Kini ada berbagai macam jenis batik yang bisa kamu temukan, seperti:

1. Batik Tulis

Batik ini merupakan jenis batik tradisional yang dibuat secara manual menggunakan tangan dengan bantuan alat canting untuk membuat corak batik. Di mana, batik jenis ini dibuat dengan melukiskan sebuah pola pada kain dengan tangan, sehingga membutuhkan ketelatenan dan kesabaran yang tinggi karena setiap titik dalam motif berpengaruh terhadap hasilnya. Nah, karena dibuat dengan tangan, motif yang dihasilkan tidak bisa sama persis antara satu motif dengan motif yang lain. Sehingga tak heran jika harga batik tulis sangat mahal.

2. Batik Cap

Batik cap dibuat dengan stempel motif batik yang terbuat dari tembaga dan berfungsi sebagai pengganti canting. Hal ini membuat proses pembuatannya lebih hemat waktu. Batik ini dihasilkan melalui proses pencelupan alat yang sudah dibentuk sedemikian rupa pada kain. Meski prosesnya mudah, motif batik cap dinilai kurang memiliki seni karena motifnya sama persis, sehingga harga batiknya pun menjadi murah.

3. Kombinasi Cap dan Tulis

Jenis batik ini dibuat demi mengurangi kelemahan-kelemahan pada produk batik cap. Dalam proses pembuatan batik kombinasi perlu persiapan yang rumit, terutama dari penggabungan motif yang ditulis dan motif catnya. Namun nilai seni produk batik ini disamakan dengan batik cap.

4. Batik Printing

Batik printing atau batik sablon proses pembuatannya mirip dengan penyablonan, yaitu menggunakan alat offset atau sablon. Dari segi pengerjaannya sangat mudah dan efektif waktu. Harga batik ini juga cukup terjangkau seperti harga batik cap.

Model Baju Batik Wanita Terpopuler

Kalau kamu ingin membeli batik, berikut adalah beberapa model batik wanita yang sedang tren pada 2020 ini :

1. Batik Couple

Model batik ini biasanya digunakan oleh pasangan, baik suami istri atau pasangan muda untuk menghadiri acara tertentu. Biasanya, untuk model couple baju batik perempuan adalah dress dan laki-laki berupa kemeja batik atau atasan batik.

2. Batik Kerja Wanita

Biasanya beberapa perusahaan mewajibkan untuk menggunakan baju batik di hari Jumat atau hari tertentu, agar terlihat modern, kamu bisa memadukan gaya formal dan tradisional dari outer berwarna abu-abu, dan batik biru dengan kerah seperti blazer. Selain untuk dresscode ke kantor, model batik ini bisa digunakan untuk aktivitas sehari-hari.

3. Gamis Batik

Bagi para muslimah yang menggunakan hijab, kini ada juga batik dengan model gamis yang cocok digunakan di berbagai acara. Salah satu model gamis batik yang sedang tren dan memiliki nuansa kekinian adalah handsprint batik set. Model batik ini bisa dipadukan dengan motif lurik klasik

4. Dress Batik

Batik juga bisa menjadi dress cantik yang menawan di saat kamu mendatangi pesta. Model ini cocok kamu gunakan ketika pesta tersebut mengusung tema adat tradisional. Selain itu, nuansa model batik ini dihadirkan dalam bentuk dress melalui gambar wayang dan aksen batik parang di salah satu sisinya.

Tips Memilih Model Batik Wanita

Model batik untuk wanita sangat banyak dan selalu dijual di pasaran. Namun, kamu harus pandai memilih model batik yang sesuai dengan keinginan. Bagi kamu yang ingin tampil cantik dan modis dengan baju batik, berikut ini adalah tips memilih model batik untuk wanita:

1. Menyesuaikan Batik dengan Bentuk Tubuh

Menyesuaikan busana dengan bentuk tubuh sangat penting dilakukan. Sebab, langkah ini bisa membuat penampilanmu lebih menarik. Jika kamu memiliki tubuh ideal, tidak akan terlalu sulit dalam mencari model batik. Tetapi, sedikit sulit kalau tubuhmu terlalu berisi atau terlalu kurus.

Pemilihan ukuran dan bentuk pun harus diperhatikan. Sama halnya dengan corak batik yang akan dipilih. Hal itu dikarenakan ada beberapa corak batik yang bisa membuat tubuhmu terlihat langsing dan sedikit berisi.

Supaya sesuai dengan bentuk tubuh, kamu bisa membeli kain dan menjahitnya di penjahit. Dengan begitu, batik dapat disesuaikan dengan bentuk tubuh. Cara ini memang mengharuskan kamu untuk mengeluarkan uang yang tidak sedikit dibanding dengan membeli batik jadi.

2. Memilih Bahan yang Tepat

Model batik bisa diterapkan di beberapa jenis kain, seperti kain sutera, kain tenun, kain rayon, dan kain mori. Setiap kain tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan. Usahakan memilih bahan katun, karena teksturnya halus, sejuk, dan nyaman. Bahan katun juga bisa menyerap keringat, sehingga kamu tidak akan terganggu ketika mengenakan batik seharian. Harga kain dengan bahan katun lebih terjangkau dibanding kain sutera.

3. Sesuaikan Desain Batik dengan Lingkungan Kerja

Setelah memilih bahan batik, langkah selanjutnya adalah menyesuaikan desain batik dengan lingkungan kerja. Hal ini dilakukan agar kamu merasa nyaman ketika mengenakannya saat beraktivitas.

Model batik untuk kerja bisa menggunakan corak dan model yang sederhana, namun tetap terlihat elegan. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan warna batik yang cerah untuk acara kasual. Sedangkan untuk acara formal, bisa memilih warna batik yang gelap.

4. Mengetahui Perbedaan Batik Kasual dan Formal

Sebelum membeli baju batik, kamu harus menentukan batiknya terlebih dahulu. Untuk batik kasual, kamu bisa memilih model batik dengan corak flora dan fauna, kemudian dipadukan dengan warna cerah. Sementara untuk gaya kasual, kamu bisa mengenakan batik dengan potongan simpel. Untuk batik formal, kamu bisa memilih batik berwarna gelap atau pastel, seperti corak geometris.

Nah itulah beberapa penjelasan mengenai batik. Bagi kamu yang mau membeli batik murah, kamu bisa mengeceknya langsung di beberapa ecommerce untuk tau harga terbarunya, seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak, dan sebagaiya.

Artikel Terkait