Tips Memilih Model Batik Wanita yang Tepat dan Kekinian

model batik wanita
model batik wanita

Kalau kamu ingin membeli batik, berikut adalah beberapa model batik wanita yang sedang tren pada 2019 ini

Batik adalah salah satu warisan kebudayaan Indonesia yang dilestarikan. Motif atau corak batik Indonesia juga diakui oleh dunia internasional.

Setiap batik memiliki ciri khas tersendiri, mulai dari corak, motif, proses pembuatan, dan capnya. Berbagai daerah di Indonesia memiliki corak batik yang berbeda-beda.

Seiring dengan perkembangan zaman, perkembangan batik dipengaruhi oleh budaya luar, sehingga coraknya jadi sangat beragam.

Batik juga bisa digunakan sebagai bahan untuk membuat pakaian. Model batik saat ini menjadi sangat populer di kalangan masyarakat.

Untuk menghormati warisan kebudayaan Indonesia ini, beberapa perusahaan mewajibkan karyawannya untuk mengenakan batik setiap seminggu sekali.

Model Batik Wanita Terpopuler

Kalau kamu ingin membeli batik, berikut adalah beberapa model batik wanita yang sedang tren pada 2019 ini :

  • Memadukan gaya formal dan tradisional dari outer berwarna abu-abu, dan batik biru dengan kerah seperti blazer. Selain untuk dresscode ke kantor, model batik ini bisa digunakan untuk aktivitas sehari-hari.
  • Handsprint batik set memiliki nuansa yang kekinian. Model batik ini bisa dipadukan dengan motif lurik klasik.
  • Selain itu, nuansa model batik ini dihadirkan dalam bentuk dress melalui gambar wayang dan aksen batik parang di salah satu sisinya.

Tips Memilih Model Batik Wanita

Model batik untuk wanita sangat banyak dan selalu dijual di pasaran. Namun, kamu harus pandai memilih model batik yang sesuai dengan keinginan.

Bagi kamu yang ingin tampil cantik dan modis dengan baju batik, berikut ini adalah tips memilih model batik untuk wanita:

Menyesuaikan Batik dengan Bentuk Tubuh

Menyesuaikan busana dengan bentuk tubuh sangat penting dilakukan. Sebab, langkah ini bisa membuat penampilanmu lebih menarik.

Jika kamu memiliki tubuh ideal, tidak akan terlalu sulit dalam mencari model batik. Tetapi, sedikit sulit kalau tubuhmu terlalu berisi atau terlalu kurus.

Pemilihan ukuran dan bentuk pun harus diperhatikan. Sama halnya dengan corak batik yang akan dipilih. Hal itu dikarenakan ada beberapa corak batik yang bisa membuat tubuhmu terlihat langsing dan sedikit berisi.

Supaya sesuai dengan bentuk tubuh, kamu bisa membeli kain dan menjahitnya di penjahit. Dengan begitu, batik dapat disesuaikan dengan bentuk tubuh.

Cara ini memang mengharuskan kamu untuk mengeluarkan uang yang tidak sedikit dibanding dengan membeli batik jadi.

Memilih Bahan yang Tepat

Model batik bisa diterapkan di beberapa jenis kain, seperti kain sutera, kain tenun, kain rayon, dan kain mori. Setiap kain tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan.

Usahakan memilih bahan katun, karena teksturnya halus, sejuk, dan nyaman. Bahan katun juga bisa menyerap keringat, sehingga kamu tidak akan terganggu ketika mengenakan batik seharian.

Harga kain dengan bahan katun lebih terjangkau dibanding kain sutera.

Sesuaikan Desain Batik dengan Lingkungan Kerja

Setelah memilih bahan batik, langkah selanjutnya adalah menyesuaikan desain batik dengan lingkungan kerja. Hal ini dilakukan agar kamu merasa nyaman ketika mengenakannya saat beraktivitas.

Model batik untuk kerja bisa menggunakan corak dan model yang sederhana, namun tetap terlihat elegan.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan warna batik yang cerah untuk acara kasual. Sedangkan untuk acara formal, bisa memilih warna batik yang gelap.

Mengetahui Perbedaan Batik Kasual dan Formal

Sebelum membeli baju batik, kamu harus menentukan batiknya terlebih dahulu. Untuk batik kasual, kamu bisa memilih model batik dengan corak flora dan fauna, kemudian dipadukan dengan warna cerah.

Sementara untuk gaya kasual, kamu bisa mengenakan batik dengan potongan simpel.

Untuk batik formal, kamu bisa memilih batik berwarna gelap atau pastel, seperti corak geometris.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait