Banking

Mutasi Rekening Punya Banyak Fungsi, Ini Cara Pakainya

Mutasi rekening
Mutasi rekening

Ajaib.co.id – Memiliki rekening tabungan di suatu bank tentu dapat memudahkan setiap aktivitas keuangan kamu. Misalnya saja, ketika akan dikirimkan uang dengan cara transfer bank, maka kamu bisa mendapatkan kiriman uang tersebut secara langsung ke rekening yang dimiliki. Kamu bisa melihat kiriman uang tersebut apakah sudah berada di rekening dengan melakukan mutasi rekening.

Selain itu, memiliki rekening di bank tertentu juga dapat memudahkan kamu ketika membutuhkan pinjaman dan mengajukannya lewat bank. Salah satu syarat dari pinjaman ini biasanya adalah mutasi rekening dari penghasilan kamu. Hal ini dilakukan agar pihak bank dapat mengetahui kemampuan kamu dalam mengembalikan pinjaman yang diajukan.

Lalu, apa sebenarnya yang dimaksud dengan mutasi rekening? Berikut ini penjelasan mengenai hal-hal tersebut. Mulai dari mengetahui transaksi yang terjadi hingga mencari tahu cara menggunakan layanan baik layanan secara manual maupun layanan internet banking.

Fungsi Mutasi Rekening

Pada dasarnya, mutasi rekening merupakan riwayat dari catatan transaksi yang ada pada sebuah rekening. Biasanya Berisi catatan keuangan yang masuk, keluar, atau terpotong. Semuanya dapat dilihat melalui mutasi rekening. Nah, riwayat transaksi keuangan yang terjadi ternyata memiliki beberapa fungsi, di antaranya:

Untuk Mengajukan Visa

Ketika kamu memutuskan untuk jalan-jalan atau liburan ke luar negeri, tentu beberapa negara menetapkan kebijakan untuk memiliki visa saat memasuki negaranya. Untuk mengajukan permohonan untuk membuat visa, maka kamu harus memiliki bukti dana yang cukup dengan menggunakan lampiran mutasi rekening.

Hal ini digunakan sebagai jaminan bagi kamu untuk memiliki uang yang cukup saat berkunjung ke sebuah negara. Selain catatan yang menunjukkan daftar riwayat transaksi selama kurun waktu 3 sampai 6 bulan terakhir, kamu juga harus melampirkan SPT PPh 21, slip gaji, dan surat PBB ketika akan membuat visa.

Sebagai Bukti Transaksi

Ini merupakan daftar riwayat transaksi yang dapat dijadikan bukti transaksi keuangan. Hal ini dapat dilakukan untuk meminimalisir setiap kesalahpahaman yang menjadi perselisihan dengan pihak lain. Misalnya saja saat kamu membeli barang secara online dan diharuskan membayar sejumlah uang, sebagai bukti bahwa kamu telah membayar, maka mutasi rekening dapat dijadikan bukti tersebut. Dengan begitu barang yang kamu beli bisa langsung diproses dan dikirim ke alamat yang tertera.

Syarat Lampiran untuk Mengajukan Pinjaman

Salah satu syarat dalam mengajukan pinjaman melalui bank konvensional seperti mengajukan Kredit Pemilikan Rumah atau KPR, Kredit Tanpa Agunan atau KTA, dan kredit kendaraan bermotor adalah mutasi rekening. Data ini dapat memudahkan bank untuk melihat adanya alur keuangan pada rekening yang dimiliki sehingga hal tersebut dapat menunjang pengajuan pinjaman.

Cara Cek Mutasi Rekening Bank

Lalu, bagaimana cara melakukan pengecekan? Pada dasarnya, mutasi rekening bank bisa dilakukan secara mudah dengan menggunakan beberapa cara diantaranya, sebagai berikut:

Teller Bank

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk melakukan mutasi rekening adalah dengan berkunjung ke kantor cabang terdekat. Kamu hanya tinggal membawa buku rekening yang dimiliki dan kartu identitas atau KTP. Ketika sampai di teller bank, kamu bisa meminta untuk cetak buku tabungan. Kemudian tunggu prosesnya sampai selesai dan semua transaksi atau mutasi rekening akan tertulis pada buku tabungan yang kamu miliki.

Mesin ATM

Jika kantor cabang bank yang cukup jauh dari tempat domisili kamu, kamu bisa melakukan pencarian laporan transaksi yang terjadi dengan menggunakan mesin ATM. Melakukan mutasi rekening melalui ATM tentunya cukup mudah. Kamu hanya tinggal membawa kartu ATM dan memasukkannya ke dalam mesin.

Lalu, pilih menu mutasi rekening pada layar monitor dan tunggu proses sampai mesin mengeluarkan struk yang berisi transaksi terakhir pada rekening kamu. Akan tetapi, mutasi rekening yang dilakukan melalui ATM memiliki kekurangan yaitu hanya dapat melihat sebanyak 5 transaksi terakhir saja sehingga kamu tidak akan mendapatkan data mutasi secara lengkap atau lebih banyak.

SMS Banking

Cara berikut ini adalah cara yang bisa kamu lakukan ketika tidak dapat keluar rumah, namun ingin segera mengecek mutasi rekening. Untuk melakukan mutasi rekening dengan SMS banking, kamu diharuskan menggunakan kode akses dari bank yang dimiliki seperti menggabungkan kode bank dengan nomor rekening, lalu dikirim ke nomor tertentu.

Kemudian akan dapat balasan mengenai mutasi rekening melalui SMS. Akan tetapi, lampiran mutasi rekening melalui SMS banking ini sama halnya dengan melihat melalui ATM alias terbatas. Ditambah kamu harus mengeluarkan biaya pulsa untuk mengetahui mutasi rekening bank yang dimiliki.

Aplikasi Mobile Banking

Cara paling mudah dan praktis untuk mengecek mutasi rekening adalah dengan menggunakan aplikasi mobile banking. Biasanya bank tertentu menyediakan aplikasi dari bank mereka yang dapat diakses untuk berbagai kebutuhan, salah satunya melihat mutasi rekening. Aplikasi tersebut biasanya dapat diunduh dan diakses menggunakan smartphone.

Cara ini bisa dilakukan jika rekening kamu sudah terdaftar di aplikasi mobile banking. Ketika sudah mendapatkan akun untuk mengakses rekening bank yang dimiliki, kamu tinggal melihatnya melalui aplikasi tersebut.

Internet Banking

Cara selanjutnya yang dapat kamu gunakan untuk melakukan mutasi rekening adalah dengan mengakses internet banking. Internet banking mirip penggunaannya dengan mobile banking, di mana kamu diharuskan untuk login, lalu pilih menu mutasi rekening. Hanya saja, kamu membutuhkan koneksi internet yang dapat mengakses situs resmi dari bank tersebut. Kamu bisa mengaksesnya dengan menggunakan browser yang ada di ponsel maupun komputer.

Nah, beberapa hal tentang mutasi rekening yang bisa kamu ketahui ini bisa menjadi pengetahuan, salah satunya fungsi dari mutasi rekening untuk beberapa kebutuhan. Dengan melakukan mutasi rekening, kamu juga dapat memantau pengeluaran kamu selama ini. Hal ini dilakukan untuk mengatur keuangan kamu agar tidak boros dan menggunakannya sesuai kebutuhan.

Selain melihat mutasi rekening, kamu juga bisa melakukan investasi untuk mengatur perencanaan keuangan. Apalagi investasi juga menghasilkan keuntungan dari nilai dana yang diinvestasikan akan terus meningkat. Salah satu instrumen investasi yang dapat kamu pilih untuk menghasilkan keuntungan adalah reksa dana.

Instrumen reksa dana merupakan jenis investasi yang mampu menghasilkan keuntungan namun risikonya kecil. Apalagi investasi reksa dana bisa dilakukan melalui smartphone dengan menggunakan aplikasi Ajaib. Ajaib merupakan media investasi online yang dapat membantu kamu berinvestasi di instrumen reksa dana.

Kamu dapat memilih jenis reksa dana yang cocok dengan kebutuhan seperti reksa dana saham, reksa dana pasar uang, reksa dana pendapatan tetap, dan jenis reksa dana lainnya. Kini perencanaan keuangan untuk kebutuhan di masa mendatang bisa dilakukan secara aman dan mudah. Yuk, download aplikasi Ajaib di smartphone kamu untuk memulai investasi reksa dana sekarang.

Artikel Terkait