Properti, Rumah Tangga Masa Kini, Teknologi

5 Aplikasi Desain Rumah Untuk Smartphone, Mudah!

Ajaib.co.id – Mendekorasi rumah bukan pekerjaan yang mudah, apalagi jika kamu harus memindahkan dari satu posisi ke posisi yang lainnya. Apalagi, jika kamu berencana untuk membeli barang untuk mengisi ruang di rumah, dan kamu belum yakin dengan ukuran barang yang akan kamu beli. 

Dengan aplikasi desain rumah impian, kamu bisa merencanakan dan memiliki gambaran barang apa yang akan cocok dan pas untuk mengisi ruang kosong di rumah kamu. Teknologi augmented reality (AR) dan virtual reality (VR) dapat membantumu untuk meletakkan furnitur dengan pas. 

Aplikasi desain rumah dapat mensimulasikan barang yang akan kamu beli atau pindahkan, yang memberikan opsi untukmu sebelum membeli barang dan melihat apakah itu akan serasi dengan warna yang ada di ruanganmu. 

Jadi, jangan beli dulu barangnya, tapi pikirkan ide yang tepat untuk mendesain ruangan atau merenovasinya tanpa harus mengeluarkan uang terlebih dahulu. Berikut adalah lima aplikasi desain rumah untuk smartphone: 

Ikea Place 

Salah satu aplikasi desain rumah adalah Ikea Place. Ikea adalah toko furnitur yang banyak dikunjungi oleh orang-orang untuk mendapatkan perabotan dengan kualitas yang kuat dan bagus. Ikea memiliki aplikasi yang dapat membantumu untuk menemukan furnitur yang pas untuk kebutuhan rumah barumu. 

Di dalam aplikasi ini, kamu dapat melihat dan meletakkan furnitur di dalam aplikasi, dan mencocokannya dengan ruangan yang ingin kamu dekorasi. Dengan teknologi AR-nya, aplikasi ini membantumu mendesain rumah dengan barang-barang yang dijual di Ikea. 

Jika kamu cocok dengan furnitur yang kamu pilih, kamu dapat menggeser barang itu ke kamera dan meletakkannya di posisi yang kamu inginkan. Aplikasi ini dapat mensimulasi barang yang kamu pilih melalui kamera. 

Ikea Place memiliki fitur untuk membagikan gambaran desain rumahmu yang telah kamu pilih ke media sosial seperti WhatsApp atau Instagram. Jadi, kamu bisa mendengar opini teman atau keluarga tentang desain yang kamu buat. 

Download untuk iOS: https://apps.apple.com/us/app/ikea-place/id1279244498

Download untuk Android: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.inter_ikea.place&hl=en_US * *

Amikasa

Aplikasi desain rumah yang satu ini menggunakan produk dan merek yang ada di pasaran untuk membantumu mendekorasi dan mendesain rumah melalui smartphone-mu. Banyak vendor kecil dan besar yang telah bekerjasama dengan aplikasi ini agar pengguna dapat meletakkan barang tiga dimensi saat melihat layar dengan teknologi VR-nya. 

Aplikasi ini akan mengarahkan pengguna dengan furnitur yang dipilih ke toko online yang menjual barang tersebut. Kamu juga dapat membagikan gambaran desainmu ke teman atau keluarga melalui aplikasi ini secara online

Amikasa memiliki harga Rp15.000, aplikasi ini berbayar dan saat ini hanya tersedia untuk smartphone berbasis iOS saja. 

Download untuk iOS: https://apps.apple.com/id/app/amikasa-3d-floor-planner-with-augmented-reality/id918067772

Modsy Interior Design 

Aplikasi desain rumah dari Modsy ini memiliki banyak fitur yang dapat memudahkan penggunanya untuk mendesain rumah dengan cantik. Kamu bisa membuat desain interior yang indah dengan contoh desain interior yang memudahkan penggunanya untuk memiliki ruangan di rumah idaman. 

Di sini, kamu juga bisa membeli paket untuk bekerjasama dengan desainer profesional untuk membuat desain interior impianmu. Cara kerja dari aplikasi ini juga cukup mudah, kamu hanya perlu mengarahkan kameramu ke ruangan yang ingin kamu desain, sesuaikan dengan gaya dan budget-mu, dan belanja di dalam aplikasi. 

Aplikasi ini tersedia untuk pengguna iOS, dan dapat kamu unduh secara gratis. 

Download untuk iOS: https://apps.apple.com/us/app/modsy-interior-design/id1488116301

Houzz 

Aplikasi ini adalah aplikasi yang sangat populer untuk mendesain dan merenovasi rumah. Aplikasi ini menyediakan lebih dari 20 juta gambar desain rumah interior yang beresolusi tinggi untuk menjadi inspirasi gaya, lokasi, dan bentuk ruang yang spesifik dengan ruangan yang ingin kamu desain saat ini. 

Houzz akan memberikan saran mengenai ketersediaan produk yang kamu pilih, aplikasi ini juga memiliki fitur untuk menemukan barang/furnitur favorit yang ada di galeri foto kamu. Aplikasi ini memiliki komunitas atau pengguna aktif lainnya yang bisa kamu mintai pendapat mengenai desain yang kamu buat. 

Houzz bisa kamu download secara gratis di App Store dan Google Play Store secara gratis. 

Download untuk iOS: https://apps.apple.com/id/app/houzz-home-design-remodel/id399563465

Download untuk Android: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.houzz.app

Homify 

Aplikasi Homify adalah aplikasi arsitektur dan desain interior yang dapat menghubungkanmu dengan para profesional yang bisa membantumu untuk mendesain rumah atau meminta ide tentang renovasi desain rumahmu saat ini. 

Kamu akan diberikan tips dan saran untuk mengimplementasikan proyekmu atau sekadar ide kecil untuk mengisi ruangan kosong di rumahmu. Di aplikasi ini, kamu dapat memilih gambaran ide dari pengguna lain yang dapat kamu kontak secara langsung dalam aplikasi. 

Salah satu fitur yang menarik adalah fitur pinned, yaitu kamu bisa membuat catatan ide dan menandai gambar itu ke catatan tersebut. Jadi, kamu tidak lupa dengan ide yang kamu miliki dan tetap pada rencana awal saat membeli furnitur di toko furnitur. 

Aplikasi ini telah memiliki pengguna di lebih dari 30 negara.

Download untuk iOS: https://apps.apple.com/id/app/homify-modify-your-home/id1203712225

Download untuk Android: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.online.homify&hl=en_US

Itu dia lima aplikasi desain rumah yang dapat membantumu untuk mendesain rumah atau merenovasi rumah dengan cantik. Kamu bisa bereksperimen dengan desain rumah tanpa harus repot-repot membeli barangnya dulu. Teknologi virtual reality dapat membantumu mencocokkan barang dan situasi ruangan. 

Atau, kamu juga dapat membuat catatan ide dengan gambar-gambar furnitur yang akan cocok dengan ruangan yang sedang kamu renovasi. Jadi, kamu tidak membeli barang yang tidak perlu dan dapat menghemat lebih banyak uang.

Artikel Terkait