3 Furnitur Serbaguna Kamar Anak Agar Nyaman Belajar

Kamar Anak

Keluarga Indonesia biasanya menyatukan fungsi kamar tidur dengan kamar belajar bagi anak-anaknya. Hal ini bisa lebih hemat ruang dan biaya, khususnya untuk keluarga kecil yang baru memiliki rumah tipe standar. Agar tak terkesan sempit, kamar anak harus didekorasi dengan cermat agar nyaman dan tetap bisa digunakan untuk belajar.

Diperlukan beberapa perabotan yang wajib ada untuk mendukung suasana belajar ini. Sebaiknya pilih perabotan yang multifungsi agar lebih ringkas dan hemat. Namun, harus tetap diingat tujuan awalnya adalah meningkatkan mood belajar sekaligus memfasilitasi kegiatan belajar anak agar tetap berprestasi di sekolah.

Ada sejumlah furnitur wajib yang bisa disediakan orang tua agar kamar anak nyaman sekaligus hemat ruang dan biaya, antara lain:

Meja Belajar

Sediakan meja belajar khusus di kamar anak sebagai wilayah khusus mengerjakan tugas-tugas sekolahnya. Pilihlah meja yang juga dilengkapi dengan fitur lemari dan rak buku sekaligus. Harganya mungkin sedikit lebih mahal dari meja biasa, namun tentunya lebuh murah dari membeli tiga perabotan sekaligus.

Meja ini nantinya akan menjadi area belajar anak termasuk menyimpan buku dan perlengkapan sekolahnya. Pilihlah yang sesuai dengan selera anak dan ukurannya tidak terlalu besar agar ruangan tidak terasa terlalu sesak. 

Lampu Baca

Pasanglah lampu yang bisa digantikan dengan lampu tidur atau lampu biasa ketika dibutuhkan. Biasanya lampu baca warnanya lebih kuning sehingga ramah untuk mata yang sedang membaca. Saat ini sudah banyak lampu hemat energi yang memiliki fitur tersebut sekaligus hemat listrik. Biaya yang dikeluarkan jauh lebih murah sekaligus mendukung suasana belajar anak.

Kalender

Penggunaan kalender penting untuk mengajarkan anak mengagendakan kegiatannya dan mengatur jadwal. Berikan kalender interaktif agar anak bisa mengisinya dengan jadwal kegiatan sekolah dan pendukungnya. Bisa pula tambahkan sejumlah post-it untuk mengingat beberapa hal yang penting seperti jadwal les, ujian atau praktik lapangan.

Saat ini sudah banyak tersedia kalender khusus untuk anak lengkap dengan kolom untuk jadwal pelajaran sehari-hari. Kita sekaligus bisa mengajarkan anak disiplin akan kewajiban belajarnya dan mengingat jadwal kegiatannya. Kebiasaan baik ini tentunya akan memberikan hasil baik pula hingga saat anak kira dewasa nanti.

Biaya yang harus dikeluarkan untuk membeli perabotan rumah biasanya cukup besar, bahkan bisa sebanding dengan harga rumahnya sendiri. Karena itu, kita harus jeli memilih mana furnitur yang benar-benar dibutuhkan dan mana yang sebaiknya ditunda dulu. Bisa juga memilih perabotan multifungsi dengan beragam fitur agar lebih hemat.

Rumah memang merupakan salah satu aset yang bisa digunakan untuk investasi. Namun hal ini tidak berlaku dengan perabotan di dalam rumah. Penyebabnya adalah harga perabotan naik dan turun sesuai dengan tren yang berlaku. Sedangkan rumah lebih stabil karena disesuaikan dengan lokasi dan harga lahannya. Jangan sampai upaya membeli rumah untuk investasi malah kebobolan karena kalap belanja furnitur yang lucu-lucu.

Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait