Milenial

Memahami Kesenjangan Sosial yang Terjadi di Dalam Masyarakat

Kesenjangan sosial
Kesenjangan sosial

Ajaib.co.id – Kesenjangan sosial di tengah masyarakat merupakan fenomena yang terus terjadi. Di mana, kesenjangan sosial sering kali dinilai berdasarkan sisi finansial di masyarakat. Antara si kaya dan si miskin terjadi perbedaan yang sangat signifikan terlihat. Mulai dari makanan yang dimakan, pakaian, tempat tinggal, pendidikan, dan masih banyak lainnya.

Selain itu, kesenjangan sosial juga identik dengan harta benda yang dimiliki oleh setiap orang. Hal ini terjadi karena ketidakseimbangan yang didapatkan oleh setiap orang berdasarkan barang maupun jasa, imbalan dalam bekerja, kekayaan, dan hukum yang didapat. Oleh karena itu, untuk mengetahui kesenjangan sosial yang terjadi di tubuh masyarakat dan cara mengatasinya, simak penjelasan berikut secara baik dan benar.

Apa Itu Kesenjangan Sosial?

Untuk memahami pengertian dari kesenjangan sosial itu sendiri, kamu dapat mengacu pada pengertian menurut beberapa ahli. Salah satu ahli menjabarkan pengertian dari kesenjangan sosial meliputi penjelasan berikut ini:

Robert Chambers

Kesenjangan sosial merupakan suatu gejala yang muncul di tengah masyarakat karena perbedaan batas seperti kemampuan finansial dan beberapa hal lainnya, yang hidup di suatu daerah tertentu.

Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI

Kesenjangan sosial merupakan ketidakseimbangan, jurang pemisah, dan perbedaan yang ada di dalam kehidupan masyarakat.

Wikipedia

Kesenjangan sosial merupakan kesenjangan yang terjadi pada pendapatan dan kekayaan hingga menjadi jurang pemisah antara orang kaya dan orang miskin. Hal ini mengacu pada sebaran ukuran ekonomi antara individu dengan kelompok, kelompok dengan populasi, hingga antar negara.

Dapat disimbulkan bahwa kesenjangan sosial merupakan suatu hal yang terjadi di dalam masyarakat berkaitan dengan perbedaan sesuatu yang didapat. Dalam hal ini adalah finansial, harta, tempat tinggal, dan beberapa hal lainnya.

Beberapa Faktor Penyebab Kesenjangan Sosial

Kesenjangan sosial yang terjadi di dalam masyarakat tentu disebabkan oleh beberapa faktor. Ada lima faktor utama yang membuat adanya kesenjangan sosial. Berikut kelima faktor yang menyebabkan kesenjangan sosial:

Adanya Perbedaan Sumber Daya Alam

Setiap daerah tentu memiliki sumber daya alam yang berbeda-beda. Di mana, tingkat perekonomian sangat erat hubungannya dengan sumber daya alam sehingga jika sumber daya alam di suatu daerah melimpah dan dikelola dengan baik, maka laju ekonomi akan terus meningkat. Hal ini mengapa perbedaan sumber daya alam menjadi salah satu faktor dari kesenjangan sosial.

Kebijakan Pemerintah

Faktor berikutnya yang menjadi penyebab kesenjangan sosial adalah kebijakan yang diambil oleh pemerintah. Misalnya saja pada kebijakan transmigrasi di beberapa daerah, di mana masyarakat pendatang biasanya lebih cepat maju jika dibandingkan dengan warga asli sehingga warga pendatang memiliki kesempatan lebih besar dalam hal apapun. Hal ini yang melahirkan kesenjangan sosial pada masyarakat tersebut.

Pengaruh Era Globalisasi

Pada dasarnya, era globalisasi seperti saat ini muncul untuk memudahkan setiap aktivitas dan kegiatan sehari-hari. Akan tetapi, globalisasi ini justru membuat kesenjangan sosial terjadi di sisi lain karena perkembangan masyarakat dalam beradaptasi jelas berbeda-beda. Ketika mereka tidak dapat beradaptasi, maka masyarakat tersebut akan kalah dengan mereka yang dapat beradaptasi.

Demografis

Kondisi demografis setiap daerah juga berperan penting dalam menyebabkan kesenjangan sosial. Di mana, tingkat pertumbuhan masyarakat meliputi kesehatan, pendidikan, lapangan kerja, hingga struktur pendidikan memperlihatkan kondisi demografis masyarakat di suatu daerah. Selain itu, tingkat produktivitas yang berbeda-beda juga menimbulkan kesenjangan sosial berdasarkan faktor demografis.

Letak serta Kondisi Geografis

Pembangunan setiap daerah tentu dipengaruhi dengan letak serta kondisi geografisnya. Misalnya saja masyarakat yang tinggal di dataran tinggi tentu membutuhkan waktu yang lebih lama dalam membangun infrastruktur, jika dibandingkan masyarakat yang tinggal di dataran rendah. Hal ini yang menyebabkan masyarakat di dataran rendah akan cepat berkembang karena pembangunan daerah yang lebih cepat.

Dampak Adanya Kesenjangan Sosial

Ketika munculnya kesenjangan sosial di tengah masyarakat, maka akan muncul dampak atau akibat yang mempengaruhi kondisi masyarakat tersebut. Berikut beberapa dampak adanya kesenjangan sosial:

Munculnya Kemiskinan dan Pengangguran

Kemiskinan menjadi acuan jelas yang dapat dilihat sebagai dampak dari adanya kesenjangan sosial. Di mana, kemiskinan ini disebabkan karena kurangnya lapangan kerja sehingga banyak masyarakat yang harus menganggur dan tidak berpenghasilan. Ketika pengangguran dan kemiskinan terus meningkat, maka pendapatan negara juga akan berkurang alias rendah.

Tidak Jelasnya Target Pasar

Hal ini dapat dilihat dari perusahaan-perusahaan yang memasarkan produk-produk mereka, tidak dapat memastikan target pasar secara jelas. Mengingat, daya beli masyarakat yang tidak stabil karena kemiskinan. Walaupun masih ada kalangan menengah ke atas, namun hal ini tidak bisa dijadikan patokan untuk menghasilkan keuntungan. Mengingat, mereka lebih suka membeli produk dari asing yang dianggap lebih berkualitas.

Sulitnya Menemukan Tenaga Kerja yang Berkualitas

Kesenjangan sosial juga menyebabkan sulitnya industri menemukan tenaga kerja yang berkualitas, walaupun banyaknya pengangguran. Hal ini dipengaruhi oleh kualitas pendidikan yang di bawah rata-rata sehingga tenaga kerja yang berkompeten sangat sulit ditemukan.

Tindak Kejahatan yang Meningkat

Dampak kesenjangan sosial berikutnya adalah meningkatnya tindak kejahatan. Hal ini berkesinambungan dengan kemiskinan dan pengangguran. Di mana, hal tersebut dilakukan agar mereka dapat bertahan hidup.

Contoh Kesenjangan Sosial di Masyarakat

Untuk dapat memahami kesenjangan sosial yang terjadi di masyarakat, kamu bisa melihatnya berdasarkan contoh dari kesenjangan sosial. Di ibukota seperti Jakarta, kesenjangan sosial dapat dilihat dari banyaknya gedung-gedung, rumah mewah, teknologi yang maju, dan masih banyak lainnya. Di balik, hal-hal tersebut, ternyata masih banyak masyarakat yang hidup di dalam kemiskinan. Nah, untuk lebih jelasnya, berikut beberapa contoh lain kesenjangan sosial di masyarakat:

·        Ketidakadilan hukum

·        Kurangnya fasilitas umum

·        Tindakan dan perlakukan sosial

Kesenjangan sosial yang terjadi di dalam masyarakat tentunya harus diatasi dengan cara yang tepat dan baik. Hal ini dilakukan agar dampak dari kesenjangan sosial tidak terus meningkat dan mempengaruhi laju perekonomian di suatu negara. Kesenjangan sosial juga dapat mengkategorikan suatu negara sebagai negara berkembang atau maju.

Oleh karena itu, bagi kamu yang sudah berpenghasilan, ada baiknya untuk merencanakan keuangan yang dimiliki saat ini dan di masa mendatang. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan berinvestasi di instrumen saham. Kini investasi saham bisa dilakukan melalui smartphone dengan menggunakan aplikasi Ajaib.

Ajaib merupakan media investasi online yang dapat membantu kamu berinvestasi di instrumen saham. Dengan menggunakan aplikasi Ajaib, kamu bisa membuat rekening saham secara online untuk bertransaksi saham dengan mudah dan aman. Kini, kamu bisa merencanakan keuangan untuk kebutuhan di masa mendatang.

Jadi, tunggu apalagi. Segera download aplikasi Ajaib di smartphone kamu untuk mulai berinvestasi dan menghasilkan keuntungan besar sekarang!

Artikel Terkait